GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Khasiat Tanaman Tembelekan Sebagai Obat Berbagai Penyakit

Thursday, October 26th 2017.
Suka? Bagi ke Teman Yuk!

Tanaman yang menghasilkan bunga cantik ini rupanya memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh manusia, khususnya pengobatan dan kecantikan.

Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar tanaman tembelekan? Tanaman tembelekan (Lantana camara) memiliki nama lain yang mungkin Anda jauh lebih mengenalnya, seperti lantanakembang satek, saliraya, mainco, teterapan, tembelek, saliyere, atau cente.

Tanaman tembelekan termasuk ke dalam keluarga tumbuhan verbenaceae. Awalnya tanaman ini berasal dari kawasan tropis Amerika. Bunga tembelekan tumbuh bergerombol dan memiliki warna yang bervariasi, seperti putih, kuning, merah, ungu, jingga, dan pink.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Tembelekan

Tanaman in mengandung berbagai zat yang penting, daunnya mengandung lantadene A dan B, serta minyak (humulene), juga mengandung asam lantat, p-cymene, terpidenem R caryophyllene, a pinene, dan asam lantonalat. Bunga dan akarnya bersifat hemostatik. Akarnya pun memiliki sifat analgesik, antitoksik, dan antipiretik.

Berikut manfaat dan khasiat tanaman tembelekan untuk kesehatan:

1. Mengobati berbagai jenis penyakit kulit

Manfaat tanaman tembelekan bagi kecantikan kulit adalah kemampuannya dalam menyembuhkan jamur kulit, radang kulit, dan eksim. Rebuslah daun tembelekan, sambiloto, dan daun ketapang cina. Gunakanlah air rebusan itu untuk mencuci bagian tubuh Anda yang terkena jamur kulit, radang kulit, atau eksim.

Air rebusan daun tanaman tembelekan dipercaya

2. Mengobati permasalah tulang dan sendi

Tembelekan mampu menyembuhkan pegal linu, nyeri karena rematik, nyeri pinggang, nyeri otot, dan keseleo. Selain itu, tanaman tembelekan juga bisa mengobati bengkak, luka, dan memar. Caranya dengan melumatkan daunnya dan langsung menempelkannya pada bagian tubuh yang terkena bengkak, luka, dan memar tersebut.

3. Meningkatkan nafsu makan

Manfaat lain dari daun tembelekan adalah jika Anda mengalami kurang nafsu makan, konsumsilah air rebusan kulit pohon tembelekan ini untuk meningkatkan kembali nafsu makan Anda.

4. Mengobati masalah pada sistem pencernaan

Mengonsumsi seduhan tujuh gram bunga tembelekan bubuk menggunakan segelas air panas dapat mengobati diare dan sakit perut.

5. Berbagai manfaat lainnya

Tanaman tembelekan pun dapat dimanfaatkan unuk masalah rongga pernapasan, seperti batuk pada anak, asma, batuk berdahak, dan TBC paru. Tembelekan pun rupanya mampu mengobati kencing bernanah, keputihan, dan kencing terlalu sering. Sakit gigi, sakit kepala, dan bengkak pada kelenjar limfa pun dapat diobati dengan tanaman tembelekan ini.

Itulah beragam manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman tembelekan. Walaupun banyak manfaatnya, ingatlah bahwa Anda harus menghindari pengonsumsian tanaman ini secara berlebihan, sebab dapat menyebabkan pusing dan muntah-muntah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek. BCA akan di-SMS bersamaan total tagihan
No. Mandiri akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BNI akan di-SMS bersamaan total tagihan
No rek. BRI akan di-SMS bersamaan total tagihan

Pengiriman

Diverifikasi oleh:

Temukan Kami di

Alamat Kantor Pusat

Jl. Veteran Selatan, Kel. Mamajang Dalam
Kec. Mamajang, Makassar, kode pos 90135
Sulawesi Selatan, Telp. 082292524892