GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

5 Tanaman Untuk Taman Rumah Minimalis

Monday, October 10th 2016.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Cara merancang taman minimalis tidaklah sulit, hanya butuh perhatian pada beberapa hal dengan perawatan yang teratur. Seperti yang terdapat pada rumah minimalis dengan konsep simpel, meskipun memiliki lahan yang terbatas, pada umumnya pembangunan rumah minimalis masih menyisakan sedikit ruang di halaman depan yang dapat difungsikan sebagai teras ataupun taman rumah. Taman pada rumah minimalis memang memiliki peran yang cukup penting, selain membuat tampilan rumah lebih indah dan segar, ruang kosong sebagai taman juga bermanfaat untuk menyejukkan rumah.

Menghadirkan suasana taman yang indah tidak perlu dengan tatanan yang muluk-muluk. Sesederhana mungkin akan memberikan kesan lebih ideal untuk rumah minimalis.

Menghadirkan suasana taman yang indah tidak perlu dengan tatanan yang muluk-muluk. Sesederhana mungkin akan memberikan kesan lebih ideal untuk rumah minimalis.

Merancang Konsep Taman Rumah Minimalis

Untuk pemilihan konsep dan jenis tanaman pada taman minimalis tentunya berbeda dengan konsep taman pada umumnya. Untuk membuat konsep taman ini, anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk membangun dan mendesain konsep taman yang anda inginkan. Dan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, ada beberapa hal yang perlu untuk anda perhatikan, yang antara lain adalah sebagai berikut:

Pahami luas lahan

Desain taman, sangatlah dipengaruhi oleh ukuran lahan yang digunakan sebagai ruang taman. Oleh karenanya sebelum anda mendesain taman rumah, anda harus memahami bentuk dan ukuran lahan. Hal ini bertujuan untuk menentukan konsep dan pilihan tanaman. Bagi anda yang memiliki lahan cukup luas, pemilihan tanaman hias dapat beraneka ragam, dari tanaman kecil hingga tanaman buah yang cukup lebat dapat anda pilih hingga menghasilkan kombinasi yang menarik. Sedangkan untuk lahan sempit, tanaman bonsai atau tanaman hias kecil yang tidak mudah berkembang menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Persiapan danpenyesuaian lahan termasuk salah satu poin utama yang harus diperhatikan dalam pembuatan taman di pekarangan rumah.

Persiapan dan penyesuaian lahan termasuk salah satu poin utama yang harus diperhatikan dalam pembuatan taman di pekarangan rumah.

Sesuaikan dengan konsep dan warna cat rumah

Untuk mempercantik taman, perhatikan pula kondisi sekeliling lahan. Pemilihan cat rumah juga sangat mempengaruhi suasana taman. Jika ruang taman yang anda miliki cenderung sempit anda dapat menggunakan warna-warna cat cerah untuk memberikan kesan lebih luas dan segar, sementara bagi anda yang memiliki lahan cukup luas, pemilihan warna gelap seperti warna abu-abu atau warna alam dapat memberikan kesan yang lebih tegas pada taman minimalis anda.

Tambahkan ornamen pendukung

Ornamen pendukung seperti jalan setapak, batu alam ataupun rumput merupakan ornamen taman yang biasanya digunakan untuk menyempurnakan tampilan taman. Anda dapat menggunakan jalan setapak yang berbentuk lurus atau melengkung untuk mempertegas taman. Sedangkan pemilihan rumput sebaiknya pilih jenis rumput jepang atau rumput golf karena selain lebih cantik, rumput jenis ini juga memiliki karakteristik lebih lembut sehingga lebih mudah dirapikan, dibandingkan jenis rerumputan lain yang lebih besar dan keras. Bagi anda yang gemar menghabiskan waktu untuk bersantai juga dapat menyertakan kursi panjang berukuran sedang sebagai furniture taman.

Pilih tanaman hias yang sesuai

Terakhir pilih tanaman hias yang sesuai, pemilihan jenis tanaman hias ini disesuaikan dengan ukuran lahan. Untuk membuat tampilan taman terkesan cantik dan rapi, sebaiknya pilih beberapa jenis tanaman saja, hal ini juga bertujuan untuk membuat taman tidak terkesan penuh sesak. Selain itu pilih tanaman hias yang multi fungsi, yang selain indah dipandang mata, juga bermanfaat untuk kesehatan dan lingkungan. Untuk penyerapan polusi dan menjaga kualitas udara di rumah anda dapat memilih tanaman formaldehida, benzea ataupun trikhloroetilena.

Jenis Tanaman Hias Untuk Taman Minimalis

Pemilihan jenis tanaman hias memang menjadi salah satu hal yang membutuhkan perhatian lebih. Selain memperhatikan ukuran lahan, pemilihan tanaman hias juga harus memperhatikan ukuran dan warna tanaman agar dapat menghasilkan kombinasi yang menarik. Ada berbagai jenis tanaman hias, dari jenis palmae, bunga-bungaan dan rerumputan. Dari berbagai jenis tanaman hias ini, terdapat beberapa jenis tanaman yang sangat cocok jika anda gunakan untuk mempercantik taman minimalis anda, yang antara lain adalah sebagai berikut:

  •  Siklok

siklok

Siklok atau yang memiliki nama latin Agave attenuata merupakan tanaman dengan daun yang berbentuk runcing dan memiliki pangkal batang yang kuat. Tanaman siklok ini memiliki warna hijau keputihan dengan duri di tepian daun. Selain tahan terhadap panas, tanaman ini juga dapat hidup di tanah yang gembur atau berpasir.

  • Bonsai

Bonsai

Bonsai merupakan salah satu tanaman hias yang dibentuk versi mini. Pada umumnya tanaman bonsai lebih didominasi tanaman kamboja dengan berbagai variaetas. Tanaman bonsai sangat sesuai untuk taman minimalis karena selain dapat tumbuh di tempat yang kering, tanaman bonsai juga mudah dalam perawatan selain bentuknya yang mini dan sulit berkembang.

  • Mimosa Silver

Mimosa-Silver

Mimosa silver atau Acacia podalyriifolia merupakan jenis tanaman yang mirip dengan putri malu, dimana daunnya akan bereaksi terhadap sentuhan, panas dan cahaya. Tanaman yang berbunga merah mudah ini akan sangat cantik menghiasi tanaman hias anda karena dapat berbunga sepanjang tahun.

  • Dracaena Tricolor

Dracaena-Tricolor

Tanaman hias dracaena ini memiliki ciri khusus dengan bentuk daunnya yang membulat dan jatuh, dan semakin cantik dengan kombinasi warna pada tiap helai daunnya yang terdiri dari warna hijau, merah dan coklat. Tanaman ini dapat tumbuh cukup besar, sehingga pada umumnya, tanaman ini digunakan sebagai tanaman gerbang taman.

  • Bawang Brojol

bawang-brojol

Tanaman hias yang disebut Rain lily atau zephyranthes ini merupakan salah satu jenis bawang-bawangan. Tanaman yang mirip dengan tanaman bawang pada umumnya ini memiliki bunga yang sangat cantik seperti bunga lily dan dapat berbunga sepanjang tahun, sehingga sangat cantik untuk melengkapi tanaman hias anda.

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang sangat cocok untuk diterapkan pada konsep taman minimalis modern, selain jenis bunga dan tanaman hias tersebut anda juga dapat menghiasi taman minimalis anda dengan bunga mawar, anggrek, iris, melati air, bunga matahari ataupun bunga morning glory yang indah dengan bentuk hati dan perpaduan warnanya. Untuk perawatan taman sendiri sangatlah mudah dan menyenangkan. Karena anda dapat melibatkan anak-anak dalam kegiatan berkebun, selain dapat bermain, belajar tentunya kegiatan berkebun di taman rumah akan semakin menyenangkan.

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892