Cara Menanam Bunga Nemophila (Baby Blue Eyes)

Nemophila termasuk tumbuhan semak dan berbunga dalam jumlah banyak sehingga sangat cocok dibudidayakan sebagai tanaman pembatas dan penutup tanah.

Tanaman hias bunga nemophila atau lebih umum dikenal sebagai baby blue eyes adalah tanaman yang populer karena kecantikan bunganya. Tinggi tanaman hanya mencapai 15 hingga 30 cm saja. Bunganya terdiri dari lima tepal berbentuk cangkir, warna bunga terdiri dari biru, ungu, putih dan biasanya terdapat garis-garis dan bintik-bintik seperti pembuluh darah pada permukaan daunnya.

Nemophila pertama kali ditemukan di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Meskipun berasal dari luar negeri, tanaman ini bisa tumbuh baik di Indonesia. Tanaman ini dapat ditemukan tumbuh alami di sela-sela bebatuan, padang rumput, tepi jalan dan di hutan. Selain tumbuh di area luas, nemophila juga bisa ditanam dalam pot atau sebagai tanaman gantung.

Nemophila adalah salah satu tanaman hias bunga yang sangat mudah tumbuh dari bijinya.

Cara Menanam Bunga Nemophila

Semua spesies nemophila hampir sama cara menanamnya. Berikut akan kami jelaskan langkah-langkah menanam bunga cantik yang satu ini:

  1. Siapkan benih bunga nemophila. Anda bisa memperoleh benihnya pada biji yang dihasilkan oleh tanaman yang sudah tumbuh atau jika belum pernah menanam nemophila sebelumnya, Anda bisa mendapatkannya di toko perlengkapan benih tanaman.
  2. Siapkan lokasi tanamnya. Nemophila akan tumbuh baik pada cahaya matahari penuh atau teduh sebagian dan beberapa spesies nemophila tidak berhasil tumbuh pada kondisi tanah yang lembab. Namun, tanah yang lembab bisa diatasi dengan memberikan campuran sekam dan sabuk kelapa (cocopeat).
  3. Siapkan media tanam. Nemophila toleran terhadap tanah berpasir namun seperti kebanyakan tanaman, ia dengan senang hati tumbuh pada tanah yang sehat dengan campuran beberapa pupuk kompos.
    Benih mulai berkecambah dalam 7-21 hari sejak semai.
  4. Benih bisa langsung ditabur pada tray semai di atas permukaan media tanam, tutupi kembali menggunakan tanah. Atau jika Anda ingin menanamnya sebagai bunga gantung bisa langsung ditabur dalam pot yang berisi media tanam.
  5. Siramlah tanaman dengan lembut, jika perlu menggunakan sprayer pada awal tanam supaya biji tidak ikut hanyut.
  6. Jika sudah tumbuh beberapa helai daun, pindahkan pada taman atau dalam pot yang lebih besar.
    Ilustrasi memindahkan tanaman nemophila di area terbuka.
  7. Pemupukan jarang dilakukan, namun menambahkan pupuk organik sesekali pada tanaman yang mulai tumbuh akan membuat tanaman tumbuh sehat.
Ilustrasi tanaman hias bunga nemophila jenis ‘penny black’ dalam pot.

Itulah cara dan langkah menanam bunga nemophila, semoga infromasi ini membantu Anda yang ingin memulai bercocok tanam. Happy gardening 🙂

Lihat di sini berbagai jenis bunga nemophila kami.