GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Menanam dan Merawat Bunga Forget Me Not

Thursday, April 20th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Bunga forget me not tidak hanya sekedar cantik tapi ia juga digemari banyak pecinta bunga karena tahan banting dan tidak memerlukan banyak perawatan.

Tanaman forget me not (Myosotis sylvatica) adalah salah satu tanaman hias populer karena kemampuannya yang mudah tumbuh dan tahan banting. Daunnya akan tampak selalu hijau dan bunganya yang tumbuh berkelompok akan terus mekar dalam waktu yang cukup lama. Tanaman ini akan tumbuh baik jika terkena sinar matahari penuh dengan drainase yang baik. Bunganya mekar dengan warna-warna lembut seperti biru, pink dan putih.

Nama genus Myosotis berasal dari bahasa Yunani yaitu “mouse’s ear” yang berarti “telinga tikus” merujuk pada bentuk daunnya yang kecil. Bunga-bunganya yang berwarna lembut dan mungil ini begitu sangat dihargai di luar negeri, mungkin karena bunga forget me not mengingatkan suasana taman di masa lalu.

Baca lebih lanjut mengenai Arti Dan Legenda Bunga Forget Me Not

Cara Menanam Bunga Forget Me Not

Ilustrasi biji tanaman bunga forget me not.

Seperti kebanyakan tanaman bunga lainnya yang diperbanyak dari biji, forget me not pun memiliki tahap-tahap yang pada umumnya hampir sama. Namun, ada baiknya Anda simak langkah-langkah menanam bunga forget me not berikut ini:

  1. Bunga forget me not sangat mudah tumbuh dari biji. Anda bisa memperoleh beberapa jenis benih bunga forget me not di sini.
  2. Sebelum menanamnya, tambahkan bahan organik seperti pupuk kompos atau pupuk kandang ke dalam media tanam.
  3. Semai benih pada sebuah wadah atau tray semai. Taburkan beberapa biji di atas media tanam lalu tutup kembali dengan tanah secara lembut dan tipis-tipis.
  4. Tanaman ini memerlukan waktu 8-14 hari hingga akhirnya berkecambah.

    Biarkan benih forget me not tumbuh membentuk beberapa helai daun hingga akhirnya bisa dipindahkan pada pot atau area taman.

  5. Pindahkan tanaman dengan hati. Usahakan tidak melukai akarnya.
  6. Ada baiknya media tanam ditambahkan dengan sekam bakar atau serbuk sabuk kelapa agar kelembaban tetap terjaga.

Cara Merawat Bunga Forget Me Not

Salah satu tips merawat bunga forget me not agar cepat berbunga adalah simpanlah pada lokasi yang terkena sinar matahari penuh.

Forget me not juga tahan terhadap serangan hama, ia bahkan bisa tumbuh pada kondisi tanah yang kurang subur. Meski demikian, Anda tetap perlu memperhatikan cara merawat bunga ini agar mekar dengan lebat.

  1. Pilihlah lokasi tempat menanam yang menerima paparan sinar matahari penuh atau teduh sebagian.
  2. Bunga forget me not tidaklah memerlukan penyiraman yang intensif. Anda cukup menyiramnya sekali sehari. Siramlah hingga air menetes pada lubang pot, namun jangan biarkan tanaman tergenang air karena akan menyebabkan akar membusuk. Kurangi penyiraman saat musim hujan.
  3. Buanglah bunga atau tangkai yang sudah tua, gunakan gunting atau bisa juga dipatahkan langsung dengan tangan. Buanglah bunga yang telah lepas dari tangkai. Hal ini dilakukan untuk mendorong pembentukan bunga baru lebih cepat.
  4. Pemupukan forget me not tidaklah diperlukan. Namun, jika Anda menginginkan tanaman yang subur dan mekar indah, silakan memberikan pupuk sekali sebulan, itupun hanya jika daunnya telah layu dan menguning atau tanaman tumbuh dengan sangat lambat.

Itulah cara menanam dan merawat bunga forget me not. Semoga infomasi ini bermanfaat dan selamat berkebun 🙂

Produk terbaru

Rp 20.000
Rp 20.000
Rp 55.000
Rp 5.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892