Cara Merawat Mawar Agar Berbunga Banyak

Tanaman mawar yang berbunga lebat begitu sedap dipandang.
Tanaman mawar yang berbunga lebat begitu sedap dipandang.

Sedih tanaman bunga mawar kesayangan Anda kok gundul? atau berbunga, tapi bunga yang muncul cuma satu sampai tiga saja. Alhasil, tanaman yang begitu Anda andalkan ini menjadi kurang sedap dipandang. Yang semakin membuat Anda bingung adalah Anda sudah memberikan penyiraman beserta pemupukan yang rutin namun keadaan seperti yang sudah disebutkan tadi masih saja melanda tanaman mawar Anda. Jika Anda mendapati mawar Anda berada dalam keadaan tersebut, maka tidak perlu bingung lagi. Coba terapkan beberapa trik di bawah ini tentang cara merawat bunga mawar agar berbunga banyak.

  • Penyiraman

Tanaman bunga mawar harus disiram agar serapan unsur hara dan pertumbuhan akar dapat maksimal. Proses penyiraman dilakukan pada pagi dan sore hari. Kecuali saat musim penghujan, penyiraman dilakukan secara berkala, perhatikan keadaan tanahnya, jika tanahnya masih terlalu lembab atau basah, maka hentikan penyiraman untuk beberapa saat. Tips penyiraman untuk tanaman mawar adalah, gunakan air yang bersih. Anda juga dapat menggunakan air bekas cucian beras. Air cucin beras ini dipercaya mampu merangsang kesuburan tanah agar cepat meningkat.

  • Pemupukan

Pemupukan perlu dilakukan agar kebutuhan unsur hara tanaman mawar Anda dapat terpenuhi. Proses pemupukan dilakukan 2 minggu sekali dengan menggunakan pupuk majemuk seperti NPK mutiara, berikan dosis untuk satu tanaman sebanyak 20 butir pupuk mutiara. Alasan mengapa memilih pupuk mutiara NPK adalah karena pupuk ini mengandung unsur hara yang lengkap, yaitu nitrogen, pospor dan kalium. Pupuk ini dapat meningkatkan kesuburan tanaman, merangsang daun dan pembungaan, serta memberikan ketahanan terhadap penyakit.

  • Penyinaran

Jika Anda menginginkan tanaman mawar Anda berbunga lebat, maka jemurlah tanaman mawar Anda atau letakkan pada tempat yang dapat terkena sinar matahari, terutama sinar matahari di pagi hari. Anda harus tau bahwa asupan sinar matahari adalah satu satu unsur penting yang dibutuhkan tanaman untuk merangsang pembungaan (florasi).

  • Aplikasi ZPT

Untuk tanaman bunga mawar tumbuh lebat berbunga, maka Anda bisa mengaplikasikan ZPT (Zat Perangsang Tumbuh). ZPT mengandung hormon yang kaya kalium dan dapat merangsang pertumbuhan tanaman dan pembentukan bunga. Pemakaian ZPT dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan pupuk gandasil B atau pengganda hasil bunga pada tanaman mawar.

  • Pengendalian Gulma

Gulma yang tumbuh disekitar tanaman mawar harus dibasmi dan dicabut sampai benar-benar hilang. Pengendalian gulma dilakukan sebelum proses pemupukan berlangsung. Agar nutrisi juga unsur hara pada tanah yang telah dipupuk tidak dicuri oleh gulma tersebut.

  • Pemangkasan

Biasanya para pecinta tanaman hias sering lupa dengan hal yang satu ini. Padahal pemangkasan pada ranting-ranting akan merangsang pertumbuhan bunga. Jika tanaman Anda tumbuh subur dengan banyak ranting tanpa lupa memangkasnya, maka ranting-ranting tersebut akan penuh ditumbuhi daun-daun yang mengalahkan pertumbuhan bunganya. Oleh karena itu, ranting yang terlihat menganggu atau sudah tua, harus segera dipangkas.

  • Pengendalian hama dan penyakit

Yang terakhir adalah proses pengendalian hama dan penyakit. Perlu ditekankan bahwa proses ini hanya dapat dilakukan jika Anda mendapati tanaman mawar yang tidak sehat, seperti tanaman layu, bocor-bocor atau bintik-bintik pada daun juga batang, jika tidak terdapat tanda-tanda tersebut, berarti tanaman mawar Anda sehat. Untuk tanaman yang terkena penyakit (tidak sehat), segera berikan semprotan berupa insektisda dan fungisida.

Itulah beberapa trik cara merawat mawar agar berbunga banyak. Jika Anda sudah melakukan semua trik di atas dengan benar, maka tanaman mawar Anda akan menghasilkan bunga-bunga yang menakjubkan. Selamat mencoba 😀

Kami menjual aneka tanaman bunga mawar disini.