Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Asparagus merupakan jenis tanaman yang telah lama dimanfaatkan terutama batang mudanya sebagai sayuran karena rasanya yang lezat.

Saat ini, asparagus belum begitu umum di dengar di telinga masyarakat Indonesia. Asparagus memang masih sulit ditemukan di pasar tradisional. Sayuran yang satu ini biasanya dijual di supermarket atau pasar-pasar modern lainnya dengan harga yang lumayan tinggi.

Tanaman dengan nama ilmiah Asparagus officinalis ini biasanya dimasak untuk dijadikan sup. Asparagus dipilih untuk dikonsumsi karena kandungan vitamin dan mineralnya yang sangat banyak. Selain dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet, asparagus pun ternyata sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Asparagus memiliki manfaat positif dalam memengaruhi perkembangan janin dan bayi.

Kandungan Asparagus dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Asparagus kaya akan asam folat, inulin, glutathion, vitamin C, B6, E, dan vitamin K serta kalsium yang baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Berikut kami uraikan kandungan asparagus beserta manfaatnya:

Asparagus mengandung asam folat yang baik bagi ibu hamil. Di dalam 5 batang asparagus, mengandung kurang lebih 100 mikro gram asam folat. Manfaat asam folat bagi ibu hamil adalah mendukung perkembangan syaraf janin; membantu pembentukan sel ketika proses pembentukan DNA pada janin terjadi; menjaga kesehatan ibu hamil; menurunkan tekanan darah tinggi, terutama pada ibu hami; mengurangi risiko terjadinya serangan jantung; melancarkan peredaran darah; mencegah kanker.

Baca juga: Khasiat Madu Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Kandungan inulin dalam asparagus pun memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, tak terkecuali untuk ibu hamil. Inulin dikenal baik dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan; meningkatakan fungsi kesehatan ibu yang sedang hamil; bakteri baik di dalamnya mampu menyehatkan tubuh.

Glutathion yang terkandung dalam asparaus berfungsi sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan bagi tubuh adalah untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas berperan dalam perusakan sel-sel DNA pada janin. Oleh karena itu, mengonsumsi asparagus dipercaya mampu mempertahankan sel DNA pada janin karena kandungan glutathionnya.

Sama halnya dengan glutathion yang berperan dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem imun tubuh, kandungan vitamin C yang terkandung di dalam asparagus pun bermanfaat dalam menjaga imunitas tubuh. Selain itu, vitamin C pun mampu mencegah infeksi.

Baca juga: Manfaat Ubi Untuk Ibu Hamil

Asparagus juga kalsium yang bermanfaat bagi ibu hamil. Manfaat kalsium antara lain membantu pembentukan dan perkembangan tulang pada janin; memperkuat struktur tulang ibu hamil; mencegah terjadinya kelainan tulang pada janin; membantu pertumbuhan gigi pada bayi.

Asparagus bisa dikonsumi kapan pun, baik sebagai menu sarapan atau pun sebagai makan malam.

Kandungan vitamin E pada asparagus berfungsi untuk melindungi tubuh dari paparan racun dan polusi. Selain itu vitamin E dapat menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh; mencegah berkembangnya penyakit pada ibu hamil dan menyusui; mencegah penyakit syaraf.

Vitamin B6 yang terkandung di dalam asparagus bermanfaat dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh. Selain itu vitamin B6 bisa mencegah mual pada ibu hamil.

Asparagus pun memiliki manfaat yang baik bagi pembuluh darah dan jantung. Hal tersebut disebabkan kandungan vitamin K yang terdapat di dalam asparagus.

Sekian informasi mengenai asparagus dan manfaatnya bagi ibu hamil dan menyusui. Kami juga menyediakan benih asparagus yang siap ditanam di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda 🙂 .