Kegunaan dan Manfaat Sage untuk Kesehatan

s
Sage adalah tanaman semak berwarna hijau dan berbentuk lonjong yang memiliki aroma menyenangkan.

Salvia officinalis atau sage memiliki banyak manfaat, diantaranya menyehatkan otak, mengurangi peradangan, mencegah penyakit kronis, menambah sistem imun tubuh, memperlancar pencernaan, dan menguatkan tulang. Bunga dari tanaman ini memiliki bermacam warna. Sage adalah semak yang bisa tumbuh di segala musim yang biasanya ditemukan di daerah Mediterania.

Khasiat atau Manfaat Sage untuk Kesehatan

Berikut ini kegunaan dan manfaat sage untuk kesehatan yang berhasil kami sadur:

Meningkatkan kemampuan kognitif

 

s
Diantara sekian banyak manfaat sage, salah satu diantaranya yang paling penting adalah kemampuannya dalam meningkatkan fungsi otak.

Mengonsumsi sedikit sage, bahkan menciumnya saja dapat menambah daya ingat. Oleh karena itu, sage baik dikonsumsi oleh pelajar atau orang-orang yang bekerja menggunakan intelektualitasnya.

Mengurangi peradangan

Mengunyah daun sage mungkin memang tidak enak. Namun, hal ini bisa mencegah dan mengurangi peradangan pada area pernapasan.

Antioksidan

Sage mengandung antioksidan, seperti asam rosmarinik, luteolin, dan apigenin. Antioksidan itu membantu menetralkan radikal bebas yang dapat mencegah stress jantung, sistem organ, kulit, otot, persendian, bahkan otak.

Mencegah kelainan kognitif

s
Ekstrak dan minyak esensial pada sage dapat menjaga pikiran segar yang dapat bekerja untuk mengurangi kelainan kognitif.

Sage dapat menstimulasi kerja otak. Sage pun bisa memperkuat daya ingat dan konsentrasi. Ternyata, sage bekerja untuk mengurangi kelainan kognitif, termasuk Alzheimer dan dementia.

Menigkatkan sistem imun tubuh

Sage mengandung antimikroba yang dapat mencegah tubuh dari infeksi virus dan bakteri. Virus dan bakteri bisa menyerang manusia melalui kulit. Krim kulit yang mengandung sage dapat mencegah tubuh terserang penyakit.

Memperkuat Tulang

Sage mengandung banyak vitamin K yang bagus untuk kekuatan tulang. Mulailah tambahkan sage di dalam resep masakan Anda. Mengonsumsi satu porsi sage sama dengan mengonsumsi 27% kebutuhan vitamin K sehari-hari.

Menyembuhkan penyakit kulit

Sage bisa mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan jerawat. Gunakanlah ekstrak sage pada bagian kulit yang membutuhkan.

Diabetes

Sage mengandung zat yang dapat mengontrol diabetes. Sage menghambat pelepasan glukosa berlebih dalam hati, mencegah fluktuasi gula darah. Tanaman ini bisa mencegah diabetes tipe dua atau mengontrol kondisi diabetes bagi para penderitanya (baca juga daun tanaman obat diabetes).

Memperlancar pencernaan

Asam rosmarinik yang terkandung di dalam sage bertindak sebagai antiperadangan di dalam tubuh, termasuk di dalam perut. Asam rosmarinik mencegah kejang lambung. Sage pun bisa mengurangi potensi terjadinya diare.

Catatan: Jika Anda memiliki alergi terhadap mint, cobalah berkonsultasi pada dokter Anda apakah mengonsumsi sage aman bagi Anda. Sebab, sage tergolong ke dalam keluarga mint.

Tertarik untuk memelihara dan mengonsumsinya tanaman herba satu ini? Kami pun menyediakan aneka benih sage untuk Anda tanam dan pelihara di rumah silahkan klik disini.