Jenis Bunga Melati yang Berwarna Warni

Bagi sebagian besar orang, nama bunga melati mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Bunga ini biasa tumbuh menjalar di kebun dengan bunganya yang harum berwarna putih dan berukuran kecil. Bunga melati ini sering digunakan untuk campuran teh agar rasanya lebih sedap dan baunya lebih harum. Namun ternyata, ada berbagai jenis bunga melati yang tumbuh di Indonesia. Uniknya lagi, tidak semua bunga ini berwarna putih, ada pula yang berwarna ungu. Begitu pula dengan ukurannya, tidak semua berukuran kecil karena ada pula yang memiliki ukuran bunga dan batang yang besar. Fungsi bunga melati pun bermacam-macam, tidak selalu dijadikan sebagai campuran teh namun ada juga yang hanya dijadikan sebagai hiasan.

Jenis Bunga Melati selain Melati Putih

Sudah disebutkan di atas bahwa ternyata ada banyak jenis bunga melati yang bisa tumbuh di Indonesia, bahkan mungkin tumbuh di sekitar lingkungan namun Anda tidak menyadarinya. Di sini akan dijelaskan ragam bunga melati yang lainnya, dan tentu saja warna dan ukurannya tidak sama dengan melati putih yang sudah Anda ketahui sebelumnya.

Melati Gambir

bunga-melati-gambir

Bunga melati gambir memiliki warna yang umum seperti kebanyakan bunga melati lainnya yakni putih. Namun, untuk ukurannya pasti Anda akan kaget karena memiliki mahkota bunga yang cukup besar hingga menyerupai bunga kamboja. Memang jika dilihat sekilas, bunga melati jenis ini nampak seperti bunga kamboja karena selain bunganya besar. Pohonnya pun demikian yakni memiliki batang yang besar pula. Sama seperti melati yang lainnya, bunga melati gambir juga memiliki wangi yang harum. Karena memiliki batang yang besar, bunga melati ini jarang sekali ditanam di pot bunga atau di vas bunga. Namun, bunga ini lebih sering ditanam langsung di pekarangan untuk peneduh atau tanaman hias.

Melati Raja

melati-raja

Bunga melati pada umumnya tumbuh per biji pada setiap rantingnya. Namun, hal ini berbeda dengan melati jenis raja, bunga melati jenis ini tumbuh dengan ukuran yang sangat besar dan memiliki mahkota bunga yang banyak pada setiap bunganya sehingga bentuknya menyerupai mahkota raja. Melati raja merupakan jenis melati terbesar dari rumpun bunga melati sehingga seringkali menjadi incaran bagi para pecintanya. Meskipun ukurannya besar, bunganya tetap mengeluarkan bau yang harum dan sangat indah. Bunga melati raja sangat cocok ditanam di pekarangan yang luas untuk dijadikan sebagai penghias rumah.

Melati Jepang

melati-jepang

Berbeda dengan jenis bunga melati yang lainnya, untuk melati jepang memiliki warna yang sangat unik. Bentuknya memang hampir sama dengan melati putih, namun untuk melati jepang memiliki putik yang berwarna ungu sehingga keindahannya sering menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta melati. Bunga ini bisa saja digunakan sebagai tanaman hias untuk dalam ruangan asalkan mendapatkan asupan cahaya matahari yang cukup. Meskipun baunya kalah harum dengan jenis melati yang lain, namun warna dari melati jepanglah yang menjadi pesonanya.

Itulah tadi beberapa jenis bunga melati yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Anda bisa mulai memburu bibitnya untuk kemudian ditanam di dalam rumah maupun di pekarangan. Memang tidak semua jenis melati bisa dijadikan teh seperti halnya melati putih. Namun, ada beberapa jenis melati yang menawarkan pesona lain berupa keindahan dan aromanya yang khas sehingga tetap bisa Anda nikmati sehari-hari sebagai penyejuk di kala stress. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk bibit tanaman melati bisa klik disini.