Filosofi dan Makna Bunga Baby Breath

Bunga yang berwarna putih bersih dan berukuran kecil-kecil ini memiliki makna yang sangat dalam yakni cinta abadi.

Ketika orang pertama kali menyebut gypsophila, bunga yang pertama kali muncul di pikiran adalah bunga Baby breath (Gypsophila paniculata), barangkali karena spesies yang paling terkenal dari genus Gypsophila adalah si baby breath ini.

Gypsophila sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu gypsum artinya gipsum (mineral berupa batu putih yang terbentuk akibat endapan air laut) sedangkan philios artinya mencintai, sehingga artinya kurang lebih “mencintai gipsum” merujuk pada referensi bahwa tanaman ini tumbuh di tempat yang kaya akan substrat gipsum.

Gypsophila merupakan genus tanaman hias bunga yang termasuk dalam famili anyelir, Caryophyllaceae. Terdapat sekitar 150 spesies yang membentang dari Eropa Tengah dan Timur hingga ke Asia. Habitat aslinya di padang rumput, tanah berpasir dan kering.

Tanaman hias bunga gypsophila termasuk baby breath juga cocok ditanam dalam pot.

Bagi Anda yang sering memesan atau mengirim bunga sudah pasti familiar dengan bunga kecil yang selalu ditemukan dalam karangan bunga yaitu baby breath. Bunga ini biasa digunakan sebagai filler dalam karangan bunga. Baby breath menjadi pilihan yang tepat karena mempunyai waktu mekar yang sangat lama.

Baca juga Fakta, Arti Dan Makna Bunga Hydrangea (Kembang Bokor)

Johan Amman, seorang ahli botani Swiss-Rusia mengirim contoh tanaman ini dari St Petersburg. Di sepanjang perjalanan ke Linnaeus, baby breath dengan cepat menjadi populer dan dibudidayakan di negara-negara lainnya seperti Peru, bahkan sebagian besar hasil ekspor Peru adalah bunga baby breath ini.

Awal tahun 1990-an, baby breath selalu menjadi pilihan para florist untuk diselipkan di antara bunga lainnya dalam buket bunga. Rasanya kurang lengkap tanpa keberadaan baby breath pada setiap buket bunga. Selain dijadikan tambahan dalam buket bunga, baby breath juga sering ditemukan sebagai dekorasi dalam vas di atas meja saat acara pernikahan. Ia juga populer dijadikan mahkota bunga yang disematkan di sela-sela rambut wanita.

Arti dan Makna Bunga Baby Breath

Bunga klasik yang satu ini seringkali dicampur dengan mawar atau bunga lain dan populer dijadikan sebagai buket bunga pengantin atau rangkaian bunga lainnya.

Banyak orang yang mengagumi bunga ini tanpa tahu makna dibaliknya. Berikut arti dan makna bunga baby breath:

  • Bunga berwarna putih kecil-kecil ini melambangkan cinta abadi. Tidak hanya untuk pasangan kekasih tetapi juga keluarga dan sahabat.
  • Melambangkan kemurnian dan kebebasan dari pengaruh luar dan lahirnya seroang bayi baik laki-laki maupun perempuan.
  • Bunganya yang putih kecil mewakili perasaan tulus dan murni yang harus dimiliki sepasang pengantin saat upacara pernikahan.
  • Selain sebagai lambang pernikahan, baby breath secara tradisional juga diberikan kepada ibu, setidaknya terdapat satu atau dua tangkai baby breath dalam karangan bunga tersebut.
  • Warna pink digunakan dalam merayakan kelahiran bayi perempuan atau digunakan untuk mengirim pesan kepada orang yang disukai sebagai isyarat kekaguman.
  • Warna kuning membawa makna cahaya dan sukacita, sering juga digunakan dalam dekorasi pengantin dan bunga potong dalam ruangan.

Gypsophila adalah tanaman annual dan perennial yang tumbuh dengan akar tunggang yang tebal atau caudex bercabang. Batangnya tegak dan bercabang banyak dan beberapa spesies membengkok ke tanah. Tiap bunganya yang berukuran kecil memiliki bunga berbentuk cangkir dan memiliki lima tepal dalam nuansa putih dan pink.

Baby breat yang paling banyak ditemukan adalah yang berwarna putih, namun terdapat pula warna pink dan kuning lembut.

Baby breath tidak sekedar memiliki makna cinta abadi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kekuatan penderita leukimia untuk memerangi pengaruh obat-obatan.

Beberapa spesies sengaja dibudidayakan secara komersial dan untuk kegunaan lain seperti bahan pembuatan jamu dan makanan seperti pelengkap aroma pada es krim dan keju. Kandungan saponin yang dimilikinya digunakan dalam banyak hal termasuk produksi film fotografi. Ia juga mengandung sifat detergen yang berguna sebagai sabun dan sampo.

Bagaimana? Cantik bukan? Jika tertarik untuk menanamnya kami juga menyediakan benih gypsophila untuk melengkapi tanaman hias Anda di rumah. Selain itu, ia juga memerlukan waktu yang sedikit untuk berubah menjadi bunga yang mekar sempurna jika ditanam dari bijinya, yaitu hanya memerlukan 8-12 minggu lamanya.

Itulah filosofi dan makna bunga baby breath yang berhasil kami sadur. Semoga informasi ini menambah wawasan Anda.

Lihat di sini koleksi lengkap benih gypsophila kami.