Waspada: Benih Impor Palsu (Fake Seeds)

Selamat pagi rekan-rekan, sesuai judul, pada artikel ini Tim Bibitbunga akan membahas soal benih impor yang belakangan ini (tepatnya mulai dua bulan lalu – akhir Desember 2014) marak sekali dipasarkan oleh banyak toko online, padahal (maaf) belum tentu tahu keaslian dan keberadaannya apakah benar demikian.

Bukan bermaksud menyinggung tetapi pada akhir Desember lalu BBM/SMS/WhatsApp kami overload sekali dengan banyak sekali toko-toko online (aneka produk mereka jual), yang tiba-tiba ingin mempromosikan biji mawar pelangi atau rose rainbow, cabe pelangi razzamatazz, tomat ungu, anggur rainbow, rumput kochia, dan lain sebagainya (katanya tanaman rainbow).

Padahal mawar rainbow tidak ada yang tumbuh alami, ada artikel yang sudah kami buat untuk pembahasan bahwa hati-hati dengan seller yang mengklaim jual benih mawar pelangi, cek disini. Untuk cabe pelangi razzamatazz, itu memang benar ada, Fothergills memiliki produk asli Razzamatazz, namun belum tentu yang beredar itu adalah benar, musti teliti. Dan ada juga katanya Mawar Rainbow Mystic, atau mawar pelangi mystic. Harus dipertanyakan.

Mawar pelangi MISTIK / MYSTIC yang kami klaim palsu / fake.
Mawar pelangi MISTIK / MYSTIC yang kami klaim palsu / fake.

Begitu juga dengan anggur pelangi, strawberry hijau, strawberry kuning, strawberry hitam, strawberry pink (?) dan lain sebagainya. Menurut hemat kami tidak ada benih yang seperti itu, jenis-jenis strawberry eksotis tersebut murni rekayasa 🙂 Silakan baca artikel dari Reddit ini yang sekaligus menjadi bukti keberadaan fake seed untuk strawberry yang juga kebetulan sedang marak beredar di Indonesia. Setelah munculnya fake seeds tersebut, mulai juga muncul kemasan utuh palsu yang beredar, misalnya: PT Tani Gr*up (maaf kami sensor), UNnown You Seed (Padahal merek asli adalah Known You Seed, benar-benar diplesetkan).

Pada artikel ini ada beberapa poin yang ingin kami sorot, kami jabarkan sebagai berikut:

Beredar kemasan benih impor yang tidak ori / palsu

Ciri khasnya adalah gambar dibuat-buat. Siapa saja bisa photoshop dan design, tapi perusahaan atau pabrik benihnya memang cuma satu, yang banyak dipalsukan adalah benih merk Fothergills, aslinya dari Inggris. Kami adalah agen benih mr fothergills. Jika Anda jalan-jalan di google, menemukan website benih mr fothergills (BenihMrFothergills.com) itu juga web kami, hanya beda department (beda juga Customer Service-nya hehe..).

Tips untuk melihat bahwa benih kemasan impor itu original atau asli, adalah dengan cari langsung di web produsennya, yaitu: www.mr-fothergills.co.uk. Misalnya jual tomat ungu (di kemasannya tertera judul: Tomato Indigo Rose), merk fothergills katanya.

Padahal belum ada izin impor langsung dari distributor tunggal Mr.Fothergills di Indonesia untuk produk tersebut, dan lagi, jika Anda ketikkan “tomato indigo blue” di website Mr. Fothergills, tidak akan muncul pencarian. Karena item tersebut sudah berubah nama, diganti jadi tomato indigo blue berries.

Sama juga rumput hias kochia. Di fothergills tidak ada jual rumput tersebut, padahal di Indonesia sudah beredar kemasannya yang dibubuhkan logo fothergills. Kochia trichophylla yang oleh para penjual disebut rumput hias kochia, sebenarnya lebih dikenal dengan nama “Burning Bush”, ada produknya kami jual, impor dari Amerika (bukan kemasan utuh, melainkan eceran).

Rumput hias kochia, yang katanya dari Mr. Fothergills. Padahal di website produsennya sama sekali tidak ada.
Rumput hias kochia, yang katanya dari Mr. Fothergills. Padahal di website produsennya sama sekali tidak ada.

Dan juga di kemasan PT. Tani Gr*up-nya dikoar-koarkan katanya asli karena berhologram, padahal nyatanya kemasan benih mr fothergills yang diimpor RESMI dari Inggris oleh distributor tunggal di Indonesia itu tidak berhologram kok :).

Gambar lain yang kami ambil dari internet sebagai studi banding. Ini yang kami maksud tadi, hologram Tani Gr*up.
Gambar lain yang kami ambil dari internet sebagai studi banding. Ini yang kami maksud tadi, hologram Tani Gr*up.

Sudah mahal-mahal bayar benih import yang menjanjikan gambar yang indah dll namun ternyata palsu, bisa kecewa sekali, terlebih lagi termasuk kasus penipuan. Berikut kami rangkum contoh kemasan yang aneh yang perlu Anda tahu:

Ini beberapa kemasan yang agak mencurigakan. Yang paling depan (Razzamatazz) sebenarnya benar ada, tapi kok ada hologramnya ya, yang asli malah tidak perlu hologram (resmi distributor tunggal Mr Fothergills Indonesia).
Ini beberapa kemasan yang agak mencurigakan. Yang paling depan (Razzamatazz) sebenarnya benar ada, tapi kok ada hologramnya ya, yang asli malah tidak perlu hologram (resmi distributor tunggal Mr Fothergills Indonesia).

1. Pertama, PT. Tani Gr*up atau Tani Grup – Mr fothergills palsu. Banyak yang jual razzamatazz dengan harga murah, katanya Rp 27.000 isi 40 biji, padahal kemasan asli Fothergills itu isinya 50 biji, bukan 40 biji (saya tidak tahu apakah di-repack atau kemas ulang lagi oleh mereka atau bagaimana – maaf). Ada juga saya temukan benih razzamatazz yang diklaim asli tapi katanya diimpor dari Hong Kong atau China. Mr Fothergills kan adanya di Inggris 🙂 Saya rasa sudah cukup dijelaskan untuk fothergills palsu, untuk beberapa kalimat diatas sudah cukup menjabarkan. Oh iya sebagai intermezzo, saya lihat banyak yang cari di google dengan kata kunci contained garden. Itu bukan merknya, tp jenisnya. Contained garden itu artinya berkebun dengan wadah, misal pot atau tembikar dll. Itu memang tag asli dari Mr Fothergills, tapi jangan salah paham bahwa itu adalah merknya. Pokoknya arti dari contained garden itu berkebun dengan wadah atau pot untuk menanam, bukan tanah langsung.

2. Kedua yang patut diwaspadai adalah Unnown You seed – Dimana-mana yang benar adalah known you seed, ini malah marak dibuat plesetan barunya, unnown you seed. Waspada 🙂 Dari segi grammar pun sebenarnya salah, setidaknya kalau mau diplesetkan spelling yang sesuai adalah unknown :).

3. Merk-merk lain yang agak mencurigakan akan segera ditambahkan listnya disini.

Beredar benih impor asli, namun kualitas tidak bagus

Selain kemasan benih pabrikan yang dibuat atas dasar rekayasa atau bisa dibilang scam, kami sangat mengapresiasi tindakan penjualan benih / bibit impor yang memang benar-benar asli. Namun tidak seperti benih lokal, benih atau bibit impor perlu perhatian ekstra. Proses impor benih itu lama, memakan waktu karena harus kena karantina, maka harus benar-benar diketahui bahwa bibitnya masih ada didalamnya, dengan kata lain tidak mati, expired / kedaluarsa, atau dorman. Benih masuk dalam kategori expired, apabila tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasan pabrik / kemasan utuh si produk benih itu sudah due atau jatuh tempo. Nanti akan kami buatkan artikel khusus membahas dormansi benih dan cara memecahkan dormansi.

Yakinlah bahwa produk yang kami sediakan akan diseleksi sesuai dengan tanggal expired yang ada. Jika sudah tua atau expired, akan kami buang. Melayani volume order yang besar dari customer semua, membuat kami sibuk namun tetap terus terpacu untuk memberikan pelayanan yang prima, apalagi berhubungan dengan kualitas benih, terutama tingkan freshness nya. Kedepannya bibitbunga.com akan mengusahakan kemasan yang lebih baik, dimana tertera kemasan kadaluarsa sehingga tanggal dimana benih tanaman impor tersebut kedaluarsa bisa ketahuan. Amannya, belilah benih impor yang kemasan utuh. Beberapa saat lagi kami akan meluncurkan produk-produk kemasan utuh mr fothergills langsung di katalog bibitbunga.com.

Mohon maaf jika ada pihak yang tersinggung dengan diterbitkannya artikel ini, apabila kami salah kami mohon maaf sebesar-besarnya. Artikel ini adalah murni hasil observasi Tim bibitbunga, yang juga disertai beberapa bukti yang bisa kami lampirkan. Jika ada kesalahan mohon kiranya langsung menegur kami, akan kami revisi sesegera mungkin. Di artikel ini kami posting beberapa gambar yang kami temukan di internet, sebagai bahan perbandingan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.