GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Tanaman Jeruk Nipis

KategoriTanaman Buah, Tanaman Dapur
Stok 1000
Kode595E543D63515
Di lihat3939 kali
Berat(/pcs)1 Kg
Harga Rp 40.000

Detail Produk Tanaman Jeruk Nipis

Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Tanaman Jeruk Nipis

Buah jeruk nipis berbentuk bulat, warna hijau, kulit tebal, mengandung banyak air, rasa asam, dimanfaatkan untuk memberikan cita rasa tambahan untuk masakan, dan juga banyak digunakan untuk menambah selera makan apalagi jika makanan yang dimaksud merupakan makanan berkuah seperti soto, rawon, atau bakso, juga mantap untuk sambal.

jeruk-nipis

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C, dapat menjaga daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Selain sebagai bumbu masak atau penyedap makanan, jeruk nipis dapat digunakan untuk obat jerawat, demam, influenza, batuk, radang tenggorokan, dan tekanan darah tinggi. Tanaman ini sangat cocok ditanam di dataran rendah atau daerah panas.

Tanaman jeruk nipis merupakan tumbuhan perdu yang yang ditanam untuk dimanfaatkan buahnya. Batang jeruk nipis berukuran tinggi 5 meter. Batangnya berduri dan tajam. Batang berwarna hijau atau hijau kekuningan. Daun jeruk nipis berbentuk bulat telur dengan ujung daun tumpul.

Ciri khas daun jeruk nipis adalah tangkai daunnya bersayap dan daunnya lebar. Bunga jeruk nipis adalah flos aksilaris yang muncul dari ketiak daun. Bentuk bunga malai terdiri dari kurang lebih 17 kuntum bunga. Bunga jeruk nipis berwarna putih kekuningan, tepi bunga berwarna merah muda, dan bunga mengeluarkan aroma harum.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan:Plantae
Divisi:Magnoliophyta
Kelas:Magnoliopsida
Ordo:Sapindales
Famili:Rutaceae
Genus:Citrus
Spesies:C.aurantifolia

Nama binomial
Citrus aurantifolia (Christm.) Swingle

Buah jeruk nipis berbentuk bulat telur, berkulit tebal, dan merupakan buah hesperedium (buah tunggal berdaging jeruk). Permukaan daging buah licin dan memiliki kulit tipis. Kulit buah terdiri dari lapisan luar, lapisan tengah, dan lapisan dalam. Lapisan luar bertekstur kaku disebut fladevo, banyak terdapat kelenjar minyak atsiri. Lapisan luar berwarna hijau saat muda dan akan berubah kekuningan saat matang. Lapisan tengah disebut albedo yang bertekstur menyerupai spons berwarna putih.

Lapisan dalam berupa sekat-sekat buah yang membentuk ruangan. Di dalam ruangan ini terdapat gelembung berair dan bijinya ada di dalam gelembung-gelembung. Biji jeruk nipis kecil dan licin. Bentuk biji oval terbalik.Jeruk nipis memiliki banyak khasiat. Beberapa manfaat jeruk nipis antara lain untuk perawatan kulit, menghilangkan jerawat dan flek hitam, perawatan rambut, untuk diet, melancarkan pencernaan, sembelit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, meradakan batuk, menyembuhkan radang tenggorokan, dan lain-lain.

Tersedia juga varian jumbonya.

Rp 225.000
Rp 27.000
Rp 80.000
Rp 80.000
Rp 26.000
Rp 25.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892