GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Tanaman Jeruk Kalamansi (Calamondin)

KategoriTanaman Jeruk
Stok 1000
Kode59E152AC7451D
Di lihat20088 kali
Berat(/pcs)1 Kg
Harga Rp 50.000

Detail Produk Tanaman Jeruk Kalamansi (Calamondin)

Suka? Bagi ke Teman Yuk!
Jeruk kalamansi dijadikan tanaman hias berbuah kerdil di pot, indah sekali terutama saat Imlek, khas oriental.

Jeruk kalamansi dijadikan tanaman hias berbuah kerdil di pot, indah sekali terutama saat Imlek, khas oriental.

Jeruk kalamansi (Citrus mitis, lebih tepatnya Citrofortunella mitis). disebut juga jeruk kasturi atau limau kasturi, dalam Bahasa Inggris disebut sebagai calamondin, calamansi, atau miniature citrus, dalam Bahasa Indonesia selain dipanggil jeruk kalamansi atau kasturi tersebut juga disebut jeruk kalamondin, di Bali dan juga dalam Bahasa Melayu disebut sebagai limau kesturi. Disebut miniature citrus atau jeruk mini karena banyak ditanam di pot untuk jadi tanaman hiasan atau keperluan ornamental.

Buah dari pohon jeruk kalamondin / kalamansi.

Buah dari pohon jeruk kalamondin / kalamansi.

Jeruk kalamansi berkembang sangat pesat di wilayah Bengkulu, terkenal karena berbau harum, rasanya asam ketika sudah matang, pahit ketika mentah. Lho, kok terkenal ya padahal tidak manis? Rupanya rasanya yang segar menjadikan jeruk jenis ini dibudidayakan besar-besaran dan hasil panennya dimanfaatkan di Bengkulu, diolah menjadi sebuah minuman bernama sirup kalamansi. Buah ini sangat unik, merupakan salah satu buah yang paling banyak dicari ketika Imlek atau tahun baru China (Chinese New Year) tiba. Pasalnya, buah ini menyebar di seluruh Benua Asia, terutama di China dan Filipina, dan bagi orang China keberadaan calamondin di rumah membawa keberuntungan dan peruntungan semakin baik, karena itu tanaman jeruk kalamansi semakin laris ketika menjelang imlek.

jeruk kalamondin dibuat jadi bonsai atau miniature tree

Jeruk kalamondin biasa dibuat jadi bonsai atau miniature tree. Yang di gambar ini adalah jeruk kalamansi varigata atau daun belang, yang kami jual adalah yang tidak belang atau bukan variegata.

Si limau kesturi ini bukan berasal dari genus Citrus asli, melainkan Citrofortunella, merupakan hybrid atau persilangan dari genus Citrus (dalam hal ini mungkin jeruk mandarin) dan varietas kumquat dari genus Fortunella, maka jadilah genusnya Citrofortunella. Tanaman jeruk kalamansi dapat tumbuh 2-5 meter, cabangnya kecil-kecil, daun rimbun, dan banyak dibudidayakan di seluruh dunia sebagai tanaman hias meski buahnya bisa dimakan. Ketika perayaan imlek tiba, selain tanamannya berperan penting, buah jeruk ini biasanya dibeli berpasangan dan digantung di dekat pintu rumah, pertanda kemakmuan dan keberuntungan. Dari segi kesehatan, jeruk kalamansi diketahui kaya akan vitamin C, konon kandungan vitamin C-nya lebih banyak dibanding jeruk lemon, sehingga mampu merawat kecantikan dan memberikan cahaya ke wajah. Selain itu kalamansi membersihkan darah, berefek positif untuk kesehatan jantung karena memiliki kandungan kalium tinggi, menjaga ksehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengatasi penyakit kulit. Kulit jeruk kalamansi juga berguna untuk kesehatan, disebut sebagai ‘Chen Pi’, biasanya dikeringkan dan tahan sampai bertahun-tahun, bau pedas, rasa pahit, namun chen pi memiliki manfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan, memecah lendir, dan mengandung senyawa salvesterol Q40 yang dapat membunuh sel kanker.

Kulit jeruk kalamansi yang dijadikan chen pi, obat China tradisional

Kulit jeruk kalamansi yang dijadikan chen pi, obat China tradisional

Nama ilmiah (botanical name): × Citrofortunella microcarpa, atau × Citrofortunella mitis Bibit berasal dari: cangkok Kebutuhan sinar matahari: full sun (penyinaran sepanjang hari) Kapan berbuah: kira-kira 3-5 tahun lagi Buah dapat dikonsumsi dengan cara: dimakan langsung dalam kondisi segar Jika ditanam di pot, rekomendasi ukuran pot: diameter > 60 cm Intensitas penyiraman: dua kali dalam sehari Ilustrasi ukuran tanaman saat dikirim ke Anda: 40-60 cm Tips pemberian pupuk (pemupukan): dilakukan kira-kira 30 hari sekali, menggunakan pupuk NPK Bunga, diteruskan dengan NPK Buah pada bulan berikutnya

Produk lain Tanaman Jeruk

Rp 95.000
Rp 110.000
Rp 110.000
Rp 105.000
Rp 66.000
Rp 70.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892