Cara Stek Bunga Kertas (Bougenville)

Indahnya tanaman bunga kertas (bougenville) saat ditanam pada pot.
Indahnya tanaman bunga kertas (bougenville) saat ditanam pada pot.

Bunga kertas atau bougenville adalah salah satu tanaman hias yang banyak ditemukan tumbuh di sekitar kita, padahal asal bunga ini adalah negara Brazil. Bunga kertas ini mempunyai gaya hidup yang unik, yaitu tumbuh subur mengeluarkan bunga warna-warninya yang melimpah pada musim kemarau dan akan berguguran saat musim hujan. Di akhir musim hujan akan tumbuh tunas-tunas baru yang siap tumbuh dan fenomena ini akan menjadi pemandangan yang sejuk untuk dipandang. Yang unik, bunga kertas dapat dikreasikan menjadi aneka bunga dan daun yang warna-warni dalam satu pohon bunga. Caranya yaitu memberikan warna bunga dan daun yang berbeda pada sebuah pohon bougenville.

Bunga ini banyak difavoritkan pecinta bunga untuk dijadikan koleksi tanaman hias mereka. Salah satu alasan mengapa bunga ini banyak disukai adalah karena tanaman bunga kertas atau bougenville ini dapat ditanam dengan cara yang sangat mudah. Apalagi cara merawat bunga ini juga tidak begitu ekstrim. Namun hasil yang diberikan adalah pemandangan bunga yang menakjubkan. Selain itu, bunga bougenville bisa dimanfaatkan sebagai hiasan rambut pengantin, pemadian pewangi untuk relaksasi di spa, dan di negara India juga Cina, bunga ini banyak digunakan pada upacara pemakaman.

Cara memperbanyak tanaman bunga kertas atau bougenville dapat dilakukan dengan cara stek batang. Jika berniat mempunyai tanaman bunga kertas sendiri, Anda bisa melakukan cara di bawah ini.

stek-bunga-bougenville

  • Pilih batang tanaman bougenville yang sudah dewasa atau terlihat tua.
  • Potong batang tersebut dengan cara menyerong dan runcing.
  • Siapkan media tanam berupa tanah gembur yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Masukkan campuran tanah tersebut pada pot berukuran sedang.
  • Tancapkan batang bougenville tadi pada media tanam sedalam 10 cm. Agar tidak bergeser, patok dengan bilahan bambu.
  • Letakkan pot pada tempat yang teduh dan kering. Namun usahakan tempatnya tidak begitu lembab juga tidak begitu panas.
  • Biasanya setelah 20 hari batang bougenville tersebut sudah mengeluarkan tunas mudanya.

Nah, setelah tanaman bunga kertas Anda sudah mulai tumbuh, maka tinggal lakukan perawatan saja. Cara merawat bunga bougenville bisa Anda baca disini. Selain itu, cara membuat bougenville cepat berbunga bisa Anda lihat disini.

Demikian ulasan mengenai cara stek bunga kertas (bougenville), semoga bisa bermanfaat bagi para pecinta tanaman hias yang sudah mampir membaca blog kami. Terima kasih.

Disini kami menjual aneka tanaman bunga kertas / bougenville.