Klasifikasi dan Ciri-Ciri Tanaman Kamboja (Plumeria)

Kamboja atau dikenal dengan nama latin Plumeria merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah. Nama Plumeria diambil dari nama seorang ahli botani dari Perancis yaitu Charles Plumier.

Charles Plumier, salah seorang botanist yang dinilai paling berpengaruh dalam sejarah tumbuh-tumbuhan dan hewan sepanjang masa, menjadi inspirasi penamaan bunga kamboja, yaitu Plumeria.
Charles Plumier, salah seorang botanist yang dinilai paling berpengaruh dalam sejarah tumbuh-tumbuhan dan hewan sepanjang masa, menjadi inspirasi penamaan bunga kamboja, yaitu Plumeria.

Meskipun berasal dari luar negeri, kamboja juga banyak ditemukan di Indonesia terutama di Bali. Hampir di setiap sudut Pulau Bali terdapat tanaman kamboja, karena keberadaan tanaman ini erat dengan kebudayaan masyarakat setempat. Sedangkan di daerah lain di Indonesia kamboja banyak ditemukan tumbuh di daerah pemakaman dan digunakan untuk peneduh atau tanda makam.

spesies-kamboja-white-pink
Kultivar kamboja yang berwarna pink dan putih.

Tanaman kamboja pertama kali masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Portugis dan Belanda. Tanaman ini mudah tumbuh di berbagai daerah dengan ketinggian tidak lebih dari 700 meter di atas permukaan laut. Kamboja bisa beradaptasi dengan baik di berbagai tempat dan tidak membutuhkan iklim tertentu untuk dapat berkembang biak. Meskipun dikenal dengan bunga yang banyak ditemukan di daerah pemakaman, kamboja kini menjadi salah satu tanaman hias yang banyak dimiliki dan dikoleksi oleh para pecinta tanaman.

Kamboja atau plumeria memiliki ciri tanaman yang berbeda dengan bunga lainnya. Tanaman kamboja berbentuk pohon dengan tinggi sekitar 1,5 sampai 6 meter dan memiliki berbagai macam warna bunga seperti merah, kuning, dan putih, tergantung jenis kultivar plumeria yang Anda ingin tanam. Di bawah ini merupakan rincian klasifikasi dan ciri-ciri tanaman kamboja:

Klasifikasi Tanaman Kamboja

Nama latin kamboja adalah plumeria, dengan berbagai varietas seperti plumeria rubra, abtusa, dan alba. Klasifikasi plumeria atau kamboja adalah:

  • Kingdom: Plantae
  • Sub kingdom: Viridiplantae
  • Super divisi: Streptophyta
  • Intra kingdom: Embryophyta
  • Divisi: Tracheophyta
  • Kelas: Spermatophytina
  • Ordo: Magnoliopsida
  • Famili: Gentianales
  • Genus: Plumeria
  • Spesies: Plumeria sp

Ciri-ciri Tanaman Kamboja

Kamboja memiliki berbagai macam jenis spesies yang memiliki berbagai warna bunga dan nama latin yang berbeda namun masih dalam satu keluarga, yaitu keluarga apocynacecae. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu tropis atau sub tropis. Kamboja juga tumbuh dengan cepat, berikut ciri-ciri tanaman kamboja:

Batang

Tanaman kamboja memiliki batang yang keras, bulat memanjang, memiliki cabang yang banyak, bekas dudukan daun terlihat jelas, dan berwarna putih kehijauan. Selain itu, batang tanaman ini mampu tumbuh dengan cepat, dan kebal terhadap hama dan penyakit yang menyerang. Batang tanaman ini memilik ketinggian sekitar 1,5 – 6 meter bahkan lebih tergantung dari jenis yang di tanam.

Daun

Tanaman kamboja memiliki daun tunggal, memiliki panjang 10-25 cm bahkan lebih, runcing di bagian pangkal, memiliki bagian tepi merata, tebal dan memiliki bentuk lonjong. Daun kamboja berwarna hijau muda dan hijau tua. Selain itu, daun tanaman ini memerlukan matahari yang cukup untuk memasak, menyimpan dan membuat cadangan makanan yang baru.

Bunga

Bunga tanaman kamboja berbentuk menyerupai terompet dan berkumpul di ujung ranting. Bagian dalam bunga ada yang berbulu dan tidak berbulu dan memiliki berbagai macam warna. Tangkai putiknya berukuran pendek, tumpul, dan melebar.

Buah

Buah pada tanaman kamboja berbentuk lonjong kebulatan berwarna kehijauan dan kehitaman bila sudah tua. Selain itu, buah kamboja memiliki panjang sekitar 18-20 cm dengan lebar sekitar 1-2 cm, berongga dua, dan berbiji banyak.

Akar

Tanaman kamboja memiliki akar tunggang, bercabang dan berwarna kecoklatan. Akar tanaman ini memiliki fungi untuk menyerap mineral dan unsur air yang ada di dalam tanah dengan kedalaman 1,5 -2 meter bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan tanaman.

Itulah informasi mengenai tanaman kamboja, klasifikasi dan ciri-cirinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang tanaman kamboja.

Kami menjual aneka jenis tanaman kamboja, jika Anda tertarik silahkan klik disini.