Manfaat Sirih Merah untuk kesehatan

Sejak dulu orang-orang sudah familiar dengan daun sirih karena khasiatnya sebagai tanaman obat herbal yang sudah tidak diragukan lagi. Namun kebanyakan orang hanya terpaku pada satu jenis daun sirih saja, yaitu daun sirih hijau. Sebenarnya selain daun sirih hijau, masih ada jenis daun sirih lainnya yang tidak kalah berkhasiat, seperti daun sirih hitam dan daun sirih merah. Pada artikel ini akan dibahas secara khusus tentang manfaat daun sirih merah untuk kesehatan. Manfaat  daun sirih merah atasi diabetes melitus (baca juga manfaat kayu manis untuk diabetes) dan tumor, sudah umum diketahui, maka di artikel ini akan dibahas manfaatnya yang lebih beragam lagi beserta bagaimana cara pengolahannya.

Daun sirih merah memiliki bentuk yang sama dengan daun sirih hijau. Perbedaannya terletak pada warna daunnya yang bercorak hijau keputihan dan dibawahnya di dominasi warna merah gelap.
Daun sirih merah memiliki bentuk yang sama dengan daun sirih hijau. Perbedaannya terletak pada warna daunnya yang bercorak hijau keputihan dan dibawahnya di dominasi warna merah gelap.

Secara fisik daun sirih merah memiliki bentuk yang sama dengan daun sirih hijau. Daunnya seperti jantung dengan ujung daun runcing. Dan sudah jelas letak perbedaannya ada pada warnanya. Berbeda dengan daun sirih hijau yang berwarna hijau seluruhnya, daun sirih merah memiliki permukaan daun yang bercorak putih dan hijau tua, ruas daunnya berwarna merah. Di bawah permuakaan daunnyalah yang berwarna merah seluruhnya. Karena keunikan warnanya itu, daun sirih merah juga kadang dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

Daun sirih merah atau Piper crocatum kaya akan kandungan senyawa alami seperti minyak atsiri, tanin, alkoloid, saponin, flavonoid, terpenena, cineole, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, pcymene caryofelen, kadimen estragol dan fenil propada. Semua senyawa itu memiliki kemampuan untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Seperti diabetes, tumor, kanker payudara, penyakit ginjal, TBC, asam urat, jantung, lever dan masih banyak lagi.
Adapun cara menggunakan daun sirih merah untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

  • Untuk mengobati Diabetes militus dan tumor
    Siapkan 6 lembar daun sirih merah segar dan potonglah kecil-kecil. Kemudian rebus bersama 3 gelas air. Setelah mendidih dan menyisakan setengah gelas saja, dinginkanlah lalu minum pada pagi, siang dan malam hari. Setiap kali meminumnya sebaiknya setengah gelas saja.
  • Mengobati kanker payudara dan kanker rahim
    Cuci bersih 6 lembar daun sirih merah yang berukuran besar bersama dengan batangnya sepanjang 15 cm. Selanjutnya rebus bersama 4 gelas air. Didihkan hingga air rebusan awal tinggal setengahnya saja. Kemudian setelah dingin, saring dan gunakan air hasil rebusannya saja. Air rebusan ini dapat ditambahkan 2 sendok makan madu untuk memberi sedikit rasa manis. Minumlah pada saat pagi dan sore dalam keadaan hangat.
Kebanyakan cara pengolahan daun sirih adalah dengan cara merebusnya dan meminum air hasil rebusannya.
Kebanyakan cara pengolahan daun sirih adalah dengan cara merebusnya dan meminum air hasil rebusannya.
  • Mengobati sakit ginjal
    Sediakan 8 lembar daun sirih merah yang masih muda (kalau bisa ambil bagian pucuknya saja). Potong kecil-kecil daun sirih itu lalu rebus kedalam 4 gelas air. Didihkan sampai airnya tinggal 1 setengah gelas air. Setelah itu saring ampas daunnya dan endapkan beberapa saat. Minum air rebusannya 3 kali sehari dengan takaran setengah gelas saja ditiap kali meminumnya dengan menambahkan 2 sendok makan madu murni.
  • Mengobati asam urat
    Petiklah 7 lembar daun sirih merah bersama batangnya sepanjang 15 cm. Cuci bersih daun dan batangnya itu lalu potong kecil-kecil. Setelah itu rebus bersama 4 gelas air hinga tersisa setengah dari rebusan awal. Selanjutnya saringlah lalu air rebusannya ditambahkan perasan jeruk nipis juga sedikit madu murni. Minumlah 2 kali sehari dengan takaran setengah gelas di tiap kali meminumnya.
  • Mengobati penyakit jantung koroner
    Cuci bersih daun sirih merah 3-4 lembar ukuran sedang atau 6-8 lembar yang berukuran kecil. Kemudian potong kecil-kecil. Selanjutnya, rebus potongan sirih itu ke dalam 4 gelas air. Setelah mendidih dan menyisakan air setengah dari rebusan awal, saringlah. Kemudian minumlah segelas pada pagi dan segelas pada sore harinya.
  • Mengobati radang liver atau hepatitis
    Caranya dengan menyiapkan 6 lembar daun sirih merah tua berukuran besar yang telah dicuci terlebih dahulu. Iris-iris daun sirih merah itu lalu rebus bersama 4 gelas air. Didihkan hingga menyisakan 1 setengah gelas saja. Tambahkan 3 sendok madu, lalu minumlah pada pagi dan sore hari secara rutin.
  • Mengobati penyakit TBC
    Bagi penderita TBC, bisa memanfaatkan daun sirih merah dengan mengambil 6 lembar daun sirih merah yang sudah tua berukuran sedang atau 4 lembar yang berukuran besar. Jika sudah dicuci, maka dapat direbus ke dalam 3 gelas air sampai air rebusannya menyisakan 1 setengah gelas. Kemudian saring ampas daunnya dan ambil airnya saja. Takarannya adalah setengah gelas setiap kali minum. Sebaiknya diminum dalam keadaan hangat pada pagi, siang dan malam.
  • Mengobati radang prostat
    Caranya dengan menyediakan 6 lembar pucuk daun sirih merah yang telah dicuci bersih. Kemudian potong-potong kecil lalu rebus bersama dengan 2 gelas air. Didihkan hingga mencapai setengah dari air rebusan awal. Selanjutnya, ambil airnya saja dengan menyaring ampas daunnya. Tambahkan 2 sendok madu agar rasanya tidak terlalu pahit. Minumlah dalam keadaan dingin pada pagi dan sore hari.
Air hasil rebusan sirih merah yang siap diminum.
Air hasil rebusan sirih merah yang siap diminum.

Pada dasarnya cara pengelolaannya hampir sama semua, yaitu dengan cara merebusnya. Hal ini dikarenakan merebus merupakan cara terbaik untuk mengambil ekstrak daunnya. Jadi daun sirih bisa anda tanam di pekarangan anda sebagai tanaman multifungsi. Selain jadi tanaman hias daun yang menarik,  juga dapat dijadikan obat alami. Anda juga dapat memperoleh tanaman sirih merah disini.