Kandungan dan Manfaat Buah Raspberry Bagi Kesehatan

buah-raspberryDikenal sebagai permen alam, raspberry liar sudah dikonsumsi manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Dengan kekayaan warnanya, rasa manisnya, dan kekuatan antioksidan yang dimilikinya, raspberry menjadi beri yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Buah raspberry memiliki banyak varian warna
Buah raspberry memiliki banyak varian warna, ada merah, biru, ungu, kuning bahkan keemasan.

Warna raspberry bisa bermacam-macam, mulai dari merah, hitam, ungu, kuning, bahkan keemasan. Setiap warna memiliki komposisi vitamin, mineral, dan antioksidan yang unik.

Kandungan dan Manfaat Buah Raspberry

Mengonsumsi buah dan sayur sudah sejak lama dipercaya bisa mengurangi risiko penyakit. Banyak penelitian mengenai mengonsumsi raspberry. Konsumsi raspberry dipercaya bisa mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Raspberry pun bisa menambah energi dan menurunkan berat badan.

raspberry-mencegah-resiko-obesitas
Kandungan seratnya yang tinggi mampu menjaga kestabilan berat badan.

Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan memperlihatkan adanya hubungan positif antara mengonsumsi raspberry dengan memori otak manusia. Hal itu juga bisa mengurangi kemunduran kemampuan kognitif otak yang disebabkan oleh penuaan.

Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutritio mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid dan polifenol seperti raspberry mampu mengurangi risiko kematian akibat sakit jantung. Mengonsumsi antosianin dari berry mampu mengurangi risiko serangan jantung bagi beberapa orang wanita di usia muda sampai paruh baya.

Raspberry mengandung antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas, mencegah pertumbuhan tumor, dan mengurangi radang dalam tubuh. Raspberry mampu melindungi tubuh dan menangkis atau memperlambat pertumbuhan kanker, termasuk kerongkongan, paru-paru, mulut, faring, pankreas, dan prostat.

Raspberry mampu menjaga kadar glukosa dalam darah sehingga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.
Raspberry mampu menjaga kadar glukosa dalam darah sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Buah yang berkulit memiliki banyak fiber. Raspberry memiliki banyak kulit. Memakan makanan kaya fiber akan membuat gula darah stabil. Penelitian membuktikan bahwa penderita diabetes tipe satu yang mengonsumsi banyak fiber memiliki level glukosa darah yang lebih rendah dan penderita diabetes tipe dua mengimproviasi gula darah dan level insulin.

Kandungan air dan fiber dalam raspberry membantu mencegah sembelit dan menyehatkan saluran pencernaan. Fiber membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi fiber pun bisa membantu sistem imun tubuh dan peradangan. Hal tersebut baik bagi kesehatan jantung, baik pula untk menurunkan risiko stroke, diabetes, hipertensi, kanker, obesitas, dan penyakit jantung koroner.

Kandungan vitamin C dalam raspberry membantu mata tetap sehat karena melindungi mata dari paparan cahaya ultraviolet yang berbahaya. Antioksidan dalam raspberry pun membantu mengurangi risiko terjadinya rabun yang disebabkan usia.

Tidak hanya buahnya, daunnya pun kaya akan vitamin C, kalsium dan zat besi yang kini dijadikan obat dalam bentuk teh.
Tidak hanya buahnya, daunnya pun kaya akan vitamin C, kalsium dan zat besi yang kini dijadikan obat herbal dalam bentuk teh.

Mengonsumsi satu cup raspberry sama dengan mengonsumsi 54% kebutuhan vitamin C harian, 12% vitamin K, 6% folat, 5% vitamin E, zat besi, dan potasium. Selain itu mengonsumsi raspberry mampu memenuhi 41% kebutuhan mangan harian.

Baca juga ulasan mengenai manfaat buah goji berry.

Mengenai produk bibit tanaman raspberry, silahkan klik disini.

Itulah kandungan dan manfaat mengonsumsi raspberry dalam kehidupan sehari-hari. Apakah Anda siap untuk mengonsumsinya? Jika tertarik, Anda pun bisa mencoba menanamnya di rumah, kami menyediakan beberapa benih raspberry seperti tanaman balck raspberry bush dan tanaman red raspberry. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂