Tentang Rumput Golf / Rumput Bermuda

rumput-golf-selayang-pandang

Saat ini rumput sudah tidak dikategorikan lagi sebagai tanaman pengganggu. Bisa dikatakan level rumput sudah naik, apalagi di zaman modern ini, beberapa jenis rumput sudah masuk dalam kategori tanaman hias. Rumput juga bisa digunakan sebagai tanaman hias juga banyak digunakan dalam mendukung terpenuhinya gaya hidup modern. Salah satunya dalam olahraga golf. Golf terkenal sebagai olahraga high class yang banyak di favoritkan oleh para pejabat negara ataupun para pengusaha kaya. Olahraga golf pun identik dengan lapangan hijau yang sangat luas. Bahan dasar pembuatan hamparan hijau nan luas itu adalah rumput. Rumput lanskap yang banyak digunakan untuk membuatnya adalah rumput bermuda. Tidak hanya itu, rumput ini juga banyak digunakan dalam pembuatan lapangan sepak bola.

rumput-golf-bermuda

Selain enak dipandang, rumput bermuda (Cynodon dactylon) juga unggul dari teksturnya yang halus, rapat, mudah tumbuh dan perawatannya tidak sulit karena hanya membutuhkan sedikit pasokan air sehingga tahan terhadap kondisi kering dan panas. Jika diberi cahaya matahari penuh kira-kira sekitar 8 – 10 jam/hari, maka rumput akan tumbuh tebal dan tahan lama. Nah, bagi Anda yang mempunyai halaman depan atau belakang rumah yang cukup luas, Anda bisa mengaplikasikan rumput cantik ini. Pastikan rumah Anda akan terlihat lebih sejuk dan nyaman. Dan kabar baik bagi Anda pecinta kura-kura! Karena rumput ini juga bisa dijadikan pakan untuk kura-kura Anda. Selain rumput gajah odot yang terkenal sebagai pakan ternak, rumput bermuda juga dapat bermanfaat sebagai pakan ternak selain kura-kura.

rumput-bermuda-panjang

Untuk menanamnya tidak sulit sama sekali, hanya diperlukan, luangkan sedikit waktu Anda, dan tentu saja siapkan benih rumput bermuda (rumput golf) untuk menanamnya. Setelah itu Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

    1. Gemburkan tanah terlebih dahulu. Penggemburan tanah bisa dilakukan dengan cara mencangkul tanah, membersihkan permukaan tanah dari bebatuan, mencampurkan pupuk organik pada tanah dan ratakan kembali. Setelah itu buat lubang penyemaian dengan kedalaman 3 – 5 cm
    2. Sehari sebelum penyemaian, basahi tanah dengan air dan berikan pupuk starter rumput. (Dilarang menggunakan pestisida pada area yang akan dijadikan tempat penyemaian)
    3. Taburkan benih dengan ukuran perbandingan 10 gram biji untuk kurang lebih 0,6 m2 tanah. Setelah itu tutupi kembali lubang penyemaiannya dengan tanah sampai rata
    4. Berikan kebutuhan sinar matahari penuh dan jaga kelembabannya dengan terus menyiraminya secara rutin hingga tinggi rumput mencapai 5 – 7 cm. Sirami dengan hati-hati, jangan membuat air tergenang

Setelah menanamnya, peremajaan perlu dilakukan untuk tetap mendapatkan tampilan rumput yang indah. Caranya:

  • Babat habis gulma yang telah tumbuh sebanyak mungkin
  • Potong pendek rumput tersebut kemudian bersihkan tanah dari rumput yang telah mati
  • Cangkul kembali permukaan tanah. Kemudian ratakan kembali permukaan tanah dengan memasukkan kompos pada tanah tersebut
  • Taburkan benih dengan ukuran perbandingan 10 gram biji untuk kurang lebih 1,3 m2 tanah
  • Tambahkan pupuk starter rumput
  • Berikan kebutuhan sinar matahari penuh dan jaga kelembabannya dengan terus menyiraminya secara rutin hingga tinggi rumput mencapai 5 – 7 cm.

Jika Anda ingin membeli benih rumput bermuda, silahkan klik disini dan klik disini untuk melihat aneka benih rumput lainnya.