GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Tanaman Bawang Merah

KategoriTanaman Dapur, Tanaman Obat
Kode59E152AC6BE7A
Di lihat4941 kali
Berat(/pcs)0.2 Kg
Harga Rp 15.000
Habis

Detail Produk Tanaman Bawang Merah

Suka? Bagi ke Teman Yuk!

bawang-merah

Bawang merah merupakan tanaman terna berumbi yang digunakan untuk meningkatkan cita rasa masakan. Bawang merah dikenal pula dengan sebutan brambang (Jawa) dan shallot (Inggris). Tanaman bawang merah merupakan tanaman berumur pendek (semusim, annual) yang berkelompok dalam sebuah rumpun. tinggi tanaman bervariasi dengan kisaran 15-25 cm.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan:Plantae
Divisi:Magnoliophyta
Kelas:Liliopsida
Ordo:Asparagales
Famili:Amaryllidaceae
Genus:Allium
Spesies:Acepa

Nama binomial
Allium cepa L.

Akar bawang merah merupakan akar serabut dengan perakaran yang dangkal. Daun berwarna hijau dengan bagian ujung meruncing, daun berbentuk silindris menyerupai pipa dengan pangkal daun menyatu memberntuk sebuah batang semu. Batang semu ini terdapat di dalam tanah dan mengalami modifikasi menjadi umbi. Umbi bawang merah merupakan umbi lapis. Umbi bawang merah terdiri dari sisik daun, kuncup daun, diskus (cakram), dan akar adventif.

Pada cakram akan muncul tunas lateral di antara lapis kelopak daun dan tunas utama (tunas apikal) akan muncul dari bagian tengah cakram. Tunas-tunas lateral yang baru ini akan membentuk cakram-cakram baru sehingga membentuh lapisan-lapisan umbi (umbi lapis). Tunas apikal akan muncul lebih dulu daripada tunas lateral dan dari bagian ini akan muncul bakal bunga. Umbi yang tumbuh dapat menghasilkan 2-20 tunas baru yang akan menghasilkan anakan bawang merah yang masing-masing anakan akan menghasilkan umbi yang baru.

Bunga bawang merah tersusun dalam tandan, bunga berbentuk bulat dengan ujung kepala meruncing menyerupai tombak, dan terbungkus spatha (seludang bunga). Setiap tandan terdiri dari 50-200 kuntum bunga. Bunga sempurna dengan 5-6 helai benang sari dari 1 putik. Buah bawang merah terdiri dari daun buah berjumlah 3 buah yang akan membentuk ruag-ruang berjumlah sama. Di setiap ruangan ini akan terisi 2 bakal biji.

Biji berwarna putih saat muda dan hitam saat tua. Penyerbukan umumnya melalui perantara lebah atau lalat hijau.
Manfaat bawang merah untuk kesehatan antara lain menurunkan kolesterol, mengontrol tekanan darah, meredakan sakit tenggorokan, mencegah diabetes, mencegah pertumbuhan sel kanker, mengatasi ketombe, mengatasi rambut rontok, dan lain-lain.

Rp 20.000
Rp 35.000
Rp 18.000
Rp 22.000
Rp 20.000
Rp 26.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892