Aneka Bunga Berbentuk Unik dan Aneh di Dunia

Cantik, indah, wangi, kelopak berlapis-lapis, kuncup yang merekah, sudah menjadi kewajaran dan hal biasa jika melihat tampilan bunga-bunga pada umumnya. Namun pernahkah Anda melihat tampilan bunga yang tidak hanya cantik, namun berpenampilan tidak biasa? Karena tampilan bunganya yang tidak biasa, jadi terkesan aneh dan unik. Dan hal-hal yang unik, selalu saja bikin tertarik. Penasaran apa saja bunga-bunga tersebut? Yook… babat habis artikel ini..! 😀

  • Bleeding Heart Flower

Dari namanya, terkesan sedikit horror karena ada kata bleeding-nya yang berarti berdarah. Tapi tenang saja, bunga ini tidak mengeluarkan darah kok. Dinamakan bunga hati berdarah karena bentuknya yang menyerupai hati utuh ada juga hati yang terlihat terbelah, di tengahnya ada tajuk bunga yang menjuntai ke bawah. Nah, mungkin tajuk itulah yang diibaratkan sebagai darah yang menetes dari hati yang terbelah (terdengar miris -__-).

Bunga berbentuk hati yang utuh juga hati yang terbelah, lengkap dengan juntaian tajuk ditengahnya yang nampak seperti darah yang menetes.
Bunga berbentuk hati yang utuh juga hati yang terbelah, lengkap dengan juntaian tajuk di tengahnya yang nampak seperti darah yang menetes.

Bleeding heart flower hadir dalam beberapa variasi warna. Ada yang pink pucat, putih juga merah. Berukuran mungil, bergerombol menggantung di tangkainya. Bunga ini tidak tumbuh di semua negara, hanya di negara beriklim sejuk. Sangat unik dan menawan.

  • Anggrek Wajah Monyet

Baru mendengar namanya saja, sudah bisa mengundang tawa, apalagi sudah melihat tampilan bunganya. Bunga ini benar-benar seperti wajah monyet, bukan sulap bukan sihir, bukan editan ataupun lukisan, 100% motif asli yang dihasilkan oleh salah satu varian anggrek langka di dunia.
Bunga ini sebenarnya bernama Dracula simia, namun lebih dikenal dengan Monkey Face Orchid atau Anggrek Wajah Monyet. Kelopak anggrek ini bermotif wajah monyet dengan berbagai macam ekspresi. Ada wajah monyet yang senang, sedih, marah, bengong, dll. Lucu, unik, aneh, dan menarik.

Berbagai macam ekspresi wajah monyet yang terdapat pada anggrek
Berbagai macam ekspresi wajah monyet  terdapat pada anggrek Dracula simia
  •  Anggrek Bebek Terbang

Lagi-lagi dari jenis anggrek. Kali ini bentuknya menyerupai bebek yang terbang. Tidak seperti anggrek lainnya yang kelopaknya melebar, anggrek ini memiliki kelopak yang rumit. Alhasil, kelopaknya yang tidak terlalu mekar dan hanya seperti kuncup, seperti berbentuk badan unggas, ada dua kelopak yang menyerupai sayap, juga tajuk bunga nampak seperti kepala bebek lengkap dengan moncongnya. Benar-benar seperti bebek yang mengepakkan sayapnya untuk terbang. Jika ingin melihat anggrek unik ini, silahkan berkunjung di Australia, karena di sana, bunga ini banyak ditanam dan sangat populer.

anggrek
Anggrek ini benar-benar unik. Bentuknya persis kerangka bebek yang sedang menegepakkan sayapnya dan mencoba untuk terbang.
  • Bee Orchid

Masih dari varietas anggrek. Anggrek ini bernama Ophrys apifera dan populer dengan nama Bee Orchid atau anggrek lebah. tidak hanya indah, namun lucu dipandang. Kelopaknya berwarna ungu lembut, uniknya, tajuk bunganya yang lebih besar dibanding tajuk anggrek yang lain, bermotif seperti warna lebah.
Struktur tajuknya pun berdaging dan berbulu halus. Menghasilkan 2 buah tangkai tajuk dan 2 percabangan yang menonjol di sisi kanan kirinya. Seperti bayi lebah gendut yang minta digendong Hehehe… Jika diperhatikan, di tajuknya ada guratan seperti ekspresi kartun yang sedang tertawa lebar. Sangat ceria.

Bunga yang ceria dengan tampilan lebah mungil yang tersenyum lebar.
Bunga yang ceria dengan tampilan lebah mungil yang tersenyum lebar.
  • Lily of the Valley

Bunga ini cantik, mungil, dan berwarna putih lembut. Yang membuatnya unik adalah tampilannya yang menyerupai lonceng kecil terbalik. Sangat teduh dan anggun. Bunga ini pernah digunakan oleh Kate Middleton sebagai salah satu bunga pilihan yang dirangkaikan pada buket di hari pernikahan yang Ia bawa.
Bunga mungil yang bernama latin Convallaria majalis ini memiliki makna hati yang suci, kebahagiaan, dan ‘kamu telah melengkapi hidupku’. Sangat cocok dijadikan bunga pelengkap pernikahan karena sentuhan romantis yang sangat dalam.

Bunga mungil berwarna putih ini seperti lonceng kecil yang sangat mempesona.
Bunga mungil berwarna putih ini seperti lonceng kecil yang sangat mempesona.
  • Hanging Naked Man

Naked Man? Laki-laki yang telanjang? Terdengar vulgar, tapi begitulah tampilan anggrek ini. Dari jauh, bunga ini tampak cantik karena tumbuh bergerombol dengan corak warna perpaduan antara ungu dan putih. Namun jika diperhatikan lebih dekat, anggrek ini seperti laki-laki yang tergantung tanpa busana. Diperhatikan lebih detail lagi, akan nampak wajah manusia, lengkap dengan kaki dan tangannya. Aneh tapi nyata lho..!

Bunga vulgar karena nampak seperti laki-laki tanpa busana. Namun cantik dan menarik.
Bunga vulgar karena nampak seperti laki-laki tanpa busana. Namun cantik dan menarik.
  • Anggrek Lady

Jika hangging naked man menyerupai laki-laki yang tidak memakai busana, anggrek ini justru menggambarkan wanitanya. Warna dan bentuknya hampir serupa. Namun Anggtek lady terlihat menggunakan rok dan melebarkan kedua tangannya.
Nah, bukan hanya manusia yang diciptakan berpasang-pasangan. Dalam kasus ini, bunga anggrek lady juga bisa dipasangkan dengan anggrek hangging naked man. Sungguh bunga vulgar yang menarik. 🙂

Bunga
Seperti hanging naked man, bunga ini juga mempunyai kaki, tangan, dan wajah yang menyerupai manusia. Bunga ini dianggap seperti perempuan yang memakai rok.
  • Anggrek Merpati

Bunga anggrek memang terdiri dari ratusan bahkan ribuah jenis bunga yang tersebar di seluruh dunia. Seperti anggrek yang satu ini. Peristera elata dan tersohor dengan nama Holy Ghost Orchid. Jika dilihat sekilas, tampilan bunganya biasa saja, cantik, menawan, seperti bunga-bunga anggrek pada umumnya. Namun jika diperhatikan lebih dekat, Bagian dalam kelopaknya berbentuk merpati yang sedang mengepakkan sayapnya. Lagi lagi spesies anggrek berhasil melahirkan bunga yang unik dan menawan. Di Bibitbunga.com tersedia tanaman anggrek merpati ungu.

Di dalam kelopak anggrek putih ini terlihat ada merpati yang siap terbang dengan sayapnya yang terangkat.
Di dalam kelopak anggrek putih ini terlihat ada merpati yang siap terbang dengan sayapnya yang terangkat.
  • Bunga Alien

Memiliki naman latin Osteospermum fruticosum. Bunga ini memiliki tampilan kelopak yang tidak biasa. Kelopaknya tidak melebar, namun justru melengkung ke dalam. Warnanya juga tidak biasa, ungu stabilo menyala seperti warna makhluk luar angkasa yang biasa dilihat di film-film alien.

bentuk dan warnanya seperti makhluk asing dari luar angkasa.
Bentuk dan warnanya seperti makhluk asing dari luar angkasa.
  • Bunga bibir cantik

Psychotria Elata, atau the kissing flower atau the hot lips, di Indonesia biasa dijuluki dengan ‘bunga cium aku dong’. Namanya sejalan dengan bentuknya yang centil. Berbentuk bibir seksi merah merona yang siap mencium sesuatu. Seperti bibir Anjelina Jolie yah… 😀

Unik dari bentukya yang persis seperti bibir yang memakai lipstik merah menyala
Unik dari bentukya yang persis seperti bibir yang memakai lipstik merah menyala

Well.. itulah beberapa bunga-bunga unik dan aneh .Mereka benar-benar ada dan nyata. Jadi ingin memeliharanya kan? Jika seperti itu, sepertinya Anda harus benar-benar berburu. Karena bunga-bunga tersebut tidak hadir di setiap negara, mereka tersebar di berbagai belahan bumi. So, keep hunting 😀

Lihat yuk koleksi tanaman hias kami disini.