GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Ciri-ciri dan Jenis-jenis Pohon Palem

Saturday, October 28th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Di Indonesia pohon palem sangat mudah untuk ditemui. Banyak orang yang menanamnya di pekarangan rumah sebagai peneduh atau penghias halaman. Ada banyak jenis tanaman pohon palem yang biasa ditanam di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis dan ciri-ciri pohon palem yang biasa dijumpai:

1. Palem ekor ikan

Tanaman ini memiliki nama ilmiah Caryota mitis. Palem jenis ini banyak tumbuh di kawasan Asia, seperti di Malaysia, Burma, dan Indonesia. Ketiga negara tersebut menjaga keberadaan palem ekor ikan ini dengan sangat baik. Palem ini dijadikan pilihan untuk ditanam karena bentuk daunnya yang unik, mirip sirip ikan. Pokok pohon palem ekor ikan ini biasanya akan terlihat besar karena tumbuh berselang-seling dengan dahan tangkainya.

2. Palem rotan

Palem rotan (Calamus cliliaris) pertama kali ditemukan di Indonesia. Daunnya berbentuk sirip yang sedikit melengkung. Di bagian sisi-sisinya terdapat bulu halus yang bisa menimbulkan gatal di kulit.

3. Palem bambu

Palem jenis ini (Chamaedorea erumpems) pertama kali ditemukan di kawasan Amerika Selatan. Ciri-ciri palem ini yaitu tumbuh menyerupai semak-semak yang tiap lembaran daunnya melebar. Pohon imi mampu menghasilkan bunga yang cantik berwarna merah putih.

4. Palem ekor ikan serai midi

Palem ekor ikan serai midi pertama kali ditemukan di kawasan Siam Selatan (Thailand), Semenanjung Malaya (Malaka), Sumatera, dan Jawa. Pohon ini dinamakan demikian karena daunnya mirip bentuk ekor ikan serai. Pohon palem ini pun akan mengueluarkan putik bunga yang mengembang.

5. Palem ekor ikan kerdil

Palem jenis ini pertama kali ditemukan di Meksiko dan diberi nama Chamaedora metallica. Tanaman palem jenis ini biasanya tumbuh dan berkembang cukup lama.

6. Palem kuning

Palem kuning pertama kali ditemukan di kawasan Madagaskar, Amerika Serikat. Palem ini bisa mengembang membentuk beberapa cabang. Daunnya panjang dan melengkung. Palem jenis ini biasanya menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk ditanam di pekarangan rumah.

7. Palem Drymophloeus beguinii

Palem ini bisa tumbuh dengan baik di kawasan Indonesia. Tingginya bisa mencapai 5-6 meter. Tanaman ini akan menghasilkan bunga yang kemudian akan menjadi buah. Buah tersebut biasanya dimanfaatka sebagai obat tradisional.

8. Palem merah

Palem merah berasal dari kawasan Kalimantan dan banyak dibudidayakan. Di Indonesia, tidak sedikit petani yang memasarkan bibit palem ini. Palem ini memiliki warna buah merah yang mencolok, sehingga banyak ditanam di pekarangan.

9. Palem palas payung

Pohon palem jenis ini (licuala grandis) berasal dari Papua Nugini dan New Britain. Bentuk dari palem ini adalah kipas bundar yang utuh. Walaupun berbentuk kipas, tetepai tidak mudah sobek oleh tiupan angin.

10. Howea belmoreana australia

Bentuk palem yang berasal dari kawasan Australia ini memiliki bentuk seperti bulu ayam. Keunikan daunnya tersebut menjadikannya salah satu tanaman palem yang banyak digemari.

11. Palem serdang

Palem serdang (livistona rotundifolia) berasal dari kawasan Asia Tenggara, khususnya di Malaysia dan Indonesia. Palem jenis ini memiliki duri di sisi tangkai daunnya.

12. Palem kipas

Palem kipas (livistona chinensis) memiliki daris tengah daun yang seperti kipas sekitar tiga puluh sampai lima puluh sentimeter. Pohonnya bisa tumbuh mencapai sepuluh meter.

13. Palem segitiga hijau

Palem ini (Neodypsis decaryi) berasal dari kawasan Madagaskar. Batangnya tunggal dan bagian bawah batangnya mempunyai pelepah daun yang membentuk segitiga.

14. Palem jepang

Walaupun namanya ‘jepang’, tetapi palem ini berasal dari Australia. Daun sirip palem ini (Ptychosperma macarthurii) memiliki anak-anak daun berpasangan dan bergerigi.  Pelepah daunnya berupa seludang yang tumbuh berumpun.

15. Palem botol

Palem botol berasal dari Amerika Serikat. Bentuk batangnya menyerupai botol sementara daunnya menyerupai pohon kelapa. Daunnya kuat, tidak mudah roboh dan menjadikannya salah satu pohon palem tertua yang pernah dibudidayakan di Indonesia.

Itulah beberapa jenis pohon palem yang biasa dijumpai di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892