Jenis Tanaman Aquascape yang Tidak Memerlukan CO2

Tertarik dengan tanaman aquascape tapi khawatir gagal karena perawatannya yang ribet? Jangan khawatir, beberapa tanaman aquascape mudah perawatannya, sangat cocok bagi pemula dan mampu tumbuh subur tanpa CO2.

Aquascape tanpa CO2 memangnya bisa? Bisa, yang perlu Anda perhatikan adalah pilihlah tanaman yang aquacape yang cocok untuk jenis ini. Fungsi CO2 sendiri adalah sebagai proses berfotosintesa, yakni proses pengiriman sari makanan yang diperlukan tumbuhan dari daun ke akar.

Nah, apakah perlu menginjeksi CO2 untuk menjaga tanaman tetap berfotosintesis? Jawabannya tidak, tidak selamanya, karena beberapa tanaman aquascape akan baik-baik saja tanpa menambahkan CO2 terutama untuk tanaman yang bisa hidup dengan cahaya rendah dan tidak berakar. Seperti halnya anubias dan java fern dapat tumbuh baik selama beberapa tahun. Namun seperti yang diduga setelah menambahkan CO2, tanaman anubias dan java fern hanya dalam beberapa hari mulai tumbuh dengan indah, daunnya lebih rimbun dan lebih hijau dari sebelumnya.

Berikut jenis tanaman aquascape yang mampu tumbuh tanpa CO2:

1. Christmas Moss

Salah satu tanaman aquascape yang dapat tumbuh baik tanpa CO2 adalah chrismast moss.

Christmas Moss adalah salah satu tanaman aquascape jenis lumut yang banyak dicari, tumbuh padat, pertumuhan menyirip tidak teratur dengan warna hijau terang. Ia mampu hidup dengan cahaya sedang, namun jika Anda menginginkan pertumbuhan yang maksimal maka sebaiknya memberikan cahaya tinggi.

2. Java Moss

Tanaman aquacape untuk pemula yang mudah perawatannya: Java moss.

Selain tampilannya yang sangat menarik, java moss juga terkenal karena kemampuannya yang mudah tumbuh tanpa perawatan ekstra. Ia mampu hidup di semua jenis air, segala macam kualitas cahaya dan bisa tumbuh subur tanpa CO2. Anda bisa mengikatnya pada beberapa kayu apung dan batu sebagai tempat tumbuhnya.

3. Peacock Moss

Selain memiliki tampilan yang sangat indah menyerupai ekor burung merak, peacock moss juga dapat tumbuh baik tanpa injeksi CO2.

Sesuai namanya, peacock moss memiliki daun lebar dengan tampilan indah yang sangat mirip dengan corak burung merak. Teksturnya lebih lembut menyerupai beludru jika dibandingkan dengan christmas moss. Ia mudah membentuk cabang dan menyebar layaknya kipas pada ekor burung merak. Tanpa menambahkan CO2, peacock moss dapat tumbuh dengan sangat baik, hijau, dan lebat.

4. Singapore Moss

Singapore moss dapat tumbuh baik dengan pencahayaan sedang, air yang sejuk dan dapat pula hidup tanpa CO2.

Singapure moss (Vesicularia dubyana) memiliki daun dengan helai panjang dan longgar serta memiliki cabang yang tegak dan mirip pohon. Singapore moss memiliki tampilan yang hampir sama dengan java moss. Dapat tumbuh baik dengan pencahayaan sedang, air yang sejuk serta CO2 injection meski dapat pula hidup tanpa CO2.

5. Java Fern

Tanaman aquacape untuk pemula yang mudah perawatannya: Java fern.

Java fern bisa tumbuh hampir dimana saja pada akuarium, juga sangat direkomendasikan bagi pemula karena perawatannya yang tergolong mudah. Tidak hanya itu, java fern juga memiliki tampilan yang tidak kalah indahnya dengan tanaman aquascape lainnya.

6. Anubias

Jenis tanaman anubias tergolong tanaman yang bisa tumbuh dengan atau tanpa CO2.

Tanaman Anubias (Anubias sp.) juga termasuk tanaman aquascape yang populer karena tahan banting dan mudah perawatannya, juga bisa tumbuh dengan baik dengan atau tanpa CO2. Umumnya tanaman yang bisa mengeluarkan bunga di dalam air ini hanya membutuhkan sedikit sinar sehingga harus ditempatkan di area yang terlindung.

7. Lilaeopsis

Lilaeopsis terkenal karena kemampuannya yang mudah tumbuh senhingga sangat cocok bagi pemula. Ia pun bisa tumbuh baik tanpa CO2.

Lilaeopsis merupakan tanaman yang bagus buat pemula, cocok untuk menutupi media tanam (karpet atau bottom cover). Kami juga menyediakan jenis Lilaeopsis Novae-Zelandiae (Micro Sword) dan Lilaeopsis Brasiliensis yang siap melengkapi akuarium Anda di rumah.

Tanaman yang disebutkan di atas dapat tumbuh dengan baik tanpa CO2 selama memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Berada pada suhu di bawah 28 derajad celcius
  • Cahaya sedang hingga tinggi
  • Memberikan asupan pupuk cair secara rutin untuk memicu pertumbuhan
  • Rajin mengganti air akuarium 20% setidaknya seminggu sekali

Jadi, apakah CO2 pada tanaman aquascape sangat diperlukan? Jawabannya bergantung bagaimana tampilan akuarium yang Anda inginkan. Yang perlu Anda ketahui bahwa tanaman dengan injeksi CO2 akan memberikan tampilan yang menakjubkan, tumbuh lebat, rimbun, dan lebih sehat.

Itulah beberapa daftar tanaman aquascape yang dapat tumbuh tanpa menambahkan CO2. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂

Berbagai varietas tanaman aquascape juga dapat Anda temukan disini.