Arti Dan Filosofi Bunga Matahari

Apa yang disimbolkan dari bunga matahari si kuning cerah menawan? Simak arti, makna, serta filosofi sunflower di artikel ini.
Apa yang disimbolkan dari bunga matahari si kuning cerah menawan? Simak arti, makna, serta filosofi sunflower di artikel ini.

Pernah melihat bunga matahari atau sunflower? Tentu banyak diantara kita pernah melihat bunga cantik berdiameter besar dengan warna kuning ini. Hampir sebagian orang menyukai bunga ini, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga mereka yang berusia lanjut baik laki-laki maupun perempuan.

Mungkin mereka menyukai bentuknya, warnanya, atau wanginya. Namun yang pasti setiap bunga memiliki caranya masing-masing untuk menarik perhatian para peminatnya. Meskipun banyak yang pernah melihat secara langsung, namun ada juga yang belum pernah melihat bunga ini karena memang keberadaan bunga matahari tidak sebanyak bunga melati atau mawar.

Mengenal Bunga Matahari

Helianthus annus L atau biasa kita kenal dengan bunga matahari, merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan Asteraceae (kenikir). Tanaman ini mempunyai bunga majemuk yang tersusun atas bunga-bunga kecil. Bunga berbentuk lingkaran ini mempunyai perilaku khas yaitu selalu mengikuti arah matahari. Bunga berwarna kuning ini menjadi bunga resmi salah satu negara bagian Amerika Serikat yaitu Kansas.

Dimana Bunga Matahari Dapat Tumbuh?

Tumbuhan yang cocok ditanam saat musim semi ini (kalau di Indonesia semua musim) termasuk yang mudah ditanam, terutama jika dari biji (silahkan lihat disini kategori produk benih bunga matahari). Bunga ini juga dapat tumbuh dimana saja, baik dataran tinggi maupun rendah. Syarat utamanya adalah terkena sinar matahari yang cukup. Bunga semusim ini dapat tumbuh tegak dengan ketinggian 1 hingga 3 meter. Sedangkan daunnya merupakan daun tunggal yang berbentuk menyerupai hati. Umur bunga ini sangat pendek yakni kurang dari 1 tahun.

Manfaat Bunga Matahari

Berdasarkan manfaatnya, bunga matahari digolongkan kedalam 4 kelompok. Berikut penjelasannya.

1. Kelompok penghasil minyak

Bunga matahari khusus dibudidayakan untuk dimanfaatkan minyak dari biji bunganya. Bunga matahari jenis ini mempunyai biji bercangkang tipis. Namun kandungan minyaknya cukup tinggi hingga 52 persen. Jadi sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai penghasil minyak.

2. Kelompok pakan dan pupuk 

Bunga matahari jenis ini hanya diambil daunnya untuk digunakan sebagai pupuk atau pakan. Hal ini karena bunganya mempunyai ukuran kecil.

3. Kelompok tanaman hias

Bunga matahari masuk dalam tanaman hias karena mempunyai mahkota berwarna menarik dan bentuknya cukup besar. Karena dimanfaatkan sebagai tenaman hias tentu bunga ini mempunyai variasi warna bunga dan hampir setiap cabang ada bunganya.

4. Kelompok kuaci

Tanaman bunga matahari yang masuk kelompok ini dibudidayakan untuk diambil bijinya saja. Biji itulah yang kemudian akan diolah sebagai makanan ringan sejenis kuaci.

Filosofi Bunga Matahari

Dinamakan bunga matahari karena bunga ini bergerak mengikuti arah matahari, juga bentuk bunganya yang sudah mekar menyerupai sang mentari yang sedang bersinar. Coba Anda perhatikan, pada pagi hari bunga matahari akan menghadap ke arah timur tempat matahari terbit. Kemudian bunga terus mengikuti pergerakan matahari hingga ke arah barat yang merupakan arah matahari terbenam. Sifat inilah yang sering diartikan sebagai kesetiaan. Bunga matahari juga merupakan simbol atau mamiliki arti kepatuhan yang tidak pernah menunjukkan pembangkangan atau protes.

Bunga ini juga menjadi simbol kebahagiaan, kegembiraan, dan keceriaan. Arti ini mungkin diambil dari kelopak bunga yang berwarna kuning cerah. Bunga matahari tidak mungkin digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta, karena bunga ini tidak melambangkan kesan romantis seperti bunga mawar. Bunga ini lebih cocok mewakili hubungan persahabatan. Bunga matahari tampak begitu kuat dan tidak mudah rapuh yang melambangkan sifat tegar.

Dalam dunia medis, bunga matahari dapat dijadikan obat alternatif berbagai penyakit. Batang bunga membawa sifat antiperik yang dapat menangkal flu. Sedangkan bunganya bersifat diuretik yang dapat mengatasi infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Biji bunga matahari pun tak kalah bermanfaat. Biji yang sering dijadikan kuaci ini berperan sebagai obat penenang dan migrain. Hal ini karena dalam biji bunga matahari terkandung zat aktis. Selain zat-zat tersebut, bunga matahari masih mempunyai kandungan asam lemak mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, dan lainnya. Tak ketinggalan bunga ini juga mengandung vitamin B1 yang berfungsi untuk mengatasi kelelahan dan mencegah masalah sistem syaraf.

Demikian sedikit ulasan mengenai arti dan filososfi bunga matahari. Selain mempunyai makna yang indah, bunga ini tak kalah bagus dengan bunga lain. Bunga matahari dapat Anda tanam dengan rapi di halaman rumah, sehingga taman Anda lebih cantik dan ceria. Apakah Anda pernah mencoba menanam bunga matahari? Jika belum, silahkan klik disini untuk membeli benih bunga matahari yang kami jual, kemudian  Anda bisa mencoba untuk menanamnya 🙂