Pepino, Buah Ajaib yang Kaya akan Manfaat

 

Pepino merupakan jenis tanaman buah yang tergolong dalam keluarga terong-terongan.

Pepino (Solanum maricatum) aslinya berasal dari Belanda. Konon buah ini sampai di Indonesia karena dibawa oleh para penjajah Belanda.

Di Indonesia, buah pepino banyak dibudidayakan di dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah) dan di Pujon (Jawa Timur). Kedua daerah tersebut adalah daerah dataran tinggi yang bersuhu dingin, ideal untuk membudidiayakan buah pepino.

Tanaman pepino bisa tumbuh dengan baik jika ditanam di dataran tinggi.

Orang-orang di Amerika Serikat mengenal istilah ‘Super Fruit’ untuk buah-buahan yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh, termasuk diantaranya adalah buah pepino. Ilmuan di Cina tidak menemukan efek samping apapun dalam mengonsumsi buah pepino, bahkan saat ini pepino sudah dijadikan bahan baku penyembuh sariawan dan penyembuh sembelit.

Karakteristik Buah Pepino

Bentuk buah pepino bermacam-macam, begitu juga jenisnya. Ada yang bentuknya seperti bentuk tetesan air, seperti buah apel, ada juga yang berbentuk seperti mentimun kecil. Warna kulit buahnya pun beragam seperti pepino kuning, pepino ungu dan pepino hijau.

Rasa buahnya bisa dibilang segar, karena rasanya yang tidak asam, tidak juga terlalu manis. Kadar airnya sangat tinggi sehingga tekstur daging buahnya lembut. Bentuk buahnya mirip seperti mentimun dan memiliki kulit menyerupai tekstur pada buah terong.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah pepino bisa dijadikan jus atau juga salad. Buah pepino juga biasa ditambahkan sebagai pelengkap pada masakan berbahan dasar daging.

Kandungan Buah Pepino

Buah pepino mengandung vitamin C yang sangat banyak. Selain kaya akan vitamin C, buah pepino juga mengandung mineral, potasium, dan gula. 100 gram buah pepino mengandung 25,1 miligram vitamin C, 0,6 gram protein, 26,6 miligram beta karoten, dan 79,3 miligram asam. Buah pepino rendah lemak, 95% kandungannya berupa air.

Manfaat Buah Pepino

Buah pepino baik dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga stamina tubuh.

Banyak manfaat yang akan didapatkan jika kita mengonsumsi buah pepino, diantaranya: Dapat menyembuhkan gangguan pencernaan, seperti maag dan sembelit; menyembuhkan penyakit stroke; menurunkan tekanan darah tinggi.

Ternyata buah pepino pun memiliki manfaat yang baik bagi penderita kencing manis, kanker, dan batu ginjal serta memiliki sifat antikanker, antioksidan, antitrombotik, antimikroba, dan antiradang. Buah pepino pun bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh.

Buah pepino biasanya dibudidayakan melalui vegetatif tunas, sebab bijinya seringkali sulit untuk tumbuh. Tunas tanaman pepino biasanya akan menjadi tanaman yang lengkap setelah 2-3 minggu disemai.

Pepino adalah buah yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Walaupun masih sulit didapat, tetapi buah pepino sudah dibudidayakan di Indonesia sejak zaman penjajahan dulu. Buah ini terus dimanfaatkan karena khasiatnya bagi tubuh.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam mengenali buah pepino yang kaya akan manfaat.

Cek harga tanaman pepino di sini.