Lithops, Batu Hidup yang Berbunga

Lithops merupakan tanaman unik yang nampak menyerupai batu sehingga dikenal pula dengan sebutan batu hidup.

Lithops adalah sebuah genus dari tanaman sukulen, Aizoaceae. Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan. Lithops biasanya tumbuh secara alami di sekitar Namibia dan Afrika Selatan, tumbuh dari area pantai sampai ke pegunungan tinggi.

Nama tanaman ini berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu ‘lithos’ yang berarti ‘batu’ dan ‘ops’ yang berarti ‘wajah’. Tanaman ini dikenal juga dengan sebutan batu hidup.

Di sela-sela antara kedua daunnya akan tumbuh bunga dan juga daun-daun baru. Biasanya berwarna kuning atau putih dan mengeluarkan aroma manis.

Tanaman lithops terdiri dari sepasang atau lebih umbi. Daunnya tumbuh saling berhadapan. Di sela-sela antara kedua daunnya akan tumbuh bunga dan juga daun-daun yang baru. Daun-daun lithops biasanya terkubur di bawah permukaan tanah.

Ketika tumbuh daun baru, biasanya daun tuanya akan mengering. Ketika berbunga, lithops akan mengeluarkan bunga berwarna kuning atau putih. Biasanya, bunga yang dihasilkan oleh lithops ini memiliki aroma harum yang manis.

Lithops memiliki buah yang kering. Buah kering itu berbentuk kapsul dan nantinya akan terbuka jika buahnya basah. Kapsul tersebut akan tertutup kembali jika sudah kering. Beberapa biji lithops dapat dikeluarkan oleh tetesan air hujan.

Karena keunikannya, lithops banyak dijadikan sebagai tanaman hias indoor.

Tanaman ini biasanya ditanam di dalam rumah sebagai koleksi tanaman hias. Banyak yang menjual biji dan tanamannya secara bebas. Tanaman ini pun mudah untuk ditumbuhkan, hanya memerlukan cahaya matahari yang cukup dan tanah yang berdrainase baik. Kelebihan air akan membuat tanaman ini mati.

Itulah informasi mengenai lithops si batu hidup yang berbunga. Lithops memanglah unik, sebuah tanaman yang serupa batu tapi dapat menghasilkan bunga yang wanginya manis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Jika berminat, kami juga menyediakan benih lithops yang siap melengkapi koleksi tanaman hias Anda di rumah.