Cara Menanam dan Memelihara Bunga Verbena dari Biji

Aneka warna bunga verbena diilustrasikan dalam gambar editan di atas. Verbena memiliki setidaknya sekitar 250 species yang tersebar di dunia.
Aneka warna bunga verbena diilustrasikan dalam gambar editan di atas. Verbena memiliki setidaknya sekitar 250 species yang tersebar di dunia.

Bunga verbena (Verbena sp) mungkin jarang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sebenarnya verbena atau vervain adalah genus dari keluarga Verbenaceae. Terdapat sekitar 250 spesies verbena di dunia. Verbena adalah tanaman semi-kayu yang berbunga. Ia banyak tumbuh di dataran Amerika dan Asia.

Dalam banyak spesies, daun-daun bunga verbena memiliki bulu-bulu. Bunganya kecil berwarna biru, putih, pink, atau bahkan ungu. Verbena sangat disukai kupu-kupu dan burung pemakan nektar.

Verbena sangat menyukai sinar matahari. Ia membutuhkan lebih dari delapan jam pasokan sinar matahari setiap harinya.

Verbena atau vervain memiliki kebutuhan sinar matahari yang sangat tinggi, minimal 8 jam per hari. Jika ditempatkan setengah naungan atau di bawah 8 jam sehari, bisa saja, namun bunganya tidak akan sebanyak perawatan full sun.
Verbena atau vervain memiliki kebutuhan sinar matahari yang sangat tinggi, minimal 8 jam per hari. Jika ditempatkan setengah naungan atau di bawah 8 jam sehari, bisa saja, namun bunganya tidak akan sebanyak perawatan full sun.

Cara menanam verbena dari biji:

gambar-biji-verbena

  1. Siapkan pot berukuran 15 cm dan benih verbena.
  2. Isi pot dengan campuran tanah dan pupuk kandang (1:1) atau bisa juga menggunakan sekam bakar.
  3. Lubangi media tanam sedalam satu ruas jari.
  4. Masukkan dua biji verbena ke dalamnya. Tutup kembali menggunakan media tanam.
  5. Jangan memadatkan media tanam.
  6. Siram menggunakan sprayer (penyemprot air) setiap pagi dan petang.
  7. Simpan di tempat yang terkena sinar matahari selama lebih dari delapan jam.
  8. Jaga kelembapan media tanam. Jangan sampai media tanam kering atau terlalu basah.
  9. Waktu berkecambah verbena agak lama, sekitar tiga sampai empat minggu.
  10. Walau verbena suka cahaya matahari, jangan letakkan pot berisi biji verbena atau verbena yang masih muda di bawah sinar matahari langsung agar kelembapannya terjaga.
  11. Lakukan pemupukan secara berkala menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik.

Catatan:

Jika Anda lebih menyukai untuk melakukan penyemaian di luar pot, Anda bisa menyemai biji verbena di nampan penyemaian (seedling tray) menggunakan media tanam dan perawatan yang sama. Setelah tumbuh sekitar empat daun, Anda bisa memelihara verbena dengan baik dengan memindahkannya ke dalam pot yang lebih besar.

Cara merawat bunga verbena

  1. Berikan pupuk kandang secara berkala, sekitar sebulan sekali.
  2. Pastikan tanah atau media tanam tidak mengeras. Jika mengeras, segera ganti dengan media tanam yang sama.
  3. Jangan biarkan media tanam verbena tergenang air. Verbena menyukai media tanam yang lembap namun tidak basah. Verbena lebih bisa hidup di tanah yang kering dibandingkan di tanah basah.
  4. Jangan takut untuk memangkas bunga verbena. Pangkaslah bagian atas bunga verbena setiap dua sampai tiga minggu sekali. Terutama pada bagian bunga verbena yang pertama berbunga. Hati-hatilah saat memotong bunga verbena, jangan sampai memotong batang utamanya.
  5. Verbena bisa dikembangbiakkan melalui stek batang. Tancapkan batang verbena ke tanah. Siramlah secara teratur. Hindarkan dari sinar matahari langsung.

Ya, itulah cara menanam dan merawat bunga verbena dengan baik dan benar. Bersabarlah pada tahap awal penanaman. Sebab, sekali bunga verbena tumbuh, ia akan menjadi bunga yang indah dan mudah dibudidayakan.

Selain bunga verbena, kami juga telah menyediakan aneka bibit tanaman bunga lainnya silahkan klik disini.