GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Menanam dan Merawat Bunga Nusa Indah (Mussaenda)

Tuesday, April 25th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Tanaman nusa indah atau dikenal pula dengan nama mussaenda merupakan tanaman hias yang banyak dijumpai di halaman rumah atau pinggir jalan.

Mussaenda adalah genus tumbuhan berbunga yang termasuk dalam famili Rubiaceae dan terdiri atas 194 spesies. Tanaman ini aslinya berasal dari Afrika dan Asia. Beberapa spesies dari tanaman ini populer dibudidayakan sebagai tanaman hias.

Anda bisa menyaksikan bunga ini nampak indah bahkan dari kejauhan. Bunga nusa indah yang paling banyak dijumpai adalah yang berwarna merah jambu, namun adapula warna lain seperti putih, merah dan hijau pupus. Bunganya begitu padat dan mencolok hingga menutupi daunnya. Kepala bunga nusa indah yang tumbuh bergerombol bahkan bisa mematahkan batang bunganya jika diikuti dengan hujan lebat. Bentuk dan tulang-tulang pada kelopak bunganya terlihat sangat jelas dan hampir menyerupai daunnya, yang membedakan hanyalah warnanya.

Nusa indah menghasilkan bunga yang padat dan tumbuh bergerombol.

Mussaenda umumnya tumbuh dengan ketinggian 1-2.5 meter. Hasil persilangan nusa indah Mussaenda ‘Dona Hilaria x Dona Aurora’ pada pertengahan 1940-an mungkin yang paling populer di tanam saat ini.

Baca juga: Cara Menanam Dan Merawat Bunga Nona Makan Sirih

Cara Menanam Bunga Nusa Indah

Perbanyakan bunga nusa indah bisa dilakukan dengan cara stek karena lebih mudah dan cepat tumbuh jika dibandingkan dengan menanam dari biji. Berikut panduan menanam bunga nusa indah:

  1. Siapkan pot atau polybag dan media tanam yang telah dicampur dengan pupuk kandang.
  2. Pilih batang yang sehat, keras dan memiliki diameter yang cukup besar, potong sepanjang 30 cm secara miring.

    Tehnik memotong batang nusa indah dengan cara miring sepanjang 30 cm.

  3. Tanamlah pada media tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

    Ilustrasi bibit tanaman nusa indah.

  4. Pastikan batang tanaman tertancap dengan baik. Siramlah dengan lembut, namun jangan sampai tergenang air karena kelebihan air dapat menyebabkan batang membusuk.

    Bibit yang telah tumbuh akar sudah bisa dipindahkan.

  5. Jika telah tumbuh akar, maka bibit bunga nusa indah sudah bisa dipindahkan di pot yang lebih besar atau area taman yang lebih luas.

Cara Merawat Bunga Nusa Indah

Ilustrasi bunga nusa indah putih dalam pot.

Tanaman nusa indah umumnya bebas hama terutama jika kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Berikut cara merawat bunga nusa indah:

  • Tanaman ini akan tumbuh sehat jika terkena sinar matahari pagi dan sore. Tentukan lokasi penanaman bunga nusa indah, yakni tempat dengan paparan sinar matahari langsung setidaknya enam jam per hari.
  • Siram dua kali sehari yakni saat pagi dan sore hari.
  • Tambahkan bahan organik seperti pupuk kompos atau daun-daun kering untuk memperbaiki struktur dan kadar nutrisi dalam tanah.

Itulah informasi mengenai cara menanam bunga nusa indah. Jika berminat, kami juga menyediakan tanaman nusa indah yang sudah tumbuh. Semoga informasi ini bermanfaat. Happy gardening 🙂

Produk terbaru

Rp 115.000
Rp 495.000
Rp 20.000
Rp 20.000
Rp 20.000

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892