Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan dan Kulit

Buah yang biasanya dimakan segar atau dibuat rujak ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Jambu air sudah menjadi sahabat masyarakat Indonesia sejak dari zaman dahulu. Tapi tahukah Anda kalau jambu air ini memiliki banyak manfaat?

Jambu air merupakan sumber vitamin A dan C, kalsium, serat, niasin, zat besi, dan tiamin. Berikut ini adalah manfaat mengonsumsi jambu air bagi kesehatan dan kulit:

1. Jambu air sebagai obat diare

Buah jambu air sudah sejak lama dipercaya mampu mengatasi diare dan juga perut kembung. Kadar air yang terkandung di dalam jambu air bisa mencapai 93%. Jambu air pun kaya akan serat. Oleh karena itu, buah jambu air dapat membantu pemulihan gangguan pencernaan, perut kembung, dan mengobati diare.

2. Jambu air baik dikonsumsi oleh penderita diabetes

Jambu air mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh. Kemampuan ini dipercaya sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Dengan menjaga kadar gula darah, diharapkan tubuh tidak akan kelebihan gula yang menyebabkan diabetes.

3. Jambu air menjaga kelancaran sistem pencernaan

Kandungan senyawa organik yang terkandung di dalam jambu air dipercaya mampu melawan infeksi mikroba dan jamur. Dengan kemampuan seperti itu, jambu air pun mampu membunuh cacing yang mengganggu saluran pencernaan.

4. Jambu air mencegah dehidrasi

Jambu air juga bisa diolah menjadi jus yang rasanya sangat menyegarkan.

Jambu air mampu mendinginkan suhu tubuh saat udara panas. Tidak hanya di saat udara panas, jambu air pun mampu mendinginkan suhu tubuh di saat seseorang terserang demam. Kemampuan mendinginkannya tersebut, diyakini mampu mencegah dehidrasi bahkan stroke yang diakibatkan tingginya suhu tubuh.

5. Jambu air sebagai obat kolseterol

Selain mampu menurunkan kadar gula, jambu air pun mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol jahat adalah salah satu penyebab tersumbatnya aliran darah, sehingga dapat menyebabkan serangan jantung.

6. Jambu air mencegah resiko terkena kanker

Konsumsilah jambu air secara teratur agar terhindar dari risiko kanker.

Kemampuan lainnya yang dimiliki jambu air adalah mengurangi risiko kanker payudara dan prostat. Jambu air mampu melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

7. Jambu air baik untuk kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dalam jambu air mampu mencerahkan kulit. Selain itu ia juga mampu mencegah keriput dan kerutan pada wajah. Mengonsumsi jambu air dapat mengencangkan kulit sehingga kulit tampak lebih bercahaya, dan awet muda.

Itulah beberapa manfaat jambu air untuk kesehatan. Kami juga menyediakan beberapa jenis tanaman jambu untuk Anda tanam di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂 .