Tanaman Hias Serta Bunga Pengusir Nyamuk

Tanaman hias serta bunga pengusir nyamuk mulai dari yang paling umum dipakai di Indonesia hingga yang kurang familiar masuk di dalam ulasan kali ini. Sebenarnya tanaman-tanaman tersebut tersedia dalam berbagai pilihan yang bisa dicoba oleh para pemilik rumah, mulai dari tanaman yang lazim dan mudah ditemukan di Indonesia hingga tanaman yang jarang ditemui. Tanaman hias yang mampu mengusir nyamuk dan serangga biasanya mengandung zat-zat tertentu yang menghasilkan aroma paling tidak disukai oleh nyamuk. Bagi manusia, aroma dari tanaman-tanaman tersebut harum dan enak dicium, namun hal itu justru membuat nyamuk pusing tidak enggan mendekat.

Tanaman Hias serta Bunga Pengusir Nyamuk Terbaik

Bunga Krisan

bunga-krisan-sebagai-pengusir-nyamuk

Bunga krisan dikenal sebagai bunga yang cantik dan memiliki kemampuan dalam mengusir berbagai jenis serangga, seperti halnya tungau, kumbang Jepang, kutu, semut dan kecoa karena semua jenis serangga ini takut pada kandungan bunga krisan, yakni pyrethrum. Sebagai tanaman hias, bunga krisan adalah ancaman paling mematikan bagi serangga-serangga yang terbang maupun melompat karena adanya pyrethrum tersebut. Maka tidak heran juga kalau di Amerika, bunga krisan banyak digunakan untuk membuat semprotan ruangan dan bahkan sampo untuk hewan. Namun, alami bukan berarti tidak masalah sama sekali karena bagi manusia, zat karsiogenik di dalam bunga ini mampu menyebabkan kanker. Tanamlah bunga krisan dalam pot, caranya bisa Anda baca disini.

Alliums

allium-giganteum

Pasti pernah mendengar tanaman yang memiliki nama allium giganteum yang memang termasuk di dalam tanaman Allium. Bunga tanaman ini memiliki tinggi sampai 6 kaki. Ini adalah insektisida alami yang disebut-sebut terlebar karena ukuran tingginya tersebut. Serangga apapun biasanya dapat terusir dengan adanya tanaman hias ini, bukan hanya nyamuk atau lalat saja yang bisa menjauh, namun kutu daun, cacing dan siput pun tidak akan betah di dekat tanaman ini. Allium ini sendiri sebenarnya adalah tanaman yang berukuran kecil dengan pertumbuhan mirip seperti bawang putih dan merah.

Petunia

bunga-petunia

Bunga yang berwarna merah dan putih dengan warna merah mendominasi ini termasuk tanaman hias atau bunga yang populer karena warnanya yang cukup bervariasi dan memancarkan kecerahan. Karena dapat tumbuh di kebun dan perawatannya pun terbilang gampang, hanya tinggal menanamnya di pot atau sebuah wadah gantung, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Menjadi salah satu tanaman hias pengusir nyamuk dalam rumah, tanaman ini perlu ditanam di tempat yang terkena banyak sinar matahari. Selain bisa menghiasi halaman rumah, serangga apapun tidak akan berani muncul maupun mendekat pada bunga petunia.

Lavender

tanaman-hias-lavender-pengusir-nyamuk

Tanaman ini lebih sering dikenal sebagai tanaman yang erat kaitannya dengan aromaterapi dan nyatanya tanaman ini bukan hanya berguna sebagai pendukung relaksasi. Kandungannya yang terdapat geraniol tidak akan disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya. Dengan menanamnya di halaman rumah, terutama di area yang banyak dikenai sinar matahari, nyamuk-nyamuk dan serangga lainnya akan terusir tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. Aroma dari zat yang ada pada bunga lavender akan keluar ketika tertiup angin, jadi tidak usah susah-susah mengusir nyamuk lagi. Untuk kulit agar jauh dari gigitan nyamuk, minyak lavender adalah yang paling bagus untuk dioleskan. Bagi Anda yang ingin menanam bunga lavender sendiri, ikuti cara menanam lavender dari biji di sini.

Marigolds

bunga-marigold

Marigolds adalah tanaman pengusir nyamuk dan lalat yang juga bisa menjadi tanaman hias di pekarangan rumah. Tidak hanya kutu dan serangga yang bisa mundur ketika mencium aroma dari setiap jenis marigolds, bahkan kelinci pun tidak menyukai baunya. Akar tanaman marigolds rupanya sangat berguna membantu petani dalam mengusir cacing gilig atau cacing benang yang tergolong nematoda.

Tanaman ini alangkah baiknya bila ditanam di area taman bunga saja dan jangan dijadikan satu atau sebelahan dengan kebun sayur milik Anda. Pertumbuhan marigolds akan lancar dan cepat bila terkenda cukup sinar matahari. Walau kelihatannya mudah, satu hal yang membuat pemilik marigolds sering pusing aalah munculnya bercak-bercak yang timbul di bagian akar dan daun yang membusuk.

Nasturtiums

nasturtium-tidak-disukai-nyamuk

Satu lagi tanaman hias anti nyamuk yang mungkin jarang terdengar namun sebenarnya cukup ampuh dalam mengusir berbagai jenis serangga. Tidak hanya nyamuk, ulat, kumbang, lalat putih, kutu daun dan serangga lainnya bisa diusir dengan mudah oleh tanaman nasturtium ini. Ada udara yang dikeluarkan oleh tanaman ini yang digunakan sebagai senjata dalam membuat serangga-serangga menjadi lemah. Apabila terlihat bahwa tumbuhnya tanaman ini secara berkelompok, maka ia juga akan melindungi tanaman yang ada di dekatnya juga. Untuk menanam tanaman ini, boleh bersebelahan dengan kebun sayur karena dengan begitu kebun sayur pun akan terlindung dari hama.

Lemon Thyme

lemon-thyme

Lemon thyme merupakan tanaman herbal. Tanaman ini biasa juga dianggap sebagai tanaman hias yang bisa beradaptasi dengan baik di area penuh batu-batuan. Bahkan ketika harus ditanam di area bertanah keras dan kering pun bisa tetap tumbuh dengan baik. Asalkan terkena cahaya matahari yang cukup, maka tanaman ini akan tumbuh dengan baik. Hanya saja, tanaman ini tidak digunakan untuk pengusiran nyamuk secara langsung dengan sendirinya. Karena untuk menggunakannya daunnya harus dimemarkan lebih dulu dan digosokkan ke kulit tubuh agar nyamuk tidak berani menggigit.

Bagi yang senang berkebun dan tertarik akan tanaman hias yang berfungsi mengusir serangga, terutama nyamuk, pertimbangkan baik-baik sejumlah tanaman hias serta bunga pengusir nyamuk tersebut. Produk-produk di atas dapat Anda dapatkan pada situs kami di bibitbunga.com.