Berbagai Manfaat Herba Lovage Bagi Kesehatan

Lovage merupakan tanaman herba yang bisa dimanfaatkan seluruh bagian tanamannya sebagai ramuan alami.

Tanaman dengan nama ilmiah Levisticum officinale ini adalah tanaman herba perennial yang berasal dari genus Levistinicum. Biasanya, lovage banyak tumbuh di kawasan Mediterania dan banyak dimanfaatkan di Eropa.

Secara sepintas, bentuk daun lovage mirip seperti daun ketumbar dan masih berkerabat dekat dengan seledri, wortel, dan peterseli. Daun, biji, dan akar lovage dapat dikonsumsi sebagai tambahan dalam sup, salad, bumbu, bahkan tambahan dalam minuman ringan.

Baca juga: 10 Manfaat Rumput Teki (Cyperus rotundus) untuk Kesehatan

Manfaat Herba Lovage Bagi Kesehatan

Tanaman herba yang satu ini mengandung banyak senyawa seperti limonene, coumarin, eugenols, dan kamper yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat lovage bagi kesehatan:

Lovage sebagai obat penyakit kulit

Konsumsilah jus lovage untuk mengurangi hidung berair, mata gatal, dan reaksi alergi yang lainnya.

sudah sejak lama lovage dipercaya mampu mengurangi gejala alergi, mencegah terjadinya peradangan-peradangan dalam tubuh dan memiliki sifat menenangkan.

Lovage sebagai obat peradangan

Jus lovage diyakini mampu membersihkan dahak dan lendir yang memenuhi saluran pernapasan. Kandungan eucaliptolnya pun mampu mengurangi peradangan pada organ paru-paru, sehingga sistem pernapasan Anda akan semakin sehat dan terjaga.

Lovage menjaga kesehatan kulit

Lovage memiliki kandungan yang dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit.

Gunakanlah masker atau pasta daun lovage yang telah Anda tumbuk sendiri. Anda boleh menambahkan sedikit air pada tumbukan daun lovage tersebut. Lulur lovage ini dipercaya mampu mengurangi jerawat dan keriput. Selain itu, racikan ini pun dipercaya mampu menyehatkan kulit dan menjadikan kulit bercahaya.

Lovage melancarkan sistem pencernaan

Mengonsumsi lovage dapat mengurangi mikroba jahat dan mampu mengurangi bakteri E.coli dan Salmonella yang berdampak buruk bagi tubuh. Selain itu, lovage juga mampu menenangkan rasa sakit perut dan gangguan lain di sistem pencernaan tubuh, mengurangi rasa sakit akibat kram perut saat mensturasi, menjaga kesehatan ginjal, dan mengurangi gejala arthritis.

Walaupun banyak manfaatnya, mengonsumsi lovage pun janganlah berlebihan. Beberapa orang melaporkan dirinya mengalami ruam merah setelah mengonsumsi lovage secara teratur. Hal tersebut mungkin disebabkan pengonsumsian lovage yang berlebihan. Oleh karena itu, konsumsilah sewajarnya, jangan berlebihan.

Sekian informasi mengenai lovage dan manfaatnya bagi tubuh. Semoga bermanfaat bagi Anda 🙂 .