Jenis-Jenis Peperomia yang Cocok dijadikan Tanaman Hias Gantung

Peperomia merupakan salah satu tanaman hias daun yang banyak diminati oleh para penggemar tanaman hias, hal tersebut disebabkan tanaman ini memiliki daun-daun yang menarik. Tanaman peperomia ini memiliki banyak sekali jenis yang akhirnya menciptakan bentuk dan corak tanaman yang beragam, mulai dari tanaman peperomia yang merambat, tumbuh tegak, yang berdaun halus atau berbulu, dan ada juga yang daunnya tumpul atau membulat.

Tanaman peperomia menyukai tempat yang hangat, sedikit lembap, dan tidak terlalu menyukai paparan sinar matahari langsung. Kondisi tersebut sesuai dengan habitat aslinya, yaitu di hutan tropis Amerika. Peperomia akan menggugurkan daunnya jika kekurangan air, tetapi jika kelebihan air, bagian batang dan daun dari tanaman ini pun akan membusuk. Jika Anda hendak menyiram tanaman peperomia ini, Anda dapat menyiramnya dari bawah agar batang dan daunnya tidak basah.

Peperomia dapat diperbanyak melalui stek daun, stek batang, potong akar, dan biji. Cocok pula dijadikan tanaman hias yang dirawat secara indoor. Anda dapat menjadikan tanaman ini sebagai tanaman terarium atau bisa juga sebagai tanaman gantung. Tanaman peperomia yang cocok dijadikan tanaman hias gantung adalah yang tumbuh merambat, bukan yang tegak lurus.

Berikut ini adalah jenis-jenis peperomia yang cocok dijadikan tanaman hias gantung.

1. Peperomia scandens

Peperomia scandens terlihat sangat menawan sebagai bunga gantung.

Peperomia scandens cocok dijadikan tanaman gantung. Peperomia jenis ini memiliki warna daun hijau dengan tepian daun berwarna kuning.

2. Peperomia glabella

Peperomia ini bisa tumbuh dengan beberapa cara seperti merayap di tanah atau sebagai tanaman epifit dan cocok pula dijadikan tanaman gantung.

Peperomia glabella atau dikenal pula dengan nama Cypress Peperomia adalah tanaman peperomia yang aslinya berasal dari Hindia Barat dan sebagian besar dari Amerika Selatan.

Warna hijau pada daunnya sangat bervariasi, tergantung pada tingkat cahaya yang diterimanya. Peperomia glabella memiliki daun berbentuk oval yang lebar. Daun bagian atasnya memiliki lapisan lilin.

3. Peperomia argyreia

Peperomia argyreia merupakan salah satu jenis peperomia yang paling popoler.

Peperomia argyreia memiliki daun yang berlapiskan lilin dengan permukaan yang halus. Corak daunnya berupa gari-garis hijau dan putih menyerupai kulit buah semangka, sehingga dikenal pual dengan julukan peperomia semangka.

4. Peperomia caperata

Peperomia caperata memiliki daun berbentuk hati dan mengkerut, populer juga dijadikan sebagai tanaman hias indoor.

Peperomia caperata tumbuh rimbun seperti semak. Tanaman peperomia jenis ini memiliki daun berukuran kecil dan berwarna hijau. Daunnya berkerut dan tepiannya berwarna putih.

5. Peperomia magnoliifolia

Peperomia magnoliifolia atau dikenal pula dengan nama spoonleaf peperomia, sangat menarik dijadikan tanaman hias gantung.

Peperomia magnoliifolia adalah jenis peperomia yang tumbuh tegak dan daunnya besar-besar. Warna tepi daunnya kuning dan menjalar hingga ke tengah daun. Meskipun tumbuh tegak, namun banyak pula yang menjadikannya sebagai tanaman gantung karena daunnya yang lebat.

6. Peperomia fraseri

Peperomia fraseri tergolong jenis pepromia yang menarik karena menghasilkan bunga berwarna putih beraroma harum.

Peperomia fraseri, atau “flowering peperomia” merupakan jenis peperomia yang berasal dari Ekuador. Dijuluki “flowering peperomia”, karena menghasilkan bunga-bunga berwarna putih membentuk piramida dan beraroma harum. Peperomia fraseri bisa diperbanyak melalui pemotongan daun atau dengan pemindahan cabang. Pemotongan daun bisa dilakukan setiap saat sepanjang tahun. 

Itulah jenis-jenis peperomia yang cocok dipilih oleh Anda untuk ditanam dengan cara digantung. Sudahkah Anda memiliki peperomia sebagai koleksi tanaman hias Anda di rumah? Jika belum, kami juga menyediakan beberapa jenis tanaman peperomia yang bisa Anda pelihara di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.