Ciri-Ciri dan Manfaat Tanah Gambut

Tanah gambut banyak terdapat pada lahan-lahan basah seperti rawa-rawa, pantai, air payau atau cekungan.

Tanah gambut merupakan jenis tanah yang memiliki kandungan bahan organik tinggi yang terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan yang belum sepenuhnya membusuk karena kondisi lingkungan yang miskin hara dan jenuh air. Lahan gambut memiliki lapisan tanah hasih pelapukan sisa-sisa tumbuhan, lumut, hingga binatang mati yang umurnya sudah jutaan tahun. Tanah gambut banyak terdapat pada lahan-lahan basah seperti rawa-rawa, pantai, air payau atau cekungan.

Secara umum tanah gambut memiliki unsur hara dan tingkat kejenuhan basa (KB) yang rendah sedangkan kadar keasamannya (pH) tinggi. Indonesia memiliki lahan gambut yang tersebar luas di wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Papua yang mencapai ketebalan 1-12 meter.

Ciri-ciri Tanah Gambut

Tanah gambut berwana kecoklatan (gelap) dengan tekstur yang lembek/lunak.

Berikut ciri-ciri tanah gambut:

  1. Gambut memiliki tekstur yang lunak, lembek, basah dan apabila ditekan dengan keras, akan keluar kandungan air yang tedapat di dalamnya
  2. Banyak terdapat pada kondisi basah seperti rawa-rawa
  3. Sifatnya asam
  4. Warnanya cokelat tua atau coklat kemerahan (gelap)

Manfaat Tanah Gambut

Berikut manfaat tanah gambut yang berhasil kami sadur:

1. Lahan pertanian

Pemanfaatan lahan gambut sebagai lahan pertanian seperti sayur-sayuran.

Pembibitan yang dilakukan di tanah gambut memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan tanah biasa, juga menghasilkan bibit yang lebih kokoh dan kuat. Pemanfaatan lahan tanah gambut sebagai lahan pertanian cukup menjanjikan utamanya untuk sayuran, buah-buahan, dan pertanian seperti kopi, kelapa sawit, kelapa, dan karet.

2. Lahan peternakan

Tanah gambut tidak hanya dimanfaatkan sebagai lahan peternakan tetapi berguna juga sebagai lokasi peternakan seperti unggas dan sapi. Hal ini terjadi ampir di beberapa provinsi di Indonesia.

3. Lahan sumber air

Tanah gambut sangat bermanfaat sebagai tanah resapan, sumber air, dan cadangan air. Lahan gambut memiliki kemampuan sebagai tempat menampung aur hujan sehingga daerah yang memiliki lahan gambut akan menjadi sumber air yang bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang.

4. Mengurangi pemanasan global

Keberadaan lahan gambut juga sangat penting dalam mengurangi efek pemanasan global. Lahan gambut mamp menahan gas-gas rumah kaca (seperti metan dan karbon) yang merupakan salah satu penyebab terjadi perubahan iklim dan pemanasan global.

5. Sumber energi

Tanah gambut dapat dijadikan sebagai sumber energi. Bahan dari tanah gambut dapat dibuat menjadi briket yang digunakan sebagai bahan bakar.

Bahan gambut di Indonesia diketahui memiliki mutu tinggi karena kandungan abun yang dimilikinya tergolong rendah dengan nilai kalori yang tinggi. Gambut juga dapat diolah menjadi tenaga listrik di pedesaan yang belum terjangkau PLN.

6. Pupuk

Tanah gambut dapat diolah menjadi pupuk yang sangat diminati dunia internasional.

Itulah informasi mengenai ciri-ciri dan manfaat tanah gambut. Semoga infromasi ini bermanfaat 🙂

Temukan berbagai kebutuhan berkebun Anda di bibitbunga.com. Cek yukkk ada produk apa aja yang kami jual disini.