Kandungan Gizi dan Manfaat Labu Kuning Bagi Kesehatan

Buah labu ini berwarna oranye karena kandungan beta-karoten yang baik untuk antioksidan.
Buah labu ini berwarna oranye karena kandungan beta-karoten di dalamnya sangat baik untuk antioksidan.

Labu kuning adalah buah yang memiliki nilai gizi yang tinggi, kaya akan vitamin dan mineral namun tetap rendah kalori. Ada banyak kreasi resep untuk masakan labu termasuk makanan penutup, sup, salad, manisan bahkan sebagai pengganti mentega.

Labu kuning sering dijadikan sebagai sup
Labu kuning sering dijadikan sebagai sup. Selain rasanya yang enak, labu kuning juga sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Labu Kuning

Menurut database U.S. Department of Agriculture, satu cangkir labu yang dimasak, direbus lalu ditiriskan dan tanpa garam mengandung 49 kalori, 1.76 gram protein, 0.17 gram lemak, 0 gram kolesterol dan 12 gram karbohidrat (termasuk 2.7 gram serat dan 5.1 gram gula).

Mengonsumsi satu cangkir labu yang telah dimasak akan memberikan lebih dari 100% dari kebutuhan vitamin A harian Anda, 20% untuk vitamin C, 10% atau lebih untuk vitamin E, riboflavin, kalium, tembaga dan mangan setidaknya 6%, B-6, folat, niasin, zat besi, magnesium dan fosfor.

Telah lama diketahui bahwa mengonsumsi sayuran dan buah dari segala jenis dapat menurunkan resiko berbagai penyakit terkait gaya hidup yang tidak sehat. Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati seperti labu kuning dapat menurunkan resiko obesitas dan kematian. diabetes, penyakit jantung dan menjaga kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan energi dan mengontrol berat badan.

Labu kuning merupakan salah satu sumber yang paling terkenal akan beta-karoten, antioksidan kuat yang diketahui mampu mengubah kandungan pada buah dan sayuran seperti jeruk menjadi vitamin A dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung beta-karoten mampu mencegah penyakit kanker jenis tertentu. Memberikan perlindungan terhadap penderita asma dan penyakit jantung, menunda penuaan dan degenerasi tubuh.

Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat labu kuning untuk kesehatan tubuh yang berhasil kami sadur:

Tekanan darah tinggi

manfaat-labu-kuning-untuk-tekanan-darah-tinggi
Kandungan kalium pada labu kuning mampu mengurangi asupan natrium bagi penderita hipertensi.

Konsumsi labu kuning secara rutin sangat baik untuk kesehatan jantung. Serat, kalium dan vitamin C yang terkandung dalam buah labu kuning mampu menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi kalium yang memadai hampir sama pentingnya dengan mengurangi asupan natrium untuk pengobatan hipertensi (tekanan darah tinggi). Buah lain yang mengandung kalium yang tinggi adalah melon, nanas, tomat, jeruk, bayam dan pisang (Baca juga manfaat bayam bagi kesehatan disini).

Peningkatan asupan kalium juga terkait dengan penurunan resiko stroke, menjaga kepadatan tulang dan mengurangi pembentukan batu ginjal.

Kanker

Salah satu jenis kanker tertentu dimana penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi labu kuning yang kaya akan beta-karoten adalah kanker prostat, menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Harvard School of Public Health’s of Nutrition. Beta-karoten juga telah terbukti menghambat perkembangan kanker usus besar di masyarakat Jepang.

Kesehatan mata

Vitamin A yang terdapat labu kuning mampu memperlambat penurunan funsi retina pada mata.
Vitamin A yang terdapat labu kuning mampu memperlambat penurunan fungsi retina pada mata.

Antioksidan vitamin C, vitamin E dan beta-karoten (semuanya merupakan kandungan labu kuning) telah dibuktikan mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah kerusakan degeneratif.

Kesuburan

Untuk wanita usia subur, mengonsumsi lebih banyak zat besi dari sumber tanaman seperti bayam, kacang-kacangan, labu, tomat dan bit dapat meningkatkan kesuburan. Vitamin A dalam labu kuning (dikonsumsi sebagai beta-karoten kemudian dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh) juga penting selama kehamilan dan menyusui untuk mensintesis hormon.

Kekebalan tubuh

Buah nabati seperti labu kuning yang tinggi akan vitamin C dan beta-karoten mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari kombinasi yang kuat akan kebutuhan nutrisi.

Mengingat banyaknya kandungan pada labu kuning, mungkin Anda perlu menanamnya di rumah. Selain dijadikan sebagai hidangan yang lezat, labu kuning nyatanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jika tertarik, kami menyediakan benih labu kuning dan benih labu lainnya di toko online kami, silahkan klik disini untuk melihat katalognya.

Itulah informasi mengenai kandungan gizi dan manfaat labu kuning. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂