Cara Menanam Si Bunga Laba-laba, Cleome

Cleome tergolong bunga unik dan dikenal pula sebagai bunga laba-laba (spider flower) karena bentuk daunnya yang menyerupai laba-laba.

Menanam cleome (Cleomes spp.) adalah hal yang mudah dan merupakan sebuah petualang bercocok tanam yang menjanjikan. Biasanya Anda hanya perlu menanam cleome sekali saja, sebab tanaman yang sangat menarik ini mudah menghasilkan biji dan bisa tumbuh lagi dan lagi. Jika Anda hendak mengumpulkan bijinya, Anda harus mengambil kantung bijinya sebelum pecah. Dengan begitu Anda bisa menanamnya dan memperbanyaknya di tempat lain.

Cleome bisa diperbanyak melalui bijinya yang banyak terdapat pada kantung bijinya.

Menanam si bunga laba-laba ini tidaklah sulit. Anda tidak perlu menyiapkan tanah khusus. Anda hanya perlu memastikan tempatnya terkena sinar matahari penuh, bisa juga di tempat yang teduh setengahnya. Walau tidak memerlukan tanah yang khusus, Anda harus memastikan bahwa tanah atau media tanamnya memiliki drainase air yang baik.

Cleome akan tumbuh baik jika menerima cahaya matahari penuh atau teduh sebagian.

Jika Anda hendak menanamnya di dalam rumah, pastikan media tanamnya terkena cahaya yang cukup. Tetapi dengan menanamnya begitu saja di dalam pot atau di tanah di luar rumah Anda pun akan mendapatkan hasil yang bagus.

Anda sebaiknya memikirkan tempat permanen untuk menanam bunga cleome ini, sebab beberapa jenis tanaman ini sangat sulit untuk hidup setelah dipindahkan. Biasanya mereka akan layu dan kemudian mati dengan cepat.

Menanam bunga ini dari biji akan menghasilkan batang yang kokoh dan tinggi dan bunga yang wangi. Beberapa jenis cleome yang kerdil biasanya tidak memiliki wangi bahkan bijinya pun tidak dapat tumbuh.

Bunga cleome ini biasanya disebut bunga kaki laba-laba atau bunga laba-laba, sebab batangnya yang tinggi, memiliki banyak ‘kaki’, dan bentuk daunnya yang menyerupai laba-laba. Bunganya besar dan biasanya memiliki dwiwarna pink atau ungu dengan sentuhan warna putih, namun ada juga yang satu warna.

Bunga laba-laba ini tahan terhadap tanah yang kering. Namun, Anda sebaiknya tetap menyiramnya apalagi ketika cuaca sedang terik. Jika Anda memangkas bagian tanamannya yang mulai layu, Anda akan mendapatkan bunganya mekar lebih lama.

Pangkaslah bagian tanaman yang mulai layu secara teratur, Anda akan mendapatkan bunganya mekar lebih lama.

Menanam bunga laba-laba ini di perkebunan sayur sangatlah bermanfaat. Tanaman ini mampu mengundang serangga yang mampu mengusir serangga lain yang dapat menghancurkan tanaman. Sehingga, Anda jangan khawatir untuk menanam bunga ini berdampingan dengan tanaman sayuran Anda.

Sekian pembahasan mengenai tanaman cleome dan cara menanamnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda 🙂

Jika Anda berminat menanam bunga cantik yang satu ini, kami menyediakan benih impor cleome disini.