GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Tapak Liman, Tanaman Herbal yang Berkhasiat Sebagai Pengobatan Tradisional

Friday, October 27th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Tanaman yang tumbuh melebar dan menutupi tanah ini ternyata memiliki banyak khasiat dan telah lama dijadikan sebagai bahan pengobatan tradisional.

Tapak liman adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari kawasan tropis di Amerika. Tanaman ini tumbuh rindang di area kebun, ladang, atau di daerah yang dekat dengan sumber air. Tapak liman memiliki nama lokal di masing-masing daerah, seperti di Madura, orang-orang biasa memanggil tapak liman ini dengan nama telpak tana.

Tanaman obat yang satu ini memiliki daun yang memanjang, tidak besar dan tumbuh menempel pada permukaan tanah. Di bagian tengah daunnya tumbuh sebuah batang yang akan menghasilkan bunga dan memiliki rambut halus.

Baca juga: Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar Dan Khasiatnya

Khasiat Tanaman Tapak Liman Sebagai Obat Tradisional

Berikut beberapa manfaat tapak liman untuk kesehatan:

1. Mengobati Diare

Ternyata tapak liman memiliki banyak khasiat dalam pengobatan tradisional. Salah satunya adalah untuk mengobati diare. Orang-orang yang mengalami diare biasanya meminum air rebusan daun tapak liman ini sebagai obat tradisional.

2. Mengobati buang air besar berdarah

Tidak hanya untuk mengobati diare, daun tapak liman pun bisa digunakan oleh seseorang yang mengalami buang air besar berdarah. Daun liman akan bereaksi dalam melancarkan buang air besar dan membekukan pendarahan.

3. Sebagai anti inflamasi

Daun tapak liman memiliki manfaat anti inflamasi, yaitu dapat digunakan untuk mengatasi radang pada tubuh. Tidak hanya radang di bagian luar tubuh, radang usus dan tenggorokkan pun dapat diobati dengan daun tapak liman ini.

Ilustrasi daun tapak liman yang telah dikeringkan.

4. Berbagai manfaat lain dari tapak liman

Khasiat lain dari daun tapak liman ini adalah untuk mengobati anemia; meredakan nyeri haid; mengobati hepatitis. Tapak liman mengandung zat besi yang dapat membantu penderita anemia. Zat besi mampu membantu tubuh dalam menambah produksi sel darah merah.

Daun tapak liman memiliki kemampuan menenangkan otot pada organ perut wanita yang nyeri saat haid. Sebagai pengobat hepatitis, daun tanaman liman pun mampu mencegah kembali datangnya penyakit hepatitis. Daun tapak liman mampu mempercepat pengeringan luka dan cacar air. Selain itu daun tapak liman pun dapat meredakan batuk dan mencairkan dahak di tenggorokan, serta mengobati keputihan.

Baca juga: Khasiat Dan Manfaat Tanaman Obat Tabat Barito

Sekian informasi mengenai tapak liman, tanaman herbal yang berkhasiat sebagai pengobatan tradisional. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892