Manfaat Daun Tanaman Ageratum/Bandotan Untuk Mengatasi Ambeien

Tanaman ageratum atau bandotan merupakan tanaman yang bisa Anda temui dengan mudah di sekitar rumah dan dianggap gulma oleh sebagian orang. Nyatanya, bandotan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Tanaman dengan nama ilmiah Ageratum conyzoides ini merupakan tanaman terna semusim yang tingginya sekitar 30 cm sampai 90 cm. Tanaman bandotan tumbuh bercabang-cabang. Batang tanaman bandotan berambut dan mudah berakar jika menyentuh tanah. Daunnya tumbuh saling berhadapan dan memiliki tangkainya masing-masing. Lebar daunnya bisa mencapai 6 cm dan panjangnya sekitar 10 cm. Permukaan daunnya berambut. Tanaman bandotan memiliki bunga majemuk yang berkumpul tiga atau lebih bunga dalam satu tangkainya. Warna bunga tanaman bandotan adalah putih-ungu.

Tanaman bandotan memiliki nama lain seperti tombak jantan dan siangit di Sumatera, babadotan dan jukut bau di tanah Jawa, serta lawet atau rukut weru di kawasan Sulawesi.

Bandotan memiliki rasa yang sedikit pahit dan pedas. Tanaman bandotan ini bisa dijadikan pereda demam, stimulan, antitoksik, meredakan bengkak, peluruh haid, menghentikan pendarahan, dan sebagai peluruh kencing.

Baca juga: Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar Dan Khasiatnya

Manfaat Daun Tanaman Ageratum/Bandotan Untuk Mengatasi Ambeien

Tanaman bandotan telah lama diketahui mampu mengatasi penyakit ambeien.

Tanaman bandotan masih memiliki khasiat lain yang bisa Anda manfaatkan, yaitu sebagai penyembuh ambeien. Ada beberapa cara yang dapat Anda pilih dalam menggunakan tanaman bandotan ini sebagai obat penyembuh ambeien.

Berikut ini adalah langkah-langkah pemanfaatan tanaman bandotan untuk mengatasi ambeien:

  • Cara pertama
  1. Ambillah 5 helai daun tanaman bandotan yang masih muda.
  2. Cucilah dengan air mengalir.
  3. Setelah bersih, gulunglah dengan tangan dan masukkan ke dalam anus satu kali sehari selama dua minggu berturut-turut.
  • Cara kedua

Jika Anda hendak mencari cara lain, mungkin cara yang kedua akan membantu Anda.

  1. Petiklah daun bandotan muda, kemudian cuci.
  2. Rendamlah daun bandotan tersebut dengan air panas.
  3. Setelah itu saring dan ambil airnya.
  4. Air rendaman daun bandotan itu dapat Anda minum secara teratur selama dua minggu.
  • Cara ketiga

Sama seperti cara yang kedua, cara yang ketiga ini masih mengenai pemanfaatan tanaman bandotan dengan cara meminumnya.

  1. Pertama, cabutlah 3 tanaman bandotan sampai ke akar-akarnya.
  2. Cuci seluruh bagian tanaman bandotan yang telah Anda cabut itu sampai benar-benar bersih.
  3. Kemudian, rebuslah sampai air mendidih. Ramuan ini dapat Anda minum setiap hari selama dua minggu.

Begitulah cara memanfaatkan tanaman bandotan untuk mengobati ambeien. Mencegah lebih baik daripada mengobati, maka sebelum ambien menyerang, sebaiknya kita mulai memikirkan pola hidup bersih dan sehat.

Manfaat lain dari tanaman bandotan ini adalah untuk menyembuhkan sakit di bagian tengah telinga akibat radang; menyembuhkan bisul, luka berdarah, dan borok; menyembuhkan sakit tenggorokan; menyembuhkan bengkak karena keseleo; menyembuhkan rematik; menyembuhkan sariawan; menyembuhkan influenza; mengobati malaria; efektif untuk pengobatan tumor rahim dan pendarahan rahim; menyembuhkan mulas, perut kembung, dan muntah; merawat rambut.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Cek harga tanaman bandotan di sini.