Arti dan Makna Bunga Morning Glory

Apa arti dan makna dari bunga morning glory? Ada banyak argumen, terutama yang melibatkan tentang cinta dan keabadian.
Apa arti dan makna dari bunga morning glory? Ada banyak argumen, terutama yang melibatkan tentang cinta dan keabadian.

Mendengar namanya saja mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui bahwa “Morning Glory” merupakan nama sebuah bunga. Morning Glory termasuk dalam famili Convolvulaceae yang memiliki variasi warna dan pola lebih dari 1000 jenis di seluruh dunia.

Pemilik nama latin Ipomoea sp ini memiliki beberapa jenis, yaitu Mexican Morning Glory atau Common Morning Glory (Ipomoea purpurea dan Ipomoea tricolor), Moonflower (Ipomoea Alba), dan Japanese Morning Glory (Ipomoea nil).

Jika kita lihat secara sekilas memang bunga Morning Glory memiliki bentuk dan motif yang mirip dengan bunga yang tumbuh pada tanaman kangkung. Hal ini dikarenakan tanaman kangkung (Ipomoea aquatica) masih termasuk dalam keluarga Morning Glory. Anda bisa melihat aneka jenis benih morning glory yang kami jual disini.

Proses Kemunculan Bunga Morning Glory

Sejak pertama kali kemunculannya di China dan mulai diperkenalkan di Jepang pada abad ke-9, bunga ini menjadi populer karena parasnya yang menawan dan begitu karismatik. Selain berfungsi sebagai tanaman hias, Morning Glory biasa digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional bagi bangsa China.

Dari uraian tersebut dapat dilihat bahwa bunga Morning Glory termasuk tipe tanaman yang memiliki manfaat ganda. Bermanfaat untuk memanjakan mata dengan keindahan bentuknya dan sebagai bahan pengobatan tradisional yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Tidak hanya bermodalkan paras yang menawan dan karismatik saja, ternyata bunga ini menyimpan banyak khasiat yang terkandung didalamnya.

Makna dan Arti Bunga Morning Glory

Jika kita telisik berdasarkan nama, bentuk, warna dan kemunculannya sebenarnya terdapat makna yang tersirat pada bunga karismatik ini. Morning Glory, Morning berarti pagi dan Glory dapat dimaknai sebuah kemuliaan atau keagungan. Morning Glory mengandung makna pagi yang mulia sebagai anugerah atas keagungan Tuhan pemilik semesta alam. Ada pula yang memaknai Morning Glory sebagai janji yang akan dipegang teguh.

Perlu kita ketahui bahwa bunga ini hanya akan mekar pada saat pagi hari mulai pukul 05.00 dan akan mekar dengan sempurna pada pukul 07.00. Bunga ini termasuk dalam kategori tumbuhan annual, artinya jenis tumbuhan yang berumur pendek, umurnya 1 tahun saja kurang lebih. Bunga ini memancarkan pesona tidak terlalu lama dan setelah beberapa menit kemudian bunga ini akan layu bahkan mati. Ia akan mekar silih berganti dengan bakal bunga yang baru setiap harinya.

Morning Glory adalah pagi yang mulia. Begitu peribahasanya. Pasalnya kata ‘pagi’ menyimpan segudang makna yang mengagungkan dalam hal kehidupan. Pagi merupakan awal dari kehidupan kita di bumi. Awal munculnya pancaran sinar sang surya pertanda adanya kehidupan di bumi. Pagi adalah awal yang menyegarkan dan mendamaikan hati dan awal kita memulai segala aktivitas kehidupan.

Begitu besarnya makna dan harapan yang terkandung dalam setiap pesona bunga Morning Glory yang bermekaran di pagi hari. Begitu agungnya Tuhan pemilik semesa alam memberikan makna secara tersirat di dunia ini.

Bermacam-macam motif dan gradasi warna yang melekat dalam setiap bagian bunga Morning Glory ini menunjukkan beragamnya kemuliaan yang ada.

Jika kita pernah mendengar sebuah Hadist dalam Al-Quran yang tidak kalah pentingnya:

Mengapa kamu khawatir tentang pakaianmu? Lihatlah bunga-bunga di ladang. Lihatlah bagaimana bunga-bunga itu tumbuh, padahal tidak bekerja atau membuat pakaiannya sendiri. Allah memberikan pakaian secantik itu bagi rumput liar, padahal rumput itu hanya hidup hari ini saja. Ketahuilah bahwa Allah akan memberikan pakaian kepadamu lebih indah daripada itu.

Dalam uraian tersebut kita mengetahui bagaimana bunga Morning Glory memberikan pelajaran kehidupan yang sebenarnya bagi kita semua. Bagaimana Morning Glory mendiskripsikan awal dari setiap kemuliaan di bumi ini sebagai anugerah keagungan Tuhan pencipta semesta alam. Bagaimana menurut Anda, apa arti morning glory bagi Anda?

Kami menyediakan aneka bibit tanaman bunga morning glory, jika tertarik silahkan cek disini.