Fakta, Arti dan Makna Bunga Alyssum (Lobularia Maritima)

Alyssum tergolong tanaman berbunga pendek yang tingginya hanya berkisar 30 cm saja. Batangnya bercabang banyak membentuk klaster bunga yang kecil-kecil dan padat.

Semanis namanya, alyssum (Lobularia maritima) tumbuh dengan cantik tanpa memerlukan perawatan ekstra. Ia bisa tumbuh dengan cepat melalui bijinya. Aromanya yang lembut mampu membuat Anda jatuh cinta pada bunga mungil yang satu ini.

Arti dan Makna Bunga Alyssum

Lobularia maritima atau Alyssum maritimum merupakan spesies tanaman berbunga pendek yang tergolong dalam famili Brassicaceae. Nama genus Lobularia berasal dari bahasa Yunani yang berarti “polong kecil” mengacu pada bentuk buahnya, sedangkan spesies maritima mengacu pada habitat tempat tinggal bunga alyssum yaitu di sekitar pantai.

Di jaman dulu alyssum pernah digunakan untuk mengobati gigitan hewan-hewan rabies. Meski demikian, saat ini belum ada penggunaan medis yang secara khusus menggunakan alyssum dalam pengobatan. Nama alyssum sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti “tanpa kegilaan”. Jika dalam bahasa bunga diartikan sebagai “kecantikan luar yang berharga”.

Alyssum memiliki aroma manis menyerupai aroma pada madu yang bisa membuat orang yang menghirup merasa lebih rileks.

Aromanya yang manis mampu menciptakan energi damai dan keseimbangan antara emosional dan spritual. Sweet Alyssum berhubungan dengan elemen udara dan planet Merkurius. Alyssum dikatakan mampu melindungi sesuatu terhadap mantra. Beberapa orang percaya, menanan alyssum di halaman rumah dapat menangkis mantra-mantra jahat. Tangkai alyssum juga disimpan di kerah atau saku yang memberi perlindungan kepada seseorang dari kemarahan. Tentu saja hal tersebut di atas tergantung dari keyakinan masing-masing individu.

Tanaman hias bunga alyssum yang berwarna kuning.

Baca juga: Filosofi Dan Makna Bunga Baby Breath

Fakta Bunga Alyssum

Berikut fakta-fakta bunga alyssum yang berhasil kami sadur:

  1. Tanaman bunga alyssum juga umum dikenal sebagai sweet alison atau sweet alyssum.
  2. Tergolong tanaman pendek, tinggi tanaman alyssum hanya mencapai 30 cm saja.
  3. Tanaman ini berasal dari wilayah Mediterania, Macaronesia (Kepulauan Canary, Azores) dan Prancis tepatnya di Teluk Biscay. Alyssum banyak ditemui di daerah pantai dan bukit berpasir, ia juga biasa dijumpai di ladang dan lereng bukit.
  4. Batangnya bercabang banyak dengan klaster bunga yang kecil-kecil dan padat. Mahkota bunga terdiri dari empat tepal membulat, biasanya berwarna pink, putih, kuning, krem hingga ungu.
  5. Bunga alyssum mengeluarkan aroma harum yang mirip madu.
  6. Di jaman dulu alyssum pernah digunakan dalam mengobati gigitan hewan-hewan rabies.
  7. Alyssum dapat menyebabkan dermatitis pada orang yang memiliki riwayat alergi.
  8. Alyssum juga dikaitkan dengan simbol keperawanan.
Selain putih, krem dan kuning terdapat pula alyssum yang berwarna ungu.

Itulah fakta, arti dan makna dari bunga alyssum. Jika Anda tertarik untuk memelihara bunga ini, kami juga menyediakan berbagai macam benih alyssum yang siap Anda tanam di rumah, cek selengkapnya di sini.