10 Manfaat Wijen Putih untuk Kesehatan

Wijen merupakan semak semusim yang termasuk dalam famili Pedaliaceae.
Wijen merupakan semak semusim yang termasuk dalam famili Pedaliaceae.

Wijen (Sesamum indicum L. syn. Sesamum orientalis L.) adalah tanaman semak semusim. Selain dikonsumsi minyaknya (yang diperoleh dari mengekstraksi bijinya), ternyata bijinya pun bermanfaat bagi kesehatan sebagai tanaman obat. Hal tersebut dikarenakan biji wijen memiliki banyak kandungan nutrisi, di antaranya adalah mangan, kalsium, tembaga, besi, tryptophan, thiamin, magnesium, zinc, serat, fosfor, protein dan vitamin B6.

Biji wijen putih
Biji wijen putih kaya akan nutrisi sehingga baik untuk kesehatan.

Manfaat Wijen Putih untuk Kesehatan

Berikut 10 manfaat wijen putih baik untuk kesehatan maupun kecantikan:

  1. Diabetes

Wijen dipercaya dapat mencegah diabetes, yaitu dengan cara menurunkan gula darah. Kandungan magnesium mampu mencegah penyakit diabetes. Selain itu, wijen putih juga mampu menurunkan darah tinggi.

  1. Baik untuk kulit
Minyak wijen mengandung zinc dan zat antioksidan yang mampu membuat kulit tampak cerah.
Minyak wijen mengandung zinc dan zat antioksidan yang mampu membuat kulit tampak cerah.

Wijen yang kaya akan zinc mampu membuat kulit bersinar. Oleskan langsung minyak wijen pada kulit secara teratur untuk mendapatkan kulit lembut, menyembuhkan bekas luka, dan mengecilkan pori-pori. Selain itu, minyak wijen pun dipercaya dapat mencegah kanker kulit.

  1. Anemia
Wijen putih mampu mengatasi anemia karena mengandung zat besi yang tinggi.
Wijen putih mampu mengatasi anemia karena mengandung zat besi yang tinggi.

Tidak hanya menurunkan tekanan darah tinggi, ternyata wijen putih juga dapat mengatasi anemia. Wijen mengandung zat besi yang tinggi yang diyakini baik untuk menambah kadar darah dalam tubuh. Sehingga tubuh pun tidak cepat lelah.

  1. Tulang

Wijen mengandung banyak kalsium yang baik bagi tulang. Menurut studi, beberapa biji wijen memiliki lebih banyak kalsium dibandingkan dengan setegak gelas susu. Selain itu, kandungan zinc dalam wijen pun mampu meningkatkan kepadatan tulang.

  1. Antikanker

Wijen mengandung fitosterol yang merupakan zat antikanker. Konsumsilah wijen secara teratur untuk mencegah kanker. Selain wijen putih, ternyata wijen hitam pun bermanfaat bagi kesehatan, termasuk  untuk mencegah kanker.

  1. Sistem pencernaan

Biji wijen kaya akan serat yang mampu memperlancar sistem pencernaan yang baik bagi usus.

  1. Pertumbuhan rambut
Minyak wijen mengandung banyak vitamin yang mampu menutrisi rambut agar tumbuh cepat.
Minyak wijen mengandung banyak vitamin yang mampu menutrisi rambut agar tumbuh cepat.

Biji wijen juga mengandung omega3, omega6, dan omega9 yang mampu mendorong pertumbuhan rambut. Vitamin yang ada dalam wijen putih mampu menutrisi rambut. Pijatlah kepala secara teratur menggunakan minyak wijen untuk medapatkan rambut yang sehat.

  1. Gigi

Minyak wijen putih ternyata bisa menjadi obat sakit gigi. Selain itu, minyak wijen pun diyakini bisa memutihkan gigi.

  1. Persendian

Kandungan tembaga dalam wijen dipercaya dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan dan pembengkakan pada selaput sendi (artritik).

  1. Stress

Wijen putih dipercaya mampu menghilangkan stres karena kandungan magnesiumnya. Magnesium dapat mengatur fungsi otot, bahkan mengendurkan otot yang tegang.

Itulah 10 manfaat yang dapat kita peroleh dari biji wijen putih yang biasanya kita gunakan sebagai rempah atau taburan pada beberapa jenis kue. Semoga informasi ini bermanfaat.

Adapun beberapa produk lainnya dapat Anda lihat disini.