Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cengkeh merupakan rempah yang juga kaya akan manfaat kesehatan
Cengkeh merupakan rempah tradisional aromatik yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Syzygium aromaticum dengan nama awam cengkeh atau cengkih ini merupakan tanaman rempah beraroma khas yang melimpah ruah di Indonesia. Tidak hanya dijadikan rempah pada masakan-masakan tradisional, cengkeh inipun digunakan sebagai bahan dasar pembuatan rokok dan obat-obatan. Oleh karena itu, jangan heran jika tanaman atau pohon cengkeh ditaksir dengan harga yang tinggi di pasaran.

Cengkeh basah dan cengkeh kering memiliki perbedaan harga, cengkeh kering yang pada dasarnya lebih ringan jika ditimbang, ditaksir dengan harga yang lebih tinggi dari pada yang masih basah. Mengapa? Karena kandungan gizi yang terdapat pada cengkeh kering jauh lebih banyak. Di antaranya protein 5,2 gram, lemak 8,9 gram, energi 292 kilokalori, karbohidrat 57,4 gram, kalsium 740 miligram, zat besi 5 miligram dan fosfor 100 miligram. Ditambah dengan banyaknya flavanoid, eugenol, vitamin A,B dan C yang semuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Cengkeh yang telah dikeringkan bisa diolah menjadi bubuk cengkeh.
Cengkeh yang telah dikeringkan bisa diolah menjadi bubuk cengkeh.

Cengkeh kering tersebut bisa diolah menjadi minyak cengkeh yang kandungannya tidak akan berkurang. Biasanya minyak cengkeh ini langsung digunakan untuk mendapatkan manfaatnya. Dengan kandungan-kandungan tersebut, maka cengkeh bisa di Andalkan dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Di bawah ini akan dibahas satu persatu.

Cengkeh untuk Kesehatan

  • Mengobati infeksi pernapasan

Infeksi pernapasan bisa diobati dengan rajin mengkosnumsi teh yang diberi cengkeh. Hal ini dibenarkan oleh seorang professor bernama Neil Schachter dari Mount Sinai School of Medicine, New York, yang menyatakan bahwa cengkeh dapat mengencerkan dan muluruhkan lendir dapa kerongkongan dan tenggorokan. hali ini bisa membantu menyembuhkan infeksi pada pernapasan karena cengkeh bekerja untuk ekspektoran.

  • Mencegah peradangan pada tubuh

Kandungan flavanoid yang terkandung di dalam cengkeh kering bisa berfungsi seperti sebagai anti-inflamasi atau anti peradangan. Sangat bermanfaat bagi penderita rematik karena selain bisa menghentikan peradangannya, juga memberi rasa hangat karena sifat dasar cengkeh yang hangat.

  • Mengobati sakit gigi

Untuk gigi yang sakit, bunga cengkeh juga minyaknya bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkannya. Adapun caranya, jika menggunakan bunga cengkeh, taburkan bubuk bunga cengkeh yang telah disangrai dan dihaluskan pada gigi yang berlubang kemudian tutupi dengan kapas. Jika menggunakan minyaknya, bisa langsung dioleskan pada bagian gigi yang sakit. Kandungan anti-bakterinya dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi.

Minyak cengkeh dapat diaplikasikan sebagai minyak penyembuh berbagai penyakit.
Minyak cengkeh dapat diaplikasikan sebagai minyak penyembuh berbagai penyakit.
  • Melancarkan sistem pencernaan

Beberapa gangguan sistem pencernaan seperti diare, perut kembung, muntah-muntah dan gas perut bisa diatasi dengan cengkeh karena kandungan cengkeh yang aktif bisa mengendurkan lapisan saluran pencernaan di dalam tubuh.

  • Mengatasi pilek dan menghangatkan tubuh

Minyak cengkeh dioleskan ke seluruh tubuh. Sangat bermanfaat terutama pada musim dingin tiba karena Sifat alami cengkeh yang hangat mampu menghangatkan tubuh. Dan untuk pengobatan pilek, minyak cengkeh dapat dikombinasikan dengan madu lalu diminum sebanyak 2 kali sehari. Untuk hidung yang tersumbat, oleskan minyaknya pada hidung Anda.

  • Mengatasi sinusitis

Penyakit sinusitis biasanya ditandai dengan demam, hidung berair dan tersumbat, batuk-batuk, wajah terasa nyeri ketika ditekan dan parahnya lagi, penderita sinuitis kehilangan indra penciuman. Menurut beberapa ahli, cengkeh dapat mengobati penyakit sinusitis dengan cara meletakkan cengkeh yang telah diolah menjadi bubuk ke dalam hidung.

  • Menguatkan dan menyehatkan jantung

Dengan kandungan eugenol, maka darah akan mengalir tanpa mengalami pembekuan. Resiko saluran darah yang tersumbatpun akan sangat kurang, sehingga kerja jantung dapat stabil dan terhindar dari stroke.

Cengkeh untuk kecantikan

  • Mengobati jerawat

Cornelia Zicu, staf Elizabeth Arden Red Doors Spas, menyatakan bahwa kandungan eugenol yang terdapat dalam cengkeh mampu mengobati jerawat dan menghilangkan bekasnya. Euganol merupakan zat antiseptik pelembab kulit yang alami dan dapat mengangkat flek-flek atau noda hitam pada kulit. Selain itu, sifat anti-bakterinya mampu mematikan bakteri penyebab terjadinya jerawat membandel. Sifat anti bakteri ini sama dengan anti-bakteri yang dimiliki jeruk nipis, bawang putih dan daun sirih. Sebagaimana yang telah dijelaskan di artikel-artikel sebelumnya bahwa ketiganya tersebut  dapat juga digunakan untuk mengobati jerawat.

Caranya penggunaannya sangat mudah, hanya dengan mengoleskan minyak cengkeh pada area wajah yang terdapat jerawat. Oleskan secara rutin.

Cengkeh diolah menjadi produk kecantikan salah satunya dibuat sabun herbal untuk kecantikan kulit.
Cengkeh diolah menjadi produk kecantikan salah satunya dibuat sabun herbal untuk kecantikan kulit.
  • Menghilangkan guratan pada kulit

Goresan-goresan atau guratan pada kulit akibat luka atau memar dapat hilang dengan mengapilaksikan minyak cengkeh. Selain menghilangkan bekasnya, juga bisa melembutkan dan melembabkan kulit.

  • Menghaluskan  dan mencegah kerontokan rambut

Minyak cengkeh dapat digunakan sebagai kondisioner untuk membuat tampilan warna rambut yang hitam berkilau, dan jatuhnya halus halus menjuntai. Selain itu, untuk orang yang mengalami kerontokan rambut, bahkan kebotakan, bisa mengoleskan minyak cengkeh tersebut di permukaan kulit kepala selama 5-10 menit, dan bilas dengan air bersih. Jika rutin dilakukan, maka pertumbuhan rambut akan lebih lebat dan tidak kering.

Ternyata tidak hanya jumlahnya yang melimpah ruah, namun manfaatnyapun ikut melimpah. Tidak heran jika harganya melonjak tinggi di pasaran. Melihat banyaknya manfaatnya, maka permintaan akan produksi cengkeh juga semakin meningkat, oleh karena itu tanaman ini banyak dibudidayakan di berbagai daerah. Jika ingin mengetahui cara menanam, merawat dan membudidayakannya, Untuk memperoleh produk bibit tanaman cengkeh Anda bisa Klik disini.

Baca juga artikel mengenai cara menanam tanaman cengkeh.