Cara Menanam Jagung Manis yang Mudah Diikuti

Cara menanam jagung manis dapat di lakukan dengan sangat mudah. Bahkan bagi pemula pun juga dapat mempraktikkannya secara langsung karena dalam menanam jagung manis tidak membutuhkan skill khusus. Sebelumnya telah dibahas tentang cara budidaya jagung manis yang baik dan benar. Ada baiknya jika kita juga mempelajarinya lebih detail lagi. Untuk itu, ayo baca terus artikel ini sampai tuntas.

Jagung-manis

Jagung adalah salah satu jenis bahan pangan yang sudah popular lebih dulu sebelum padi. Berbagai macam olahan jagung manis mampu menjadi sumber karbohidrat bagi tubuh dan bahkan dikonsumsi dengan cara yang sederhana seperti jagung manis rebus dan jagung manis bakar. Bahan pangan ini dapat dijumpai dengan mudah dan dimana saja serta memiliki harga jual yang sangat terjangkau sehingga siapa membuat penikmatnya semakin bertambah.

Tidak hanya karena itu saja, jagung ini rupanya juga memiliki banyak khasiat yang sangat luar biasa bagi tubuh sehingga tidak rugi jika anda mengonsumsinya. Oleh karena itu juga banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara menanam jagung manis. Beberapa orang yang beranggapan bahwa membudidayakan jagung ini sangat sulit. Padahal cara menanam jagung manis ini dapat dilakukan dengan mudah. Bagi anda yang ingin tahu bagaimana caranya, langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Siklus Tumbuh Tanaman Jagung

Sebelum mengetahui bagaimana proses penanaman jagung ini, anda harus tahu lebih dulu bagaimana kembang tumbuh jagung yang dapat dilihat dari siklus tumbuhnya. Jadi setelah bibit jagung manis ini di tanam maka siklus hidupnya akan berkisar pada usia 60 sampai 150 hari. Pada usia tersebut ukuran tinggi tanaman jagung manis ini sekitar 1 hingga 3 meter dan hal tersebut tergantung dari varietas bibit jagung manis itu sendiri. Pada pertumbuhannya, tanaman ini akan mengalami dua siklus sekaligus, yaitu pada fase pertama ada siklus vegetatif dan di fase kedua ada siklus generatif. Akar dari jagung manis ini masuk ke dalam jenis akar serabut dan bagian batangnya masuk ke dalam jenis beruas yang berdiri tegak.

Langkah Langkah Menanam Jagung

Memilih Bibit Unggul

Jadi tahap pertama yang harus Anda lakukan pada cara menanam jagung manis ini yaitu melakukan pemilihan bibit unggul. Gunakan bibit yang berkualitas tinggi yang tidak terserang oleh penyakit dan tidak memiliki cacat fisik. Bibit unggul juga dapat memberikan hasil panen yang lebih berlimpah. Anda dapat menemukan bibit jagung manis unggul ini pada petani yang telah berhasil membudidayakan jagung manis dan memiliki hasil panen melimpah. Hal ini memang sangat penting sebab apabila Anda melakukan cara menanam jagung manis dengan benar akan jadi mubazir dan percuma ketika bibit jagung manis yang Anda tanam tidak berkualitas.

Mengolah Media Lahan Tanam

Langkah berikutnya yaitu mengolah media lahan tanam. Pertama, Anda dapat melakukan pencangkulan lahan hingga tanah menjadi gembur. Jika sudah maka diamkan lahan gembur tersebut selama 1 minggu. Kemudian pada proses pencangkulan, Anda juga harus memperhatikan lahan dari serangan gulma. Jika ternyata terdapat gulma langsung saja bersihkan lahan tersebut. Jika ternyata kadar asam pada tanah terlalu tinggi atau pH tanah kurang dari 5, maka Anda dapat menambahkan kapur dolomit dengan takaran dosis 1 ton untuk ukuran 2 hektar lahan.

Pupuk kandang adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tanah yang menjadikan media lahan tanam lebih subur pada saat proses penanaman jagung manis ini berjalan, sehingga Anda perlu memberikan pupuk kandang untuk lahan Anda. Biasanya cara menanam di lahan memerlukan bedengan, namun untuk budidaya jagung ini tidak memerlukan bedengan sehingga Anda dapat memanfaatkan drainase yang dapat mengalirkan air hujan dengan jarak 4 meter supaya lahan tidak tergenang. Setelah itu, buatlah lubang untuk tanam tugalan yang ukuran kedalamannya 4 sampai 5 cm dengan menggunakan jarak sekitar 30 x 60 cm pada tiap tiap lubang.

Proses Penanaman Bibit

Langkah berikutnya pada proses tanam jagung manis ini yaitu Anda dapat memulai menanam bibit pada lubang tanam yang telah di buat di awal. Penanaman bibit ini sebaiknya di laksanakan pada awal musim penghujan dengan jumlah bibit 1 butir untuk setiap lubang. Langkah berikutnya yaitu lakukan penyulaman pada tanaman. Ketika benih sudah berusia 1 minggu maka Anda harus mengontrol atau mengamati pertumbuhannya. Apabila ternyata terdapat bibit yang tidak dapat tumbuh dengan sempurna maka Anda dapat menggantinya dengan bibit yang baru agar pertumbuhan tanaman nantinya dapat seragam. Tahapan inilah yang disebut dengan penyulaman tanaman.

Jagung manis yang mulai tumbuh setelah penanaman benih beberapa minggu kemudian.
Jagung manis yang mulai tumbuh setelah penanaman benih beberapa hari kemudian.

Proses Penyiangan Dan Proses Pembubunan

Langkah selanjutnya yaitu melakukan proses penyiangan dan juga pembubunan pada tanaman jagung manis. Bila usia jagung sudah mencapai 2 minggu, maka Anda dapat membersihkan dan mencabut rumput rumput liar yang biasanya akan tumbuh disekitar tanaman jagung Anda. Agar hasil panen dapat berjalan secara maksimal maka Anda dapat membersihkan gulma tanaman dengan cara alami dan tanpa menggunakan pestisida. Jika sudah maka lakukan proses pembubunan agar batang jagung yang semakin tumbuh tinggi tidak mudah roboh. Anda dapat melakukannya dengan cara mengumpulkan seluruh tanah yang ada di sekeliling tanaman ini untuk membentuk gundukan tanah yang berfungsi untuk memperkuat batang tanaman. Proses ini dapat di lakukan apabila tanaman jagung sudah berusia 1 bulan kurang.

Proses Penyiraman

Menyiram-tanaman-jagung

Tahap yang sangat penting pada cara menanam jagung manis ini yaitu dengan melakukan proses penyiraman yang benar dan tepat. Penyiraman harus dilakukan secara rutin pada saat musim kemarau tiba agar kelembaban dari lahan tersebut tetap terjaga dan terhindar dari kekurangan kadar air yang sangat di butuhkan pada proses pertumbuhan.

Pemberian Pupuk Susulan

Pemupukan susulan bisa dilakukan saat tanaman jagung sudah berusia 2 bulan.
Pemupukan susulan bisa dilakukan saat tanaman jagung sudah berusia 2 bulan.

Pemupukan susulan ini juga sangat diperlukan oleh lahan tanaman yang dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang atau juga dengan menggunakan pupuk buatan yang fungsinya untuk menjaga kondisi tanah agar tetap terjaga kesuburannya dan juga supaya tanah tetap kaya akan zat unsur hara. Pemberian pupuk ini dapat dilakukan pada saat usia tanaman jagung menginjak 2 bulan.

Proses Panen

Panen-jagung

Masa panen adalah hal yang di tunggu tunggu oleh petani dan proses panen jagung manis juga sangat bervariasi karena tergantung dari jenis varietas tanaman yang Anda tanam, kemudian suhu cuaca di lingkungan lahan, lalu tingkat ketinggian dari tanah atau lokasi lahan. Jika berada di dataran rendah, maka penanaman jagung manis akan memberikan hasil panen yang lebih cepat dibanding dengan tanaman jagung yang berada di dataran tinggi. Pada saat memasuki musim hujan, hasil panen jagung manis juga akan berjalan lebih lama jika dibandingkan dengan hasil panen di musim kemarau.

Itulah beberapa informasi mengenai cara menanam jagung manis yang dapat dilakukan dengan sangat mudah. Ulasan kali ini memberitahukan Anda bahwa ternyata menanam jagung manis itu sangatlah mudah. Mungkin kendalanya adalah modal media lahan untuk penanaman jagung manis ini yang tentunya tidak hanya membutuhkan dana sedikit. Namun beruntung sekali jika Anda memiliki lahan nganggur atau lahan kosong yang langsung dapat Anda jadikan sebagai media untuk pembudidayaan tanaman jagung manis ini.

Lihat juga yukk aneka benih tanaman jagung yang kami jual disini.