GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Perlite – 200 gram

KategoriMedia Tanam, Media Tanam Hidroponik
Kode59234FB437A9F
Di lihat1003 kali
Berat(/pcs)0.35 Kg
Harga Rp 15.000

Detail Produk Perlite – 200 gram

Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Perlite merupakan bahan atau media yang terbuat dari lapisan mineral batuan silika gunung berapi (kaca vulkanik amorf) melalui proses pemanasan tinggi. Proses pemanasan tersebut menyebabkan mineral mengalami pengembangan layaknya pada biji jagung (popcorn). Perlite sangat cocok dijadikan sebagai salah satu media tanam pengganti tanah (hidroponik) karena memiliki tingkat porositas yang tinggi.

Perlite sebagai media tanam memiliki banyak kelebihan karena berperan dalam menyimpan nutrisi makanan. Kemampuan aerasinya sangat baik sehingga mampu menyerap nutrisi pupuk secara cepat dan menyeluruh kemudian melepasnya dengan perlahan. Perlite mampu menyimpan oksigen untuk kelangsungan pertumbuhan akar, cocok untuk perkecambahan, umbi, benih/biji tanaman.

Kegunaan perlite di bidang pertanian

  1. Dapat digunakan sebagai campuran untuk media tanam, potting soil, green house, aplikasi landscaping dll.
  2. Perlite bisa digunakan kembali meski sebelumnya sudah digunakan sebagai media tanam. Perlite bisa disterilkan terlebih dahulu dari penggunaan pupuk sebelumnya dengan cara dikeringkan dan diatur pH-nya menjadi normal.
  3. Perlite mampu mengikat oksigen di tanah, udara dan bagian sekitar akar dengan sangat baik. Karena hal tersebut, tanaman bisa terhindar dari bakteri dan mampu tumbuh dengan segar dan sehat.
  4. pH lebih normal dan steril. Perlite mampu mensterilkan kondisi tanah dari obat-obatan dan bahan kimia sehingga pertumbuhan tanaman akan terjaga dalam jangka waktu yang panjang.
  5. Suhu lebih stabil
  6. Tidak becek dan bobotnya ringan. Dalam keadaan mentah perlite memiliki kepadatan sekitar 1100kg/m3 dan kepadatan 30-180kg/m3 jika sudah mengembang.

Kegunaan perlite sebagai media tanam hidroponik

Bobot perlite sangat ringan hampir menyerupai gabus dan memiliki sifat porous yang mampu menyerap air dengan sangat baik (tidak becek) sehingga cocok pula sebagai media tanam hidroponik.

Perlite ditandai dengan warnanya yang putih bersih. Perlite juga bisa dicampur dengan media tanam lain seperti vermuculite ataupun cocopeat.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dapat dicampur dengan media tanam lainnya atau murni 100% perlite semua.

Kegunaan perlite di bidang lainnya

Berikut ini adalah beberapa kegunaan perlite di bidang selain pertanian dan hidroponik:

Bidang konstruksi

Digunakan dalam bidang manufaktur dan konstruksi seperti campuran pada produk beton, isolasi, plester dan mortir, filter aids dan lagit-langit ubin.

Bidang industri

Sebagai water treatment, untuk industri baja sebagai slag remover, penyaring produk minuman dan makanan, juga digunakan pada industri pengering dan pewangi karena sifatnya yang mampu menyerap cairan dengan baik.

Dijual per bungkus, kemasan 200 gram. Berat volumetrik 0,35 kg.

Rp 20.000
Rp 1.000
Rp 50.000
Rp 70.000
Rp 10.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892