Cara Mudah Menanam Pohon Ketapang

Ketapang merupakan tanaman pohon yang mampu tumbuh tinggi sehingga sering dijadikan tanaman perindang dan penyejuk.

Ketapang/katapang memiliki nama latin Terminalia catappa. Pohon ini banyak dipilih untuk ditanam karena rindang. Artikel ini akan membahas bagaimana cara menanam pohon ketapang dengan mudah. Berikut urainnya:

  • Jika Anda memiliki benih (biji) ketapang, Anda bisa menanamnya dari biji. Anda bisa mendapatkan biji ketapang dari buah ketapang yang sudah tua. Belah buahnya lalu ambil bijinya. Jemur di bawah terik sinar matahari selama lima sampai enam jam. Setelah itu Anda harus memindahkannya ke tempat teduh di dalam rumah selama 24 jam sebelum penanaman. Setelah itu, Anda bisa langsung menanam biji ketapang di dalam pot/polibag.
Buah ketapang yang sudah kering diambil bijinya dan dijemur selama 24 jam, sebelum akhirnya ditanam dalam pot/polibag.
  • Rawatlah semaian biji ketapang Anda sampai memiliki tinggi sekitar 30 cm sebelum dipindahkan ke tanah. Asupan air dan sinar matahari yang cukup, sangat diperlukan dalam proses awal tumbuhnya biji ketapang ini.
  • Setelah ketapang Anda memiliki tinggi 30 cm, Anda harus segera menyediakan lubang untuk penanaman secara permanen. Lubang yang dibutuhkan sekitar 40 cm x 40 cm. Kedalamannya pun sekitar 40 cm. Masukkan pupuk kandang ke dalam lubang hingga menutupi setengah bagiannya. Lubang tersebut sebaiknya dibiarkan terbuka selama dua minggu sebelum dilakukan pemindahan tanaman.
Ilustrasi ketapang dalam polibag yang siap dipindahkan pada lubang tanah yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Setelah dua minggu, pindahkanlah semaian ketapang Anda. Sebaiknya Anda menyobek polibag ketapang, daripada menarik batangnya yang masih rapuh. Masukkanlah tanaman beserta tanah semaiannya ke dalam lubang yang telah disediakan. Tutuplah sisa lubang dengan tanah. Tekan-tekanlah dengan lembut, lalu siramlah tanaman ketapang Anda.

Jika tanaman Anda sudah mulai rindang dan rimbun, Anda bisa melakukan pemangkasan agar tanaman ketapang Anda tumbuh rapi dan tidak menghalangi pandangan. Siramlah secara teratur agar tanaman Anda tidak kekeringan, namun jangan juga terlalu basah. Anda perlu ingat bahwa tanaman ketapang adalah pohon yang besar. Maka, Anda sebaiknya tidak menanam pohon ini di dekat bangunan, karena akarnya yang menjalar dan kokoh bisa merusak bangunan di sekitarnya.

Jika tertarik, kami juga mempunyai produk bibit tanaman ketapang, format order dengan cara klik disini.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat bercocok tanam 🙂