Manfaat Sehat Dibalik Rasa Asam Buah Kedondong

Buah yang terkenal dengan bijinya yang berserabut ini biasa dimakan segar ataupun diolah menjadi acar, rujak, asinan, dan selai.

Di Indonesia, tanaman kedondong sudah banyak dikenal orang. Buah kedondong biasanya dijadikan salah satu bahan membuat rujak. Selain rujak, buah kedondong pun bisa juga dijadikan manisan. Rasa asam alami dari buah kedondong dan rasa gula yang manis membuat manisan kedondong terasa sangat menyegarkan.

Buah kedondong yang memiliki nama latin Spondias dulcis forst ini ternyata berasal dari kawasan Asia Tenggara. Pohon buah kedondong tidak akan berbuah setiap bulan, biasanya pohon buah kedondong akan memasuki masa berbuah di bulan Januari sampai April setiap tahunnya.

Buah kedondong memiliki ukuran yang kecil. Warna kulitnya hijau jika belum masak. Biji buah kedondong memiliki serat yang menyerupai duri. Walaupun buahnya asam dan berduri, tapi buah kedondong memiliki banyak kandungan yang bermanfaat di dalamnya.

Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

Buah kedondong kaya akan serat, protein, sukrosa, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan air. Berikut manfaat buah kedondong untuk kesehatan:

1. Kedondong sebagai obat batuk alami

Buah kedondong dipercaya mampu meredakan batuk.

Beragam kandungan dalam buah kedondong memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, salah satu manfaat tersebut adalah sebagai obat batuk alami. Cara membuat obat batuk tradisional dari buah kedondong ini adalah dengan menghaluskan buah kedondong kemudian tambahkan sedikit garam. Konsumsilah obat batuk tradisional tersebut sebanyak dua kali sehari.

2. Kedondong sebagai obat diare

Buah kedondong bisa digunakan untuk mengobati diare. Hal tersebut dikarenakan buah kedondong memiliki sifat anti bakteri. Sifat anti bakteri ini tentu saja dapat membunuh bakteri yang terdapat di dalam tubuh, termasuk bakteri penyebab diare yang hidup di saluran pencernaan.

3. Kedondong sebagai obat anemia

Bagi Anda yang mengalami anemia, konsumsilah buah kedondong dari sekarang. Buah kedondong kaya akan zat besi. Fungsi dari zat besi tersebut adalah sebgai penambah sel darah merah. Oleh karena itu, jika Anda mengalami anemia, cobalah memanfaatkan zat besi alami yang terdapat di dalam buah kedondong.

4. Kedondong baik untuk kesehatan gigi dan mulut

Mengonsumsi buah kedondong dipercaya mampu menyehatkan rongga mulut, terutama untuk gigi.

Tetapi tidak hanya untuk gigi, buah kedondong pun baik untuk menyehatkan tulang di seluruh tubuh.

5. Kedondong baik untuk kesehatan mata

Buah kedondong memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk mata. Vitamin A akan membuat mata Anda sehat. Jangan ragu untuk mengonsumsi buah kedondong jika Anda mengalami penurunan ketajaman pengelihatan. Selain untuk mata, kandungan vitamin A pun mampu membantu mempercepat proses pengobatan luka dari dalam.

Baca juga: Khasiat Daun Sirih Untuk Mata

6. Kedondong baik untuk sistem imun

Kandungan vitamin C dalam buah kedondong pun memiliki manfaat yang luar biasa. Vitamin C dalam buah kedondong berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh Anda baik, Anda tidak akan mudah terserang penyakit. Kandungan vitamin C pun mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh; mencegah penuaan dini; mengontrol kadar kolesterol; meningkatkan metabolisme tubuh.

7. Kedondong baik untuk kesehatan jantung

Manfaat yang luar biasa lainnya dari buah kedondong adalah dapat menyehatkan jantung. Segala kandungan dalam buah kedondong dipercaya mampu membantu jantung untuk tetap sehat dan bekerja secara optimal.

8. Kedondong dengan beragam manfaat lainnya

Buah kedondong masih memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Untuk kecantikan, buah kedondong mampu menjaga kecantikan kulit wajah dan menyehatkan kulit. Selain itu buah kedondong pun bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk, menambah tenaga, mengatasi peradangan, menutrisi ibu hamil, dan menutrisi para atlet sebelum memulai pertadingan.

Itulah manfaat sehat di balik rasa asam buah kedondong yang menyegarkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda 🙂 .

Lihat koleksi tanaman kedondong kami di sini.