Khasiat dan Manfaat Tanaman Hias Geranium

Tidak hanya cantik dipandang, geranium ternyata memiliki manfaat kesehatan tersembunyi.
Tidak hanya cantik dipandang, geranium ternyata memiliki manfaat kesehatan tersembunyi.

Sebagai tanaman hias, geranium atau pelargonium memilki daya tarik tersendiri, dengan tinggi berkisar antara 20 cm sampai 30 cm geranium merupakan jenis tanaman perdu dan mempunyai umur tanam yang cukup panjang dan mampu bertahan hidup selama 3 sampai 5 tahun.

Kekhasan geranium adalah dengan tampilan memikat warna warni bunganya dan jika kita satukan warna warni bunga geranium, maka perpaduan warna tersebut akan sangat eksotis tampilannya.

Selain sebagai tanaman hias geranium juga banyak dipakai untuk produk-produk aroma terapi. Minyak geranium secara alami bersifat anti bakteri, anti jamur dan anti septik serta mampu mencegah serangan jamur atau bakteri pada luka dan mencegah perkembangan infeksi lanjutan.

Dalam klasifikasi ilmiahnya Geranium termasuk dalam kingdom plantae, ordo geraniales, famili geraniaceae. Geranium tidak termasuk dalam angiospermae, eudikotils dan rosidae.

Dan perlu diketahui juga bahwa tanaman Geranium bukan saja berfungsi sebagai tanaman hias semata tapi ada fungsinya yang lain yang tak kalah pentingnya yaitu sebagai tanaman obat untuk kesehatan, mau tahu apa saja mafaatnya? Yuk, kita kupas satu persatu manfaatnya.

Salah satu contoh produk kesehatan atau kecantikan yang menggunakan minyak bunga geranium.
Salah satu contoh produk kesehatan atau kecantikan yang menggunakan minyak bunga geranium.

Membuang racun / detoksifikasi

Tanaman Geranium membantu proses detoksifikasi dari dalam tubuh melalui organ ginjal, hati, kulit, dan saluran cerna. Setelah diproses melalui keempat organ tubuh tersebut maka racun-racun di dalam tubuh akan keluar melalui urin, tinja / faeces, pernapasan dan keringat. Sama seperti vitamin C geranium bersifat adaptogen yaitu kandungan zatnya dapat membuat resistensi yang mana tubuh manusia dapat berasimilasi terhadap stress kimia, fisik, dan biologi. Zat ini juga dapat mempercepat pemulihan tubuh dari sakit dan tidak beracun untuk manusia. Dipercaya bahwa struktur kimiawi dari germanium dapat membantu mengikat mineral dan mengusir zat beracun keluar dari dalam tubuh.

Mencegah Kanker dan AIDS

Berdasarkan penilitian dibidang kedokteran bahwa kandungan alami dari germanium dapat mencegah penyakit kanker dan AIDS. Dan dalam perkembangannya dunia kedokteran terkini germanium merupakan salah satu komponen utama sebagai nutrisi pengobatan penyakit kanker. Mengkonsumsi germanium 1 mg dalam sehari dapat menjaga imunitas tubuh, menghancurkan radikal bebas, memperbanyak asupan oksigen di tubuh, membuat kondisi badan lebih berenergi dan mencegah dari radiasi. Geranium tidak secara langsung menyerang sel kanker melainkan menstimulasi sistem imun tubuh agar dapat bertahan dari serangan sel kanker. Zat yang terkandung dalam geranium yang melawan kanker adalah transgeraniol dan citronellol.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dengan efek anti mikrobakteri-nya geranium memperkuat sel-sel pertahanan tubuh sehingga tubuh akan dapat melawan bibit penyakit yang berasal dari luar tubuh.

Mencegah kerusakan sistem saraf

Keuntungan lainnya dengan menggunakan geranium adalah dapat membuat sel-sel mikrogial kita aktif dan dapat mengurangi peradangan pada sel-sel otak kita dan menjaga degenerasi saraf. Oleh karena itu , kita dapat mencegah gangguan saraf yang fatal seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

Memperbaiki sistem pernapasan

Beberapa permasalahan sistem pernapasan seperti sakit tenggorokan dan infeksi hidung dapat diobati dengan bunga geranium

Efek Relaksasi

Minyak geranium dapat dijadikan sebagai obat anti depresan dan dapat menanggulangi stress, darah tinggi, dan memberikan efek relaksasi bagi kita.

Menyembuhkan Luka & Cegah Infeksi

Mencegah pendarahan, minyak geranium mencegah kontraksi pembuluh darah membantu menghentikan pendarahan. Minyak geranium yang fungsinya sebagai hemostatis agen dapat membantu pertambahan koagulasi dari pembekuan darah serta membantu dalam penyembuhan luka dan mencegah infeksi dari luar masuk melalui luka yang terbuka.

Demikian tadi beberapa manfaat dan khasiat dari tanaman geranium, dan perlu kiranya kita kembangkan tanaman obat Indonesia sebagai alternatif pengobatan dalam dunia medis.

Kami menjual aneka benih tanaman bunga geranium, untuk melihatnya silahkan klik disini. Tersedia pula dalam bentuk bibit yang sudah tumbuh disini.