Manfaat Tanaman Simpur Untuk Kesehatan

Tanaman simpur, sempu, atau sempur merupakan tanaman pohon yang menghasilkan mahkota bunga berwarna putih atau kuning dan juga memiliki kemampuan luar biasa dalam mengobati beberapa macam penyakit.

Bagi sebagian besar orang, nama tanaman simpur (Dillenia indica) adalah nama yang asing di telinga. Daun tanaman simpur biasanya digunakan sebagai pembungkus nasi di beberapa daerah di Indonesia. Rupanya, selain daunnya digunakan untuk membungkus nasi, tanaman simpur ini pun memiliki manfaat lain untuk kesehatan.

Nasi yang biasanya dibungkus menggunakan daun simpur akan memiliki aroma yang harum.

Karakteristik Tanaman Simpur

Tanaman simpur tumbuh di dataran rendah yang kaya akan air, biasanya tumbuh di rawa-rawa. Batang pohonnya besar. Tinggi tanaman asli Indonesia ini bisa mencapai 15 meter. Pohon simpur bercabang banyak dan biasa digunakan orang sebagai kayu bakar. Tanaman simpur memiliki kulit pohon yang tebal. Warna kulit pohonnya campuran antara merah, coklat, dan abu-abu. Bunga simpur muncul di ujung ranting. Bunganya berwarna putih dengan kelopak bunga berwarna hijau kekuningan. Tanaman simpur memiliki buah yang rasanya agak asam, tetapi aman untuk dikonsumsi.

Pohon simpur bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 15 meter.

Manfaat Tanaman Simpur untuk Kesehatan

Jika Anda mengetahui keberadaan tanaman simpur di sekitar Anda, silakan memanfaatkan tanaman tersebut untuk kesehatan dengan bijak. Tanaman simpur dikenal memiliki kemampuan untuk mengobati panas dalam; mengatasi radang usus; mengontrol gula darah bagi penderita diabetes; memiliki sifat anti leukemia yang dapat membantu pengobatan penderita leukemia; mengobati sariawan; ekstrak simpur dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita rematik; jus simpur mampu meredakan diare dan demam pada anak kecil; bubuk ekstrak kayu simpur yang dijadikan obat luar mampu menghilangkan kutu rambut dan ketombe, selain dijadikan sebagai sampo; bunga tanaman simpur dapat dijadikan obat luar untuk menyembuhkan penyakit kulit; meredakan flu, pilek, dan gangguan pernapasan lainnya.

Baca juga: Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar Dan Khasiatnya

jus simpur dipercaya mampu meredakan diare dan demam pada anak kecil.

Pada umumnya, untuk membuat ramuan tanaman simpur sangatlah mudah. Anda hanya perlu merebus daun, bunga, atau kayu simpur dengan air secukupnya.

Sekian informasi mengenai manfaat tanaman simpur untuk kesehatan. Selalu tanyakan terlebih dahulu pada dokter Anda apakah aman bagi Anda untuk mengonsumsi obat tradisional tanaman simpur. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Lihat di sini produk tanaman simpur kami.