GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Aneka Fakta Bunga Bangkai yang Kami Sadur

Sunday, October 2nd 2016.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Masih menganggap Amorphpophallus atau bunga bangkai itu sama dengan bunga rafflesia arnodli? Mereka berdua adalah dua spesies yang jauh berbeda. Dalam artikel ini sudah kami sadur beberapa fakta-fakta perbedaan antara keduanya, juga beberapa fakta-fakta lain yang akan menambah pengetahuan Anda mengenai bunga Amorphpophallus. Berikut fakta-faktanya.

Gambang d atas menunjukkan bahwa bunga ini adalah memang sangat cantik dan menarik.

ambang d atas menunjukkan bahwa bunga ini adalah memang sangat cantik dan menarik.

  • Dari segi fisik, bunga bangkai dan rafflesia Arnoldi sudah sangat berbeda. Bunga rafflesia berwarna merahbesar dengan kelopak bunga raksasa merekah keluar dan melengkung ke bawah nyaris menyentuh tanah. Tidak berdaun dan bertangkai. Sedangkan bunga Amorphpophallus tumbuh menjualang tinggi ke atas lengkap dengan tangkai dan daunnya yang berukuran besar. Kelopaknya berwarna ungu di bagian atasnya.
  • Berbeda dengan bunga rafflesia yang hanya tumbuh di hutan-hutan tertentu, bunga bangkai dapat dibudidayakan. Kemudian, bunga rafflesia tumbuh sebagai parasit tumbuhan rambat, sedangkan bunga Amorphpophallus tumbuh di atas umbinya sendiri.
  • Bunga Amorphpophallus merupakan bunga yang ditetapkan sebagai maskot atau flora identitas provinsi Bengkulu.
  • Sebiji bunga Amorphpophallus titanium membutuhkan waktu 20-40 tahun agar mekar untuk pertama kalinya.
  • Kebun raya di Jerman (Botaniche, Gärten Boon) memakai bunga bangkai, Amorphophallus, sebagai ikon kebun raya tersebut.
  • Bunga Amorphpophallus termasuk tanaman suku talas-talasan (araceae) yang tumbuh sebagai bunga majemuk terbesar di dunia.
Kuncup bunga bangkai yang masih belum sempurna.

Kuncup bunga bangkai yang masih belum sempurna.

  • Walaupun berasal dari umbi yang sama, namun warna bunganya berbeda-beda,yaitu mulai dari jingga, merah hati, merah dadu, hingga kehijauan. Kemudian tongkolnya berwarna ungu, sedikit putih dan kuning.
  • Bunga Amorphpophallus mengalami fase vegetatif dan generatif yang berlangsung bergantian terus menerus sepanjang hidupnya. Pada masa vegetatif, umbinya ditumbuhi batang tunggal dan daun yang menyerupai daun pepaya Sampai batang dan daunnya layu menyisakan umbinya. Selanjutnya pada fase generatif, tumbuhlah bunga majemuk yang menggantikan batang dan daunnya yang telah layu.
  • Sesuai dengan namanya, bunga bangkai, Amorphpophallus merebakkan aroma bau dan busuk yang menyengat, terkadang seperti bau kertas terbakar, telur busuk, bau amis ikan, tapi yang membingungkan, bunga ini juga kadang merebakkan aroma harum yang maskulin.
.Sesuai degan namanya,. Bunga bangkai mengeluarkan aroma yang menyengat. Yaitu, berbau seperti bangkai.

.Sesuai degan namanya,. Bunga bangkai mengeluarkan aroma yang menyengat. Yaitu, berbau seperti bangkai.

  • Pada fase vegetatifnya, daun yang dihasilkan bisa mencapai 3 sampai 4 meter. Dan pada masa generatifnya, bunga yang dihasilkan mencapai ketinggian 2 meter lebih. Namun ada yang mencapai ketinggian 6 meter pada masa vegetatifnya (hasil penelitian Yuzammi, seorang peniliti LIPI).
Amorphpophallus gigas merupakan bunga bangkai tertinggi.

Amorphpophallus gigas merupakan bunga bangkai tertinggi.

  • Bunga bangkai gigas (Amorphpophallus gigas) di Sumatra, merupakan bunga bangkai tertinggi, yaitu tinggi bunga mencapai 5 meter. Sedangkan bunga bangkai titan (Amorphpophallus titanium) merupakan bunga bangkai yang lebih pendek namun diameternya lebih lebar

 

Amorphpophallus titanium merupakan bunga bagkai dengan diameter terlebar.

Amorphpophallus titanium merupakan bunga bagkai dengan diameter terlebar diantara genus lainnya.

  • Umbi bunga Amorphpophallus titanuim pernah ditemukan berbobot 100kg dengan diameter seperti roda mobil L300. Dan 8 orang mengaku kewalahan saat mengangkat bunga bangkai tersebut.
  • Suhu dalam seludangnya yang belum terbuka mencapai 50-60 derajat celcius pada saat bunganya menjelang mekar. Membuatnya terlihat menegluarkan asap ditengah-tengah dinginnya daerah pegunungan.
  • Dari sekitar 170 jenis bunga bangkai yang tersebar di seluruh dunia, hanya ada 25 jenis saja yang bisa ditemukan di Indonesia.

Itulah beberapa keunikan yang dikemas menjadi fakta-fakta bunga bangkai (Amorphpophallus) yang menarik. Semoga bisa menambah wawasan bagi Anda mengenai salah satu flora yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Produk terbaru

Rp 25.000
Rp 59.000
Rp 180.000
Rp 150.000
Rp 20.000
Rp 62.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892