Kegunaan Kayu Gaharu untuk Kesehatan

Banyaknya kasus yang menyeruak tentang bahaya-bahaya yang ditimbulkan dari obat-obat olahan bahan kimia membuat orang-orang mulai enggan mengambil alternatif tersebut. Kebanyakan orang mulai berbalik arah ke obat-obatan herbal yang sudah tentu aman dari efek samping dan terbukti mujarab.Bahkan orang-orang yang mengaku bergaya hidup modern sekalipun akhirnya mencoba pengobatan alami dari gaya hidup orang-orang terdahulu.

Kayu gaharu yang telah dipanen dan bisa langsung digunakan. Sebatang kayu gaharu ditaksir dengan harga fantastis.
Kayu gaharu yang telah dipanen dan bisa langsung digunakan. Sebatang kayu gaharu ditaksir dengan harga fantastis.

Terlebih tanah Indonesia melahirkan berbagai jenis tanaman herbal berkhasiat, jadi tidak perlu repot-repot melakukan pengobatan mahal-mahal ke luar negeri, cukup manfaatkan apa yang ada disekitar Anda. Salah satu contoh bahan obat herbal yang teruji khasiat serta manfaatnya adalah tanaman  gaharu. Tanaman ini menghasilkan kayu yang dikenal dengan sebutan kayu gaharu. Kayu gaharu memiliki daya tarik tinggi karena aromanya yang khas dapat memberikan nuansa terapi yang menyejukkan. Kayu ini berasal dari tanaman pohon gaharu yang tumbuh dan berkembang luas di daerah timur tengah, Asia timur sampai ke Asia tenggara sekalipun.

Di Indonesia, jual beli kayu gaharu menjadi salah satu bisnis dengan prospek sangat menjanjikan. Hal ini tentu saja karena berbagai kegunaan yang ditawarkan membuat orang-orang mengejar-ngejar keberadaan kayu aromatik ini.

Kegunaan bagi kesehatan

Belakangan ini, beberapa peneliti berlomba-lomba melakukan riset tentang kayu gaharu dalam bidang kesehatan, dan hasilnya tidak sia-sia. Menurut Raintree, gaharu memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan yang berperan dalam pengobatan asma, pengobatan anti-mikroba, juga stimulan kerja pada saraf. Penelitian di negara-negara maju seperti Amerika, jepang dan korea pun ikut memaparkan bahwa gaharu bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit liver, hepatitis, asma, ginjal, dan penghilang stres.

Ditemukan juga dalam kitab cina kuno, bahwa khasiat yang ditawarkan oleh gaharu adalah untuk menyembuhkan penyakit kanker dan tumor. Pernyataan ini didukung oleh ASGARIN (Asosiasi Eksportir Gaharu Indonesia) yang mengungkapkan bahwa gaharu dapat digunakan sebagai obat kanker dan tumor. Di India, tumor usus disembuhkan dengan menggunakan gaharu. Sementara di Jepang, gaharu digunakan untuk menyembuhkan penyakit kanker.

Biasanya kayu gaharu di bakar di perapian untuk menciptakan aroma terapi yang wangi pada ruangan.
Biasanya kayu gaharu di bakar di perapian untuk menciptakan aroma terapi sehat yang wangi pada ruangan.

Namun kayu gaharu masih jarang digunakan sebagai obat herbal. Yang banyak digunakan oleh orang-orangnya daunnya. Daun gaharu dapat dijadikan teh yang nikmat berkhasiat. Jika dikonsumsi, teh dari ekstrak pucuk daun gaharu yang segar dapat memberi efek yang luar biasa positif bagi tubuh, seperti menghilangkan asma, menurunkan hipertensi, mencegah stroke, dan membuat nyenyak tidur, meningkatkan stamina, sebagai anti aging, dan menstabilkan gula darah. Maka pantaslah gaharu menyandang predikat sebagai tanaman obat.

Untuk memperoleh teh gaharu dapat dibuat sendiri dirumah Anda, caranya:

Untuk segelas teh gaharu, hanya diperlukan 6 sampai 8 lembar daun gaharu yang masih muda dan segar. Cuci bersih daun-daun itu terlebih dahulu lalu rebus hingga mendidih dan menyisakan air rebusan setengah dari rebusan awal. Dinginkan lalu saring ampas daunnya, minum kapanpun anda mau. Sebagai pengobatan penyakit, Anda bisa meminumnya rutin sehari 2 kali pada pagi dan sore hari.

Teh daun gaharu berwarna merah tergantung sedikit banyaknya daun yang direbus. Semakin banyak yang direbus, maka warnanya akan semakin merah. Rasanya pekat dan pahit. Jadi untuk menghilangkan rasa pahitnya, sebaiknya mencampurkan madu secukupnya pada teh tersebut.

Salah satu contoh produk teh gaharu yang diolah dari daun kayu gaharu.
Salah satu contoh produk teh daun gaharu yang bisa anda langsung seduh.

Kegunaan lainnya

    • Kayu gaharu sejak dulu berfungsi dalam ritual-ritual keagamaan pada agama-agama besar seperti Islam, Kristen, Kongfucu, Buddha, dan Hindu.
    • Dlam industri parfum, ekstrak wangi damar yang terdapat dalam kayu gaharu dijadikan bahan dasar pembuatan farfum wangi yang tahan lama.
    • Dalam bidang kecantikan, kayu gaharu dijadikan sumber pembuatan shampoo dan sabun kecantikan. Di daerah papua, limbah dari proses destinasi gaharu yang menghasilkan senyawa atsiri dapat digunakan dalam perawatan kulit agar kulit tetap halus terlindungi.
    • Kayu gaharu juga diolah dan dibuat menjadi aksesoris-aksesoris beraroma terapi seperti kalung, gulang, tasbih, dll.
Kayu gaharu dapat dibuat menjadi aksesoris seperti gelang kayu yang cantik.
Kayu gaharu dapat dibuat menjadi aksesoris seperti gelang kayu yang cantik.

Dengan banyaknya manfaat kayu gaharu, tidak heran jika satu batang kayu gaharu memiliki daya jual yang sangat tinggi. Namun saat ini, sudah banyak beredar produk-produk hasil olahan ekstrak gaharu yang dijadikan sebagai pengobatan herbal dengan harga terjangkau. Produk-produk ini bisa menjadi solusi yang tepat bagi orang-orang yang ingin merasakan khasiat gaharu secara praktis. Lebih baik lagi jika Anda memiliki tanaman pohon gaharu, untuk melihat produknya bisa klik disini.