GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

20 Manfaat Lavender untuk Kesehatan dan Kecantikan

Thursday, April 27th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Bunga Lavender mengandung aroma wangi yang memberi efek menenangkan dan baik untuk kesehatan.

Seperti yang kita ketahui, Lavender (Lavandula spica) memiliki aroma yang sangat khas yang biasanya dijadikan sebagai bahan pengharum ruangan, kosmetik, atau bahkan obat pembasmi nyamuk. Namun, tahukah Anda bahwa lavender juga termasuk dalam tanaman obat? Lavender memiliki sedikitnya 20 manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Lavender untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut adalah 20 manfaat lavender dari segi kesehatan dan kecantikan yang berhasil kami sadur:

1. Menyembuhkan jerawat

Minyak bunga lavender sebagai penyembuh jerawat.

Minyak lavender dipercaya dapat menyembuhkan jerawat. Minyaknya mengandung anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Oleskan minyak lavender tepat di atas jerawat untuk hasil terbaik.

2. Menyembuhkan eksim

Eksim mungkin menjadi penyakit kulit yang membuat penderitanya tidak percaya diri. Minyak lavender dapat mengurangi rasa gatal dan mengurangi gejala eksim.

3. Mendetoksifikasi kulit

Lavender bisa menghilangkan iritasi kulit dengan menambahkan pelembap. Lavender mempercepat proses penyembuhan. Minyak lavender dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit.

4. Menyembuhkan luka bakar

Antiseptik dan antiperadangan di dalam minyak lavender membantu penyembuhan luka bakar dengan baik. Minyak lavender pun dapat mengurangi rasa nyeri. Caranya, sirami luka bakar dengan air mengalir selama sepuluh menit, lalu tetesi dengan minyak lavender pada daerah luka. Namun, jika lukanya sangat parah, lebih baik dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

5. Menyembuhkan luka gigitan serangga

Seperti halnya luka bakar, tetesi minyak lavender pada bagian kulit yang digigit serangga. Luka gigitan serangga akan berangsur sembuh. Jika minyak lavender hendak diaplikasikan pada kulit bayi berusia di bawah dua tahun, ada baiknya konsultasikan dulu pada dokter.

6. Menyegarkan otot yang lelah

Minyak lavender dapat dijadikan sebagai penyegar otot yang kelelahan. Caranya dengan menambahkan 4 sampai 6 tetes cairan lavender ke dalam mangkuk besar berisi air panas. Rendamlah tangan atau kaki selama sekitar sepuluh menit dan rasakanlah hasilnya. Cara lainnya adalah dengan menggosokkan minyak lavender pada kaki sebelum tidur. Lavender juga bisa digunakan untuk melembutkan kapalan.

7. Toner

Lavender bisa dijadikan toner yang akan menyegarkan kembali kondisi kulit. Rebus lavender menggunakan 100ml air. Tiriskan selama beberapa jam. Pindahkan pada botol semprot yang bersih, lalu simpan di kulkas. Semprotkan cairan ini pada kapas dan usapkan kapas pada wajah dengan lembut setiap pagi setelah mencuci muka.

8. Kerontokan rambut

Lavender biasa dijadikan sebagai bahan dalam produk shampoo karena khasiatnya yang mampu menjaga kesehatan rambut.

Minyak lavender dapat merawat rambut rontok dengan sangat efektif. Sebab minyak lavender dapat menyembuhkan insomnia, stress dan depresi, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Pijatlah kepala menggunakan minyak lavender untuk merawat kerontokan rambut dan menumbuhkannya kembali. Pijatan ini akan memperlancar peredaran darah.

9. Alopecia aerata

Alopecia aerata adalah penyakit imun tubuh yang ditandai dengan rontoknya rambut dalam kelompok-kelompok kecil (spot). Pijatlah kulit kepala menggunakan minyak lavender. Minyak lavender dapat membantu pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak lavender bisa juga memperlancar aliran darah di kepala.

10. Antiketombe

Tambahkan 15 tetes minyak lavender dengan dua sendok makan minyak zaitun atau minyak almond dan panaskan selama sepuluh menit. Pijat kepala menggunakan ramuan itu dan tutupi dengan shower cap. Cucilah dengan sampo setelah satu jam. Ramuan tersebut dapat menghilangkan ketombe dan membuat kulit kepala sehat.

11. Menghilangkan kutu

Pijatlah kepala menggunakan minyak lavender selama 20 menit sebelum dicuci dengan sampo. Hal ini akan menghilangkan kutu sampai pada telurnya, karena lavender berfungsi sebagai antiseptik.

12. Kondisioner

Lavender juga bisa digunakan sebagai kondisioner. Rendamlah rambut dengan 1/4 gelas air rebusan lavender yang sudah dicampur dengan 2 gelas air dan beberapa tetes minyak lavender selama 15 menit. Ramuan itu akan membuat rambut bersinar dan wangi.

13. Insomnia

Teh bunga lavender juga berkhasiat sebagai obat insomnia.

Minyak lavender dipercaya bisa menyembuhkan insomnia. Campurlah 5-6 tetes minyak lavender dengan 1/2 gelas air sulingan. Masukkan ke dalam botol semprot yang bersih. Semprotkan pada wajah dan kulit sebelum tidur. Selain itu, teh lavender juga dapat menyembuhkan insomnia.

14. Membantu mengurangi kecemasan dan depresi

Minyak lavender membuat orang yang menghirupnya merasa tenang, sehingga dapat mengurangi depresi dan kecemasan. Minyak lavender pun digunakan untuk relaksasi atau perawatan tubuh yang kelelahan.

Anda bisa menyimpan beberapa tangkai lavender di dalam ruangan agar aromanya bisa tercium dalam waktu yang lama. Selain itu, aroma lavender bisa juga mencegah datangnya nyamuk ke dalam rumah. Untuk kualitas lavender yang lebih bagus, ada baiknya Anda menanam sendiri agar tetap terawat dan terjaga kualitasnya. Contoh tanaman lavender yang lumayan tahan banting dan bisa Anda tanam adalah lavender gold creek.

15. Menyembuhkan sakit kepala

Tidak hanya sakit kepala biasa, lavender juga bisa menyembuhkan migrain. Caranya, pijatlah kepala dan leher menggunakan minyak lavender.

16. Memperlancar pencernaan

Minumlah teh lavender untuk membantu memperlancar pencernaan. Anda bisa membelinya yang sudah jadi atau bisa membuat sendiri dengan cara merebus kuncup lavender di air mendidih.

17. Menyembuhkan luka

Minyak lavender adalah antiseptik yang kuat. Tetesan minyak lavender mampu mempercepat pertumbuhan sel baru dan menyembuhkan luka. Minyak lavender pun merupakan antimikroba yang mencegah luka untuk infeksi.

18. Menghilangkan mual

Minyak lavender mampu mengurangi rasa mual dan mabuk perjalanan. Caranya, tetesi lavender di ujung lidah, di belakang telinga, dan di bawah pusar.

19. Mengurangi kembung

Lavender mengandung polifenol yang mampu mengurangi bakteri jahat dalam darah dan mampu mengurangi rasa kembung. Konsumsilah lavender kering jika Anda terserang kembung.

20. Parfum alami

Karena memiliki aroma harum menyegarkan, lavender juga kerap diproduksi sebagai parfum.

Minyak lavender adalah zat alami yang anti bahan kimia bisa juga dijadikan parfum. Caranya dengan mengoleskan sedikit minyaknya pada leher atau pada pergelangan tangan.

Itulah 20 manfaat lavender bagi kesehatan. Lavender memang tanaman yang ajaib. Tidak hanya warnanya yang menarik perhatian, ternyata tanaman dan aromanya pun dapat digunakan untuk kepentingan kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jika Anda berminat untuk menanam sendiri bunga lavender, maka kami juga menyediakan benih bunga lavender yang cocok untuk ditanam di pot maupun hedging.

Produk terbaru

Rp 40.000
Rp 40.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892