Cara Menanam dan Merawat Bunga Angelonia

Angelonia sering salah dikira oleh sebagian orang sebagai bunga lavender karena aromanya yang khas dan juga terlihat mirip dari kejauhan.

Tanaman angelonia adalah salah satu tanaman hias bunga populer yang biasa ditanam dalam pot maupun di pekarangan rumah. Angelonia tumbuh dan mekar dengan mudah tanpa memerlukan perlakuan khusus dalam perawatannya.

Sangat mudah ditebak kenapa angelonia disebut juga bunga “summer snapdragon” karena bunganya menyerupai mulut naga yang jika ditekan akan membuka dan menutup. Nuansa bunganya juga berwarna ungupink, putih bahkan ada bicolor yang berkerumunan pada batangnya membuatnya sekilas nampak seperti tanaman bunga snapdragon.

Tanaman angelonia juga memiliki warna lain seperti pink yang tidak kalah menarik dengan tanaman hias bunga lainnya.

Angelonia memiliki daun berwarna hijau memanjang dan bergiri pada tepinya, daunnya juga menebarkan aroma khas mirip apel. Agelonia bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 65 cm, bahkan bisa lebih tinggi jika dalam kondisi cuaca panas. Tanaman hias ini cukup toleran terhadap kekeringan dan hama. Batangnya menghasilkan bunga sepanjang 60 cm dan sangat eye-cathing. Tidak salah jika angelonia masuk dalam daftar bunga cantik versi majalah “Better Homes and Gardens”.

Tanaman hias bunga angelonia (Angelonia angustifolia) merupakan tanaman asli Meksiko hingga Hindia Barat. Setidaknya terdapat 30 kultivar dan beberapa diantaranya telah dikembangkan dan dipatenkan sejak tahun 2006.

Cara Menanam Angelonia dari Biji

Meskipun kebanyakan angelonia tumbuh baik melalui stek, namun angelonia juga dapat ditanam melalui bijinya. Berikut langkah-langkah menanam bunga angelonia dari biji:

  1. Bijinya yang kecil dapat diambil dari polongnya yang telah kering. Biji tersebut dikeringkan terlebih dahulu dan disemai dalam ruangan selama enam hingga 12 minggu.
  2. Siapkan pot dan media tanam. Sebelum disemai, campurlah media tanam dengan pupuk kompos atau bahan organik lainnya.
  3. Simpanlah dalam tempat yang teduh selama proses perkecambahan, yaitu sekitar 7-14 hari sejak tanam.
    Ilustrasi tanaman angelonia yang sudah tumbuh daun dan siap dipindahkan pada pot yang lebih besar.
    Tahap memindahkan bibit angelonia pada potnya masing-masing.
  4. Pindahkan secara bertahap ke tempat yang terkena sinar matahari teduh di luar ruangan.
  5. Angelonia membutuhkan waktu sekitar 14 minggu sejak benih disemai hingga muncul bunga pertama.

Menanam Angelonia dengan Stek

Ilustrasi menanam bunga angelonia dengan cara stek batang.

Angelonia mudah dan cepat tumbuh jika diperbanyak melalui stek batang. Tanamlah batang angelonia yang telah distek pada tanah yang memiliki media tanam berdrainase baik. Jika kondisi tanah dan lingkungan mendukung maka angelonia dapat menghasilkan akar dalam waktu 2 minggu.

Potonglah batang pada bagian pucuk daun, ada baiknya ujung batang dicelup terlebih dahulu pada zat perangsang akar.

Menanam Angelonia dengan Pemisahan Rumpun

Gali tanaman angelonia bersama dengan akarnya. Pisahkan tanaman berdasarkan rumpun akar. Tanamlah akarnya dalam pot yang terpisah. Tempatkan tanaman di tempat yang teduh. Siramlah tanaman pada saat awal penanaman. Jika sudah tumbuh maka Angelonia tidak membutuhkan penyiraman secara intens.

Perawatan Bunga Angelonia

Letakkan angelonia pada area yang terkena sinar matahari penuh setidaknya 8 jam per hari.
  • Angelonia tumbuh baik dengan paparan sinar matahari penuh sepanjang hari tapi juga toleran terhadap lokasi yang teduh sebagian. Meski demikian, Anda pelu menyiramnya sesekali jika tanah sudah benar-benar mengering.
  • Beri beberapa jarak antar tanaman agar terdapat ruang yang cukup bagi tempat tumbuhnya, terlebih jika ditanam langsung di lahan luas. Idelanya adalah 25-30 cm antar tanaman. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik.
  • Untuk meningkatkan kesuburan tanah, cukup tambahkan pupuk setiap dua bulan sekali dengan pupuk kompos atau pupuk cair. Kebanyakan pupuk dapat memicu pertumbuhan daun dibandingkan dengan produksi bunga.
  • Pangkaslah tanaman agar angelonia menghasilkan daun yang lebih padat pada perumbuhan berikutnya. Angelonia akan berbunga kembali hanya dalam waktu 2-3 minggu.

Itulah cara merawat dan menanam bunga angelonia baik dari biji, stek maupun pemisahan rumpun. Jika berminat, kami juga menyediakan bibit tanaman angelonia yang sudah tumbuh di sini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan selamat berkebun 🙂