GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Kandungan Gizi Serta Khasiat Umbi Garut Bagi Kesehatan Tubuh

Saturday, August 19th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Walaupun tidak sepopuler singkong, kentang, maupun ubi jalar, tetapi umbi garut memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Umbi garut, dari namanya mungkin Anda akan menebak umbi ini berasal dari Garut, padahal nyatanya tidak. Di setiap daerah, umbi garut (Maranta arundinacea) memiliki nama lokalnya masing-masing, seperti sagu belanda, irut, angkrik, gaerut, peda-peda, sagu bamban, hula moa, dan di luar negeri dikenal sebagai arrowroot. Umbi garut memiliki daun yang unik, sehingga sering juga dijadikan tanaman hias, walaupun daunnya juga sering kali dijadikan pembungkus makanan.

Di saat musim pancaroba atau di saat gagal panen, umbi garut biasanya dijadikan cadagan makanan. Tidak hanya gagal panen saja, saat harga-harga bahan pokok naik, umbi garut pun bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi.

Baca juga: Kandungan Dan Manfaat Umbi Gadung Beserta Bahayanya

Kandungan Gizi Umbi Garut

Kandungan zat di dalam umbi garut cukup bervariatif, di antaranya adalah protein, lemak, serat, air, pati, zat besi, magnesium, abu, fosfor, vitamin B6, kalium, folat, riboflavin, dan tiamina.

Khasiat Umbi Garut Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut manfaat umbi garut sebagai obat tradisional yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh:

1. Umbi garut mampu mencegah anemia

Umbi garut merupakan sumber energi. Kandungan karbohidrat, lemak, dan protein dalam umbi garut merupakan sumber energi yang kaya bagi tubuh. Kandungan zat besi yang tinggi dalam umbi garut dapat memperlancar peredaran darah dan mencegah anemia.

2. Umbi garut sebagai obat luka luar

Bisa pula umbi garut ini dijadikan obat luka. Caranya adalah dengan mencampurkan air dengan pati umbi garut. Setelah kental, campuran itu dapat dijadikan salep oles untuk menyembuhkan luka luar.

4. Umbi garut baik untuk ibu hamil

Umbi garut juga bisa diolah menjadi tepung untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan kue.

Kandungan asam folat dalam umbi garut mampu memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak, terutama pada bayi dan janin.

5. Umbi garut menjaga kesehatan pencernaan

Jika Anda memiliki masalah dengan pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi umbi garut. Kandungan serat yang terdapat di dalam umbi garut mampu melancarkan pencernaan dan menghindarkan diri dari gejala gangguan pencernaan seperti sembelit, wasir, dan diare.

6. Umbi garut dengan berbagai manfaat lainnya

Selain untuk kesehatan, umbi garut pun dapat diolah menjadi tepung; dijadikan pengenyal dan pengental makanan; dijadikan bedak; dijadikan bahan pembuat kertas. Selain itu ampas dari umbi garut pun dapat dijadikan pakan ternak, sehingga tidak ada bagian dari pemrosesan umbi garut ini yang terbuang.

Baca juga: Umbi Gembili, Alternatif Pengganti Nasi Bagi Penderita Diabetes

Itulah manfaat dari umbi garut yang perlu Anda ketahui. Walaupun banyak manfaatnya, tetapi umbi garut masih jarang dibudidayakan untuk dijual secara umum, sebab ketenarannya masih kalah bersaing dengan umbi-umbi yang lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892